Jenis-jenis Soal JLPT N3 dan Tips Cara Menjawabnya | Belajar Bahasa Jepang Bersama Jenis-jenis Soal JLPT N3 dan Tips Cara Menjawabnya | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Jenis-jenis Soal JLPT N3 dan Tips Cara Menjawabnya

Level N3 biasanya dijadikan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa jurusan sastra Jepang dan pendidikan bahasa Jepang. Karena mungkin orang-orang yang telah lulus N3 itu bisa dikatakan level yang bisa dianggap sudah bisa berkomunikasi dengan orang-orang Jepang dalam topik -topik yang umum. Di level ini choukai-nya agak sulit ditangkap karena sudah diucapkan dengan kecepatan mendekati normal, tapi bagi orang yang sudah terbiasa dan familiar dengan percakapan bahasa Jepang pasti tidak akan merasa kesulitan.

Spesifikasi Kemampuan Level JLPT N3

  • Menguasai Kanji sekitar: 650 huruf
  • Menguasai kosakata sekitar: 3750 kata
  • Reading: Bisa membaca dan memahami informasi-informasi penting / utama pada headline surat kabar, majalah dan sebagainya. Bisa memahami materi tulisan dengan topik umum / sehari-hari.
  • Listening: Dapat memahami percakapan sehari-hari yang diucapkan mendekati kecepatan normal. Dapat mengikuti percakapan dan dapat membedakan antara kalimat formal dan non-formal.

Mulai dari awal hingga bisa lulus N3 dibutuhkan waktu sekitar 1 - 2 tahun belajar dengan durasi belajar rata-rata 1 - 2 jam per hari.

Jika sobat BJB merasa kemampuan bahasa Jepangnya kira-kira sudah seperti spesifikasi di atas itu berarti kalian sudah setara dan siap menghadapi ujian JLPT level N3. Berikut ini saya akan mengulas tuntas tentang jenis-jenis soal di JLPT N3, dan tentu saja juga disertai dengan tips dan trik cara menjawabnya agar kalian semua bisa goukaku (lulus).

Pada ujian level N3 juga dibagi menjadi tiga sesi yakni Moji-goi, Bunpou-dokkai dan Choukai. Variasi dan cakupan dari topik-topik soalnya jauh lebih banyak dari N5 dan N4. Soal bunpou, dokkai dan choukai-nya juga cukup sulit. Berikut ini rincian jenis-jenis soal yang ada dalam ujian JLPT level N3

Jenis Soal N3 di Sesi Moji-Goi

Di sesi gengo chishiki Moji-goi ini menguji kemampuan hafalan huruf dan kosakata bahasa Jepang kita. Di sesi ini untuk level N3 batas waktunya adalah 30 menit. Tidak ada jenis soal yang baru di sini, masih sama dengan jenis soal pada ujian JLPT N4. Yakni terdapat 5 jenis soal. Berikut adalah rinciannya.

1. Mondai 1 Moji-goi (Kanji Reading / Kanjiyomi)

Sesuai dengan namanya, pada jenis soal ini kita menjawab cara baca dari kata yang digaris bawahi pada suatu kalimat. Berikut adalah contoh soalnya.

Kanji Reading / Kanjiyomi

Tips dan cara menjawabnya adalah kita hanya perlu fokus kepada kata yang digaris bawahi saja. Tidak ada tips atau trik tertentu di sini, jadi semuanya murni menguji perbendaharaan hurufmu saja tapi kalau kemampuan bahasa Jepangmu memang sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan di atas biasanya soal-soal ini tidak menjadi kesulitan bagimu. Apalagi semua soalnya berupa pilihan ganda jadi setidaknya kita bisa memiliki gambaran kemungkinan-kemungkan soal yang sudah pasti salah.

So, di sini kamu bisa menganggapnya sebagai soal-soal pemanasan saja. Tidak perlu terlalu banyak mikir-mikir, langsung ini saja jawab kalau kamu sudah yakin jawabannya benar.

2. Mondai 2 Moji-goi (Orthograpy / Hyouki)

Jenis soal kedua di sesi Mojigoi bernama orthography (表記), Bisa dikatakan jenis soal ini kebalikan dari jenis soal yang pertama. Di sini kita menjawab dengan pilihan kanji / katakana yang tepat dari suatu kata yang digarisbawahi. Berikut adalah contoh soalnya.

Orthograpy / Hyouki

Sama seperti di jenis soal pertama, tidak ada tips atau trik khusus pada jenis soal ini. Cukup fokus pada kata yang digaris bawahi lalu pilihlah kanji / hiragana yang tepat untuk mewakili kata tersebut.

3. Mondai 3 Moji-goi (Contextually-defined Expression / Bunmyaku Kitei)

Dua jenis soal sebelumnya menguji hafalan moji (huruf), untuk jenis soal ke-3, ke-4 dan ke-5 ini menguji hafalan goi (kosakata). Pada mondai 3 ini kita akan melengkapi sebuah kalimat dengan memilih kosakata yang tepat agar sesuai dengan konteks kalimatnya.

Kurang lebih masih sama dengan waktu menguji hafalan huruf sih, di sini selama kita hafal dan paham makna kosakata-kosakatanya pasti akan bisa menjawab soalnya dengan benar.

Contextually-defined Expression / Bunmyaku Kitei

4. Mondai 4 Moji-goi (Paraphrases / Iikae Ruigo)

Pada jenis soal keempat ini tentang memilih sinonim dari suatu kata atau kalimat. Jadi, di sini tugas kita adalah memilih kalimat yang tepat yang memiliki makna yang paling mirip / sesuai dengan kalimat soalnya. Btw, biasanya pada satu kalimat yang diganti hanya satu kata saja lho. Seperti contoh soal berikut ini.
Paraphrases / Iikae Ruigo

5. Mondai 5 Moji-goi (Usage / Youhou)

Pada jenis soal ini kita dituntut untuk bisa memahami penggunaan suatu kata di dalam suatu kalimat. Berikut ini adalah contoh soalnya.

Usage / Youhou

Jenis Soal N3 di Sesi Bunpou-Dokkai

Total jenis soal di sesi ini untuk level N3 adalah 7 jenis soal. Jadi, terdapat 1 tambahan jenis soal di sini kalau dibanding dengan level di bawahnya yakni N4. Adapun batas waktunya adalah 70 menit. Lumayan panjang waktunya, tapi di sini banyak soal-soal yang panjang juga sih😅. Pokoknya soal-soal di sesi ini sudah mulai rumit-rumit, soal kategori bunpou-nya pun sulit, apalagi dokkai-nya yang sudah mulai panjang-panjang textnya. Berikut adalah rincian jenis soalnya.

1. Mondai 1 Bunpou-dokkai (Selecting Grammar Form /Bunpou Keishiki Handan)

Jenis soal yang bisa dikatakan paling mudah di sesi ini. Kurang lebih sama dengan mondai 3 sih, bedanya kalau di mondai 3 kan kita memilih kosakatanya, di sini kita memilih tata bahasa yang tepat untuk melengkapi kalimat agar sesuai dengan konteksnya. Berikut ini adalah contoh soalnya.
Selecting Grammar Form /Bunpou Keishiki Handan

2. Mondai 2 Bunpou-dokkai (Sentence Composition / Bun no Kumitate)

Pada jenis soal ini sebelum menjawab pertanyaannya kita diharuskan untuk menyusun dan merangkainya terlebih dahulu menjadi sebuah kalimat yang utuh dari pilihan-pilihan jawaban yang tersedia. Setelah itu, baru kita memilih kata apakah yang letaknya berada di simbol bintang (☆). Berikut ini contoh soalnya.

Sentence Composition / Bun no Kumitate

Jenis soal ini terkadang membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk merangkainya menjadi kalimat utuh dan benar secara gramatika dan maknanya. Tipsnya sih,  biasanya yang paling mudahnya fokus mencari kata yang posisinya paling awal atau yang paling belakang dulu, karena biasanya di kedua posisi itulah yang paling mudah menebak susunan katanya, yang pasti jangan lupa sambil memikirkan (membayangkan) arti kalimatnya juga, ya.

3. Mondai 3 Bunpou-dokkai (Text Grammar / Bunshou no Bunpou)

Jenis soal ini agak mirip dengan soal dokkai (reading) tapi ini masih kategori soal bunpou (grammar). Di jenis soal ini berisi soal-soal tata bahasa yang ada di dalam text yang cukup panjang. Biasanya dalam satu text berisi 3 sampai 5 soal bunpou. Cara menjawabnya sebenarnya kita hanya perlu membaca paragraf demi paragraf saja kok (walau kadang ada soal yang mengharuskan kita untuk membaca paragraf sebelumnya atau selanjutnya juga sih). Jadi, sebenarnya kurang lebih sama seperti jenis soal Bunpou-dokkai yang pertama juga. Hanya saja di sini kadang soalnya berisi kata sambung, yang mana, untuk mengetahui jawabannya mengharuskan kita untuk membaca sebanyak dua paragraf atau lebih.

4. Mondai 4 Bunpou-dokkai (Short Passages / Nanbun)

Di sini sudah mulai memasuki kategori soal dokkai, di jenis ini akan menguji pahaman kita pada text bacaan yang singkat yang terdiri dari 150-200 karakter dengan berbagai topik yang sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari.

Tips mengerjakan dokkai yang cukup ampuh agar kita tidak terlalu banyak membaca ulang textnya adalah dengan cara membaca dan memahami apa yang ditanyakan terlebih dahulu. Jadi, dalam mengerjakan soal-soal dokkai, sebaiknya kita baca dahulu pertanyaannya sebelum mulai membaca textnya. Jadi saat membaca textnya kita tidak harus mengingat dan memahami seluruh isi textnya, tapi kita hanya perlu fokus mencari jawabannya saja.

5. Mondai 5 Bunpou-dokkai (Mid-size Passages / Chuubun)

Kurang lebih masih sama dengan dokkai di atas, bedanya di sini text bacaannya sedikit lebih panjang, kurang lebih berisi 350 karakter yang menguji kita untuk memahami poin utama dari suatu uraian, karangan atau esai.

6. Mondai 6 Bunpou-dokkai (Long-size Passages / Choubun)

Jenis soal ini biasanya akan menguji pemahaman suatu ringkasan, pengembangan logis dari suatu uraian, karangan, esai atau surat dengan membaca teks sekitar 550 karakter.

Tips menjawabnya sama seperti yang dijelaskan di atas, yakni pahami dulu apa yang jadi pertanyaannya lalu tinggal baca teksnya dan fokuslah mencari jawabannya, tidak perlu harus memahami dan mengingat seluruh teksnya. Hampir semua soal dokkai memerlukan waktu yang banyak untuk menemukan jawabannya. Banyak peserta JLPT yang kehabisan waktu pada sesi ini, jadi pastikan kamu mengatur waktumu dengan baik di sesi ini.

7. Mondai 7 Bunpou-dokkai (Information Retrieval / Jouhou Kensa)

Jenis soal terakhir yang ada di ujian JLPT level N3 adalah information retrieval atau pencarian informasi. Ini jenis soal yang agak rumit dan membutuhkan waktu lama untuk menemukan jawabannya. Jenis soal ini berisi satu soal yang menguji kemampuan kita dalam mencari informasi penting pada suatu teks (biasanya teksnya berupa brosur, iklan dan sebagainya dengan jumlah karakter kurang lebih 600 karakter).

Tips menjawabnya masih sama seperti sebelumnya, yakni pahami dulu apa yang menjadi pertanyaannya. Kemudian sedikit demi sedikit kecilkan ruang informasinya sampai sesuai dengan apa yang kita cari/butuhkan dengan cara membuang info-info yang memang sudah pasti salah/tidak dibutuhkan. Lakukan terus pengecilan infomasinya sampai kita menemukan jawabannya.

Dan akhirnya kita menyelesaikan sesi Bunpou-dokkai pada level N3. Oh, iya tips tambahan nih yang tentunya sangat penting juga. Yakni tentang management waktu. Di sesi ini batas waktunya hanya 70 menit dan terdapat banyak soal yang membutuhkan waktu lama untuk membaca dan mencari jawabannya. Jadi, pastikan jangan membuang-buang waktu ya guys ya, jangan sampai kamu kebanyakan memikirkan suatu jawaban tanpa ada progress, kalau memang ada pertanyaan yang sama sekali tak kamu ketahui jawabannya dan tak ada petunjuk di pilihan jawabannya maka daripada bengong memikirkan jawabannya lebih baik dilewatin dulu dan lanjutkan menjawab soal berikutnya saja agar waktu kita lebih efisien. Kalau nanti ada waktu tersisa baru kita lanjutkan lagi menjawab soal-soal yang kita lewatkan tadi.

Jenis Soal N3 di Sesi Choukai

Sesi choukai (listening), baik jenis soal maupun soal-soal di sesi choukai level N3
Pada sesi choukai ini terdapat 5 jenis soal. Jadi terdapat 1 jenis soal baru yang tidak ada di level N5 dan N4. Kecepatan percakapan pada level N3 ini hampir mendekati kecepatan normal native speaker, pastikan kamu benar-benar fokus pada sesi ini ya. Di sesi choukai ini durasi waktunya sekitar 40 menit. Berikut rinciannya.

1. Mondai 1 Choukai (Task-based Comprehension / Kadai Rikai)

Mondai ini berisi soal yang menguji kemampuan untuk mengekstrak informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tertentu dan memahami tindakan yang tepat untuk diambil. Jadi biasanya soal-soalnya berupa apa yang dilakukan dari onna no hito atau otoko no hito setelah ini, atau ke mana tujuan dia perginya dan sebagainya.

Tips menjawab soal-soal choukai yang pertama ini pastikan kita mendengarkan dan menangkap penjelasan dan juga pertanyaannya. Setelah itu fokuslah mendengarkan isi percakapannya sambil fokus mencari jawabannya. Ingat ya, fokus mencari jawabannya saja, tidak perlu harus memahami seluruh isi percakapannya. Sembari mendengarkan, arahkan pandangan kita ke pilihan jawabannya. Kita diperbolehkan untuk mencoret-coret lembar soalnya jadi di sini kita bisa sambil memberi tanda jawaban-jawaban yang sudah pasti salah atau yang berkemungkinan akan kita pilih. Kalau saya pribadi biasanya lebih menandai jawaban-jawaban yang menurutku pasti salah dulu untuk mengecilkan pilihan jawabannya. Kalau sudah menemukan jawabannya sebaiknya langsung saja kita isi (bulatin) jawaban kita. Pastikan jangan terlalu lama membulatin jawabannya, ya. Harus selesai dalam waktu 2-4 detik saja. Kalau sudah ada bunyi "ting tong" itu berarti tanda kita untuk balik arahkan pandangan ke soal berikutnya dan telinga fokus mendengarkan percakapannya lagi. Intinya sih, jangan panik, buang segala pikiran yang tak perlu dan "shuuchuu suru" saja, fokus saja.

2. Mondai 2 Choukai (Comprehension of Key Points / Pointo Rikai)

Jenis soal kedua di sesi choukai yaitu comprehension of key points, soal-soal di sini akan menguji kemampuan untuk mempersempit info berdasarkan hal penting yang disajikan sebelumnya. Cara menjawabnya kurang lebih sama dengan jenis soal di atas. Pertama-tama dengarkan dulu penjelasan dan pertanyaannya lalu fokuslah dengarkan percakapannya sembari pandangan ke arah lembar soal. Kalian juga bisa menggunakan trik menandakan jawaban-jawaban yang kalian anggap sudah pasti salah untuk mempersempit pilihan jawaban.

4. Mondai 3 Choukai (Comprehension of General Outline / Gaiyou Rikai)

Inilah yang termasuk jenis soal yang baru dan tak ada di level N5 dan N4. Jenis soal ini termasuk jenis soal yang sulit untuk dikerjakan karena mengharuskan kita untuk memahami seluruh isi percakapannya dikarenakan pertanyaannya tidak disebutkan di awal/sebelum percakapannya seperti pada jenis soal choukai lainnya. Tapi biasanya yang menjadi pertanyaannya adalah hal yang paling penting/utama pada percakapan tersebut, jenis soal ini menguji kita untuk memahami intisari dari suatu percakapan.

3. Mondai 4 Choukai (Verbal Expression / Hatsuwa Hyougen)

Jenis soal ini ada di level N5, N4 dan N3. Jenis soal ini sebenarnya gampang saja, karena percakapannya sangat singkat. Intinya sih, di soal ini kita memilih jawaban yang paling tepat yang akan diucapkan oleh orang yang ditandai anak panah. Jadi, di soal ini terdapat suatu gambar yang di dalamnya terdapat seseorang yang ditandai dengan anak panah. Tugas kita adalah menjawab kata/ungkapan apa yang tepat yang harus diucapkan orang yang ditandai panah tersebut. Di jenis ini soal-soalnya sangat singkat jadi pastikan kalian meningkatkan tingkat fokus kalian ya, satu kata saja terlewat bisa membuat kita tidak bisa menjawab soalnya. Btw, di jenis soal ini pilihan jawabannya hanya tiga saja lho.

4. Mondai 5 Choukai (Quick Response / Sokuji Outou)

Sesuai namanya, di jenis soal ini menguji pemahaman kita pada suatu balasan/respon terhadap suatu kalimat/ungkapan. Jadi tugas kita hanya memilih kata/kalimat mana yang paling tepat dipakai untuk membalas/merespon dari kalimat pendek yang disebutkan sebelumnya. Kurang lebih jenis soal ini sebelas dua belas lah dengan jenis soal ke-3 choukai, hanya terdiri dari 3 pilihan jawaban juga. Perbedaannya, di mondai ini tidak ada gambarnya, jadi seluruhnya mengandalkan pemahaman pendengaran kita. Pastikan di sini juga fokus kalian tetap terjaga dan sebisa mungkin jangan sampai tertinggal satu kata pun.

Owari, itulah beberapa gambaran semua sesi dan jenis-jenis soal pada ujian di JLPT N3 yang bersumber dari web jlpt.jp serta beberapa tips dan trik menjawabnya sesuai pengalamanku dan mengambil dari hasil sharing teman-teman komunitas Bahasa Jepang Bersama. Semoga materinya membantu dan bermanfaat. Oh iya, sedikit tambahan nih, karena rasanya nggak afdol kalau bahas JLPT tanpa bahas soal gacha-ngegacha, ya↖(^▽^)↗. Apakah ngegacha di JLPT itu nyata adanya, dan apakah akan mempengaruhi hasil nilai kita? Ya, menurutku pribadi memang gacha-ngegacha di JLPT itu memang real adanya dan bisa kita jadikan sebagai senjata pamungkas saat kita sedang terdesak. Tentunya nggak asal ngegacha aja ya, berikut ini saya tambahkan sedikit tips ngegacha saat ujian JLPT.

Tips Ngegacha JLPT (berlaku untuk semua level)

Teknik ngegacha ini hanya dikeluarkan saat kita benar-benar terdesak saja ya guys ya. Jangan gunain teknik ini langsung dari awal sampai akhir @( ̄- ̄)@. Gunakan saat kalian sudah merasa bimbang antara dua atau tiga pilihan jawaban. Kemudian bisa juga saat kita kehabisan waktu dan masih ada beberapa soal yang belum bisa kita isi jawabannya. Tapi sebelumnya pastikan kalian menyingkirkan pilihan jawaban yang sudah pasti salah ya.

Ketika kalian akan melewatkan suatu soal yang belum bisa dijawab, sebelum melewatkannya kalian bisa tandain beberapa jawaban yang kalian anggap benar atau sebaliknya, kasih tanda pilihan jawaban yang sudah pasti salah biar nanti saat kehabisan waktu kita tinggal ngegacha beberapa pilihan jawaban saja agar kemungkinan gacha kita hoki (benar) lebih tinggi.

Baiklah sepertinya cukup itu saja postingan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Buat sobat BJB yang ingin menambahkan tips dan trik ujian JLPT N3 lainnya bisa ditambahkan di kolom komentar ya, buat yang akan mengambil ujian JLPT baik yang bulan Juli ataupun Desember, semoga semuanya bisa lulus sesuai harapannya. Minna ganbarou💪.

Baca Juga

Komentar