Asal Usul Yubikiri Genman (指切りげんまん) / Janji Kelingking

Yahhoo, Mina~san. Karena semalam habis ngerjain Yomikaki di kelas NiKu, yang di bagian akhirnya itu terjadi perjanjian "Yubikiri Genman" antara dua tokohnya. Akhirnya saya jadi penasaran dah. Gimana sih, awal mula dari perjanjian yang kupikir agak mengerikan (dalam segi makna sempit) bila dilakukan oleh kebanyakan orang, apalagi anak-anak.

Sebenarnya apa sih janji kelingking itu???

Arti Yubikiri Genman
Anime: Charlotte

Janji kelingking atau dalam istilah luar negeri dikenal dengan pinky swear atau pinky promise, adalah janji yang dibuat oleh dua orang dengan melilitkan jari-jari mereka yang paling kecil (baca: jari kelingking) satu sama lain. Kalian juga pasti sudah tahu kan, soalnya cukup banyak di film-film kalau berjanji pasti mengaitin jari kelengking bersama orang yang dijanjiinya.

Yang kita lihat pada anime Jepang itu juga sama yang disebut dengan yubikiri, atau dalam tradisi Cina (khususnya pada kalangan anak-anak) dikenal dengan nama gōu xiǎozhǐ. Tradisi Asia Timur atau yang kita kenal sekarang mungkin berangkat dari tradisi Cina lalu menyebar ke Jepang dan daerah Asia lainnya termasuk Indonesia.

Di Amerika, janji kelingking sudah ada sejak tahun 1860 ketika Bartlett's Dictionary of Americanisms mendata sajak berikut disertai dengan janji:
Pinky, pinky bow-bell,Whoever tells a lieWill sink down to the bad placeAnd never rise up again
Kalau versi Jepangnya begini, nih:

指切りげんまん、
yubi kiri genman
“yubi kiri genman”
うそ ついたら
uso tsuitara
If (you) tell a lie…
針 千本 飲ます
hari sen bon nomasu
Drink 1000 needles
指切った。
yubi kitta
(and) cut finger.

Wahhaaa... Gimana menurut kalian, Minna? Inti lagunya adalah mengenai kesepakatan memegang janji kelingking ini. Barang siapa yang berbohong atau melanggarnya, maka harus menelan seribu jarum atau memotong jari kelingkingnya. Terdengar seram untuk lagu anak-anak sebenarnya.

Janji kelingking juga sering dihubungkan dengan keyakinan bahwa belahan jiwa (baca: jodoh) itu dihubungkan oleh benang merah takdir yang terikat pada masing-masing jari kelingking seseorang.

Di Jepang sendiri, ada pendapat yang mengatakan jika seseorang melanggar janji kelingking yang dia buat maka dia harus memotong kelingkingnya. Ada yang menyebutkan bahwa Yubikiri ini merupakan kebiasaan Yakuza, di mana ketika seorang Yakuza mengingkari kesepakatan dengan kelompoknya maka dia wajib untuk memotong jari kelingkingnya.

Sedangkan pada zaman modern seperti sekarang, janji kelingking adalah cara yang lebih informal untuk penyegelan janji. Hal ini paling sering terjadi pada anak usia sekolah atau teman dekat. Janji kelingking menandakan bahwa janji tersebut tidak dapat dibatalkan atau diingkari oleh persimpangan jari atau hal lainnya.

Yubikiri Genman Janji kelingking
Anime: re zero kara hajimeru isekai seikatsu

Begitulah makna Yubikiri genman. Entah bisa kita terima secara rasional atau tidak, tapi namanya sebuah kebiasaan, ya seperti itu. wkwkw... Kalau kalian sendiri pernah melakukannya?

Oh iya, satu lagi. Ada nih lagunya Mili yang mengambil judul Yubikiri genman, lumayan enak didenger sih. Asal jangan baper aja kaliannya...  hehe




Postingan diambil dari tulisan #NoteBunka ditulis oleh salah satu member bernama Faa. Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Janji_kelingking.
Asal Usul Yubikiri Genman (指切りげんまん) / Janji Kelingking

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2020 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner