Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Keunikan Nama-nama Klub Voli dalam Anime Haikyuu

Tahukah kamu, kebanyakan nama-nama klub voli di anime Haikyuu menggunakan nama hewan lho. Kebanyakannya memakai nama burung, tapi ada juga yang memakai nama hewan dan beberapa memakai nama tanaman.

Riizhu kira anime Haikyuu sudah tamat setelah menang melawan musuh terkuatnya di season ketiga yaitu Shiratorizawa. Tapi ternyata tahun ini masih ada season keempatnya XD. Salah satu anime sport favorit Riizhu nih, soalnya cerita dan pertandingannya keren-keren dan tetap realistis. Tidak ada jurus-jurus yang diluar nalar gitu haha😁

Kali ini Riizhu tidak bahas tentang ceritanya, tapi lebih dari segi bahasa Jepangnya, yakni tentang nama-nama klub volinya yang kebanyakan menggunakan nama hewan. Hmm hewan apa saja kah yuk langsung kita simak, sekalian belajar kosakata bahasa Jepang juga :D.

Daftar Klub Haikyuu yang Memakai Nama Burung

Karasuno High School (Gagak)

Haikyuu Karasuno

Karasu = gagak. Kalian bisa menebak hewan apa yang menjadi simbol sekolah Karasuno? Ya, benar hewan gagak atau karasu (鴉). Dalam narasi cerita pun klub voli karasuno sering diibaratkan sebagai burung gagak.

Dalam segi permainan pun klub Karasuno mengusung permainan offensif di mana saat menyerang hampir seluruh pemainnya bergerak menyerang. Itu identik dengan sifat gagak yang suka menyerang mangsanya secara bergerombolan

Fukuroudani Academy (Burung Hantu)

Haikyuu Fukuroudani

Fukurou = burung hantu. Klub fukuroudani menggunakan nama hewan fukurou (梟) yakni burung hantu. Melihat sang ace mereka yang bernama Bokuto kalian pasti bakal terbayang mirip seperti burung hantu. Gaya rambutnya mirip dengan burung hantu.

Shiratorizawa Academy (Elang putih)

Haikyuu Shiratorizawa

Shiratori = Elang putih. Meski kalau dalam bahasa Jepang kata shiratori (白鳥) memiliki arti Angsa. Tapi masa iya, klub shiratorizawa terinspirasi dari hewan angsa? Kayaknya tidak mungkin. Kalau dilihat dari kanjinya saja kata 白鳥 secara harfiah berarti burung putih.

Kalau makna yang kedua ini cukup mungkin, soalnya di logo klub Shiratorizawa terdapat sosok seekor burung berwarna putih. Kemungkinan itu adalah elang laut dada putih. Elang laut terbesar yang mampu terbang dengan kecepatan 115 kilometer per jam. Seekor burung yang sangat tangguh. Ini sejalan dengan Ushijima Wakatoshi ace mereka yang terlihat tangguh, tanpa kompromi siapapun lawannya.

Kamomedai High School (Burung Laut / Camar)

Haikyuu Kamomedai

Kamome = Burung laut/camar. Selanjutnya adalah klub yang baru terlihat di season keempat Haikyuu, yaitu Kamomedai High School. Kamome berarti burung laut/camar. Burung yang berukuran tidak terlalu besar (baca: kecil) namun sangat suka ketinggian. Ini identik dengan pemain berambut putih bernama Hoshiumi, ace mereka yang memiliki tubuh tidak tinggi tapi memiliki lompatan spike yang tinggi.

Chidoriyama Junior High School (Burung Plover)

Haikyuu Nishinoya

Chidori = plover. Klub Chidoriyama bisa dikatakan klub figuran?😅 Chidoriyama Junior High School adalah mantan klubnya Nishinoya sang Liberonya Karasuno. Bertubuh kecil identik dengan hewan Plovers, burung laut berekor pendek.

Daftar Klub Haikyuu yang Memakai Nama Hewan

Nekoma High (Kucing)

Haikyuu Nekoma

Neko = Ular. Nekoma adalah klubnya Kozume Kenma, sahabatnya Hinata. Dari sifat-sifat pemainnya sih, memang mirip seperti kucing ya? Kenma matanya kayak kucing. Kurou sang kapten selalu punya strategi-strategi licik.

Nohebi Academy (Ular)

Haikyuu Nohebi

Hebi = ular. Nohebi adalah klub yang bisa dikatakan "licik", pemain-pemainnya sering melakukan feint (tipuan). Mereka juga sering mencoba mengambil hati wasit untuk mendapatkan keuntungan dalam pertandingan.

Itachiyama Academy (Cerpelai, semacam musang)

Haikyuu Kyoomi Sakusa
Itachi = cerpelai, semacam musang. Klub Itachiyama masih belum banyak diketahui hingga Haikyuu season ke-4. Hanya salah satu pemainnya saja yang bernama Kyoomi Sakusa yang merupakan pemain top 3 nasional.

Mujinazaka High (Badger / luak)

Haikyuu Mujinazaka

Mujina = badger/luak. Mujinazaka adalah tim yang offensif, pemainnya memiliki kekuatan fisik yang bagus. Dimana identik badger/luaknya ya?. Jujur aku gak baca manganya, jadi nunggu animenya aja. Klub ini masih belum muncul di season ke-4 jadi belum banyak infonya.

Sarukawa Tech High (Monyet)

Haikyuu Sarukawa

Saru = monyet. Tim yang memiliki ciri khas ikat kepala bertuliskan nama sekolah mereka, salah satu klub yang memiliki keuletan dan semangat yang tinggi. Identik dengan sarunya di mana ya. Mau bilang pemainnya mirip tapi takut ngatain XD haha, ya sudah lah.

Daftar Klub Haikyuu yang Memakai Nama Selain Hewan

Ougiminami High: Ougi = akar astragalus
Tsubakihara Academy: Tsubaki = kamelia
Aoba Jousai High: Aoba = daun hijau?
Date Tech High: Date = keberanian / Vainglory?
Inarizaki High: Inari = dewa Inari?
Jouzenji High: Jouzenji = Jouzenji (nama kuil)

Klub Lainnya yang Menggunakan Nama Hewan dari Bahasa Asing

!Spoiler Alert, buat yang gak suka spoiler, anggap saja postingan ini sudah selesai.

Di tim voli profesional, Hinata dan Kageyama tidak lagi menjadi rekan tim, melainkan bakal menjadi rival.

MSBY Black Jackals: Jackal = Jakal, sejenis serigala (bahasa Inggris)

Haikyuu Black Jackals

MSBY Black Jackal adalah tim voli professional di divisi 1 V League Japan. Diisi oleh Hinata Shouyou (eks Karasuno High), Sakusa Kyoomi (eks Itachiyama Academy), Bokuto koutarou (eks Fukuroudani Academy), Atsumu Miya (eks Inarizaki High) dan lainnya.

Schweiden Adlers: Adlers = Elang (bahasa Jerman)

Haikyuu Schweiden Adlers

Schweiden Adlers juga merupakan tim professional yang berlaga di divisi 1 V League Japan. Di tim ini pemainnya diisi oleh Kageyama Tobio (eks Karasuno High), Ushijima Wakatoshi (eks Shiratorizawa Academy), Hoshiumi Kourai (eks Kamomedai high).

Referensi dan img source: https://haikyuu.fandom.com/wiki/Haikyuu!!_Wiki
3 komentar

season 4 akhirnya rilis juga. klub volly kesukaan saya, fukurodani. lucu banget sama bokuto wkwkwk

Mantul Min....

Coba tu di namain indo tim 1 monyet tim dua ular tim tim 3 kucing wkkw geblek