Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (自己紹介) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (自己紹介) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (自己紹介)

Hajimemashite riizhu desu^^ douzo yoroshiku ne mina-san, dalam pelajaran kali kita akan mempelajari bersama-sama bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang.

Biar postingannya nggak panjang-panjang amat, mari kita langsung mulai aja ya^^. Kata pertama yang biasanya diucapkan dalam perkenalan pertama kali adalah 初めまして(hajimemashite) kata ini bisa di artikan "salam kenal" atau "perkenalkan" kata ini diucapkan saat baru akan memperkenalkan diri untuk yang pertama kalinya.

hajimemashite, yoroshiku onegaishimasu

Biar lebih mudah lagi memahaminya, sambil ditonton juga video penjelasannya di bawah ini ya^^.


Setelah kata hajimemashite barulah disambungkan dengan menyebutkan nama kita dengan format kira-kira seperti ini

私はリズです
Watashi wa rizu desu
Saya adalah Rizu
Atau seperti ini
私の名前はリズです
Watashi no namae wa rizu desu
Nama saya adalah Rizu
Atau bisa juga seperti ini
私はリズと言います / 申します
Watashi wa rizu to iimasu / moushimasu
Saya adalah Rizu

Artinya sama aja sih, tinggal ganti kata "Rizu" dengan nama kalian sendiri.

Lalu, sobat BJB juga bisa menambahkan profil atau keterangan lainnya setelah menyebutkan nama, seperti contoh-contoh berikut:

  • インドネシアから来ました : Indonesia kara kimashita : saya dari Indonesia
  • ジャカルタに住んでいます : Jakarta ni sunde imasu : saya tinggal di Jakarta
  • 東京で働いています: toukyou de hataraite imasu : saya bekerja di Tokyo
  • 店員をしています : ten'in o shite imasu : saya bekerja sebagai pegawai toko
  • 趣味はサッカーをすることです : shumi wa sakkaa o suru koto desu : hobiku adalah bermain sepak bola

Dan contoh lainnya lagi bebas aja, sesuai diri dan keperluan aja.

Terakhir ditutup dengan kata "どうぞよろしくお願いします"  : (douzo) yoroshiku onegaishimasu yang kira-kira bisa diartikan "senang berkenalan dengan anda" . Adapun balasan dari kata (douzo) yoroshiku onegaishimasu adalah balas dengan ucapan yang sama juga atau bisa dengan kata kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu yang bisa diartikan dengan "senang juga berkenalan dengan anda".

Nah, gimana sudah mengertikan cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang^^ kalau sudah mengerti berarti bisa kenalan dengan orang Jepang dong(ง ˆ-ˆ)ง hihihi.

Biar lebih mudah memahaminya, berikut ini Riizhu kasih beberapa contoh-contoh perkenalan berikut ini:

Contoh perkenalan 1:
はじめまして、風早将太です、高校三年生です、どうぞよろしく
Hajimemashite, kazehaya shouta desu, koukou sannensei desu, douzo yoroshiku
Salam kenal, saya adalah Kazehaya Shouta kelas 3 SMA, senang berkenalan denganmu
Contoh perkenalan 2:
はじめまして、エレンといいます、教師をしています、どうぞよろしくお願いします
Hajimemashite, eren to iimasu, kyoushi o shite imasu, douzo yoroshiku onegaishimasu
Salam kenal nama saya Eren, saya sedang bekerja sebagai pengajar/guru. senang berkenalan dengan Anda
Contoh perkenalan 3:
初めまして、勇気アスナと申します、インドネシアから参りました。日本は初めてなのでまだ何も分かりませんが、宜しくお願いします
Hajimemashite, Yuuki Asuna to moushimasu, Indoneshia kara mairimashita. Nihon wa hajimete na no de mada nani mo wakarimasen ga yoroshiku onegaishimasu
Salam kenal, saya adalah Yuuki Asuna dari Indonesia, karna pertama kalinya ke Jepang jadi masih belum mengerti apapun dan mohon kerjasamanya.

Note:
  • Orang Jepang biasanya saat memperkenalkan diri mereka tidak lupa melakukan hal yang disebut dengan istilah "Ojigi" yakni, membungkung kurang lebih sekitar 15 derajat ke arah lawan bicara. Jadi, saat memperkenalkan diri jangan lupa untuk membungkukan badan juga ya^^.
  • Arti harfiah yoroshiku onegaishimasu sendiri adalah "saya mohon dengan baik". Insya Allah nanti akan kita bahas lebih lanjut di postingan tersendiri karna yoroshiku onegaishimasu bukan cuma digunakan saat berkenalan saja. Untuk penggunaan lainnya silahkan baca post berikut: Berbagai Macam Penggunaan Kata Yoroshiku Onegaishimasu.

Ojigi

Eh iya, kali aja masih ada yang belum kenal sama saya jadi saya ingin mengenalkan diri juga^^.


初めまして、リズです、本当の名前はミフター・リザ、インドネシアのバンジャルバルに住んでいます^^、どうぞ宜しくお願いします。
Hajimemashite, rizu desu, hontou no namae wa mifutaa riza, Indoneshia no Banjarbaru ni sunde imasu^^, douzo yoroshiku onegaishimasu.
Salam kenal, saya Riizhu, nama asli saya adalah Miftah Riza, tinggal di Banjarbaru, Indonesia. Senang berkenalan dengan sobat^^.
Artikel lainnya:

Biar kita saling mengenal sobat BJB juga perkenalkan dirinya ya lewat komentar, ya itung-itung buat latihan setelah kita belajar sama-sama^^. Oke perlajaran hari ini sudah usai. sampai berjumpa di lain waktu\(≧∇≦)/ バイバイ Jaa, ne mata ato de.

Baca Juga

51 komentar:

  1. Hajimemashite, Agus Salim to moushimasu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hajimemashite, Miftah Riza desu, douzo yoroshiku onegaishimasu^^

      Hapus
  2. Hajimemashite watashi wa Tiara Yasinta desu. Watashi no namae Tiara desu. Douzou yoroshiku onegaishimasu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hajimemashite, watashi no namae wa Miftah Riza desu, adana wa riizhu douzo yoroshiku onegaishimasu Tiara-san^^

      Hapus
  3. Hajimemashite, watashi no namae wa joan desu, Indonesia no Jakarta ni sunde imasu. douzo yoroshiku onegaishimasu :3

    BalasHapus
  4. hajimemashite, hadi to moushimasu.. yoroshiku onegaishimasu

    BalasHapus
  5. Hajimemashite..
    Watashi wa reido desu.
    Padang ni sunde imasu.
    Douzo yoroshiku onegashimasu :v

    BalasHapus
  6. Hajimemashite, watashi no namae wa Mufti desu, hontou no namae wa Mufti Robbani desu,
    Boyolali ni sunde imasu, demo
    ima wa Purwokerto ni sunde imasu, nazenara kogi odayakana :)
    douzo yoroshiku onegaishimasu.. ni-san :)

    BalasHapus
  7. Hajimemashite,
    watashi no namae wa Faizal desu
    Cilacap ni sunde imasu
    Douzo yoroshiku onegashimasu :v (y)

    BalasHapus
  8. hajimemashite.
    watashi wa ferishia to moushimasu.
    surabaya ni sunde imasu
    senmon koukou ichinensei desu. douzo yoroshiku onegaiitashimasu!
    xD smoga benar ! ahahah

    BalasHapus
  9. moshi-moshi, konbanwa. hajimemashite, watashi wa Rimbi desu. Tangerang kara kimashita. douzo yoroshiku

    BalasHapus
  10. Hajimemashite... :)
    Watashi wa Asep desu.
    Cianjur kara kimashita.
    Douzo yoroshiku onegaishimasu...

    BalasHapus
  11. Konbawa mina-san
    Hajimemashite, watashi no namae wa Faldi, Tangerang kara kimashita, douzo yoroshiku onegaishimasu

    BalasHapus
  12. ご挨拶、私の名前はジョンです。よろしくね。
    Go aisatsu, watashi no namae wa Jon desu. Yoroshiku ne.

    BalasHapus
  13. permisi sensei mau tanya nih..saat perkenalan apakah kita wajib memberi tahukan nama lengkap kita atau boleh sekedar nama panggilan.. misal namae wa dimas desu ataukah namae wa dimas muji pangestu? yoroshiku onegaishimasu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung situasinya, kalau hanya sekedar perkenalan diri sebagai teman maka boleh saja kita menyebutkan nama depan aja atau belakang aja. Kalau situasinya formal, perkenalan diri ke rekan kerja atau semacamnya maka harus memberitahu nama lengkap kita.

      Hapus
  14. Hajimemahite, Azri desu hontou no namae wa Abdul azis Samsuri, Indonesia no Tasikmalaya ni sunde imasu. Douzo yoroshiku.
    Kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu.

    BalasHapus
  15. eey amang rizu ni urng bjb kah , d mana rumah , ku urng bjb jua nah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya urang banjarbaru jua ulun^^, pian pang rumah dimana?

      Hapus
  16. hajimemashite, watashi wa kayrien meltetha desu. Indoneshia no berastagi-medan ni sunde imasu.
    yoroshiku onegaishimasu.
    arigatou gozaimasu.

    BalasHapus
  17. Koniciwa
    Hajimasite watasi no namae wa reog desu
    Ponorogo kara kimashita
    Yoroshiku onegaiaimasu
    arigato gozaimazu...ja ne

    BalasHapus
  18. Kazehaya Shouta? Wewww ituu kimi ni todoke kan?:D

    BalasHapus
  19. Hajimemashite, namae wa asmin desu, Indoneshia no kendari ni sunde imasu^^, douzo yoroshiku onegaishimasu.
    wkwkwkw

    BalasHapus
  20. ohya gan aku mau nya nih...slain kata watashi kan ada juga.. boku..ore..watastachi.. yang artinya juga saya atau aku...

    itu bisa ngak di pakai buat nge gantiin kata watashi saat perkenalkan diri

    BalasHapus
  21. Ohayo Rizu senpai...
    Hajimemashite, indonesia no namae Paulus vransiskus. sikashi, Jepang ni namae Kirito desu, hontou no namae Kirito kazuto.
    domo arigatou
    yoroshiku onegaeshimasu

    BalasHapus
  22. 宜しくりーぜュ先輩

    BalasHapus
  23. Konichiwa nakama

    Hajime mashite - Watashi no namaewa Aruudi Muhammad (ren aldi muhaamad )
    __Douzou yoroshiku onegaishimasu ( senag berkenalan dengan anda )
    Bener gak min
    # _Berkenalan diganti kata bertemu gpp toh min

    BalasHapus
  24. Etto... Nee - chan, Sumimasen...

    Hajimemashite,

    Watashi o namae wa Shigatsu No Hime desu (hontou ni...?? *hardthink*).
    Jakaruta ni sunde imasu.kyoushi o shite imasu.

    Anoo... Nee - chan, kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu *bow*

    BalasHapus
  25. senang berkenalan dengang sobat itu bahasa jepangnya apa y

    BalasHapus
  26. hajimiashite , watasiwa solikhin desu,indonesia kara khimashitq bekasi ni sunde imasu, douzo yoroshiku oneigashimasu

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. --- cek again ---
    Hajimemashite

    BalasHapus
  29. はじめまして、私の名前はギナです。
    スラバヤにすんでいます。
    どうぞよろしくおねがいします。

    :)

    BalasHapus
  30. Bayu dese, yorosiku onegai itasimase, :)

    BalasHapus
  31. hajimemashite, Dilfa Rista desu, chuugakkou ninensei desu, douzo yoroshiku

    BalasHapus
  32. hajimemashite, Dilfa Rista desu,chuugakkou ninensei desu, douzo yoroshiku

    BalasHapus
  33. hajimemashite, Yogi desu, MATARAM ni sunde imasu, yoroshiku ne

    BalasHapus
  34. hajimemashite..cici desu ..bekasi karakimashita

    BalasHapus
  35. hajimemashite ,watashi wa eko prayoga to moushimasu, douzo eko to yonde kudasai, padang ni sunde imasu, yoroshiku ne..

    BalasHapus
  36. hajimemashite, watashi wa eko prayoga to moushimasu, douzo eko to yonde kudasai, padang ni sunde imasu, yoroshiku ne..

    BalasHapus
  37. Njer yuuki asuna :v

    BalasHapus
  38. Ada yang punya WA? Aku ada grub bahasa jepang. Kalo mau join WA aja. 082153202470

    BalasHapus
  39. はじめまして

    BalasHapus
  40. Kalau "saya kelas 3 SMK, saya bersekolah di SMK Kristen Petra" bahwa Jepangnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMK Kristen Petra no koukou sannensei desu

      Hapus
  41. adminnya penggemar sao keliatan dari nama yuki asuna

    BalasHapus
  42. はじめまして。
    私の なまえは スキスです。
    インドネシアの ジョグジャに すんでいます。
    どうぞ よろしく おねがいします。

    BalasHapus
  43. 初めまして
    私の名前はイマドゥッヂィン・ラーバニと申します。イマンと呼んでください。インドネシアのジャカルタという町から来ました。今年は二十六歳です。特定技能の研修生です。九月にN4試験に合格すると日本で働くことになります。私はリズ先生に日本語の勉強をいただいたので、お世話になりました。🙏🏻
    どうぞよろしくお願いします。

    BalasHapus