Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Tips Menghafal Kosakata Bahasa Jepang Menggunakan Flash Cards

Sudah lama sekali ya kita tidak bersua kembali. Maafkan Riizhu yang lama menghilang dan jarang update blog bahasajepangbersama.com ini ya. Baiklah, pada kesempatan kali ini Riizhu akan berbagi tips menghafal kosakata menggunakan metode flash card atau kartu menghafal. Kebetulan juga karena sekarang ini Riizhu juga sedang menghafal menggunakan kartu menghafal juga. Ini adalah kartu menghafalku.

Kartu Menghafal, Riizhu

Tidak cuma kosakata bahasa Jepang, aku juga menggunakan flash card untuk menghafal kosakata bahasa Arab. Biar menghafalnya lebih efektif berikut ini Riizhu bagikan tips menghafal kosakata menggunakan flash card sesuai pengalamanku.

Flash Card, Riizhu

Bikin Flash Card Sendiri / Beli Flash Card Kosong

Daripada beli kartu menghafal yang sudah terisi, menurutku lebih baik kita membeli flash card yang masih kosong. Soalnya dengan flash card kosong berarti kita juga menulis dan mengisinya sendiri. Kita bisa bebas menentukan kosakatanya sendiri, jadi lebih efektif karena yang tahu kosakata yang tidak kita hafal kan diri kita sendiri. Kalau beli yang sudah terisi biasanya kosakata yang sudah benar-benar kita hafal pun juga termuat. Selain itu, kita juga bisa sambil melatih tulisan tangan kan. Satu hal lagi, biasanya blank flash card jauh lebih murah harganya hehe(*^﹏^*).

Oh iya, kalau kita sudah punya banyak ringnya kita juga bisa membuatnya sendiri menggunakan kertas karton, bakal lebih murah lagi kan XD hiya hiya hiya. Aku sering buat sendiri juga lho, soalnya punya punchi (pelubang kertas) sendiri yang kubeli seharga 15rban. O(∩_∩)O. Bisa bikin flash card sepuasnya deh.

Menghafal 3 Kali Sehari

Nah, masalah waktunya nih, kapan bagusnya membuka flash cardnya? Mengenai kapan waktunya sebenarnya terserah saja, tergantung waktu luang kita aja. Kalau rekomendasi Riizhu sih, bagusnya menghafal flash cardnya 3x sehari, kayak minum obat gitu. Pagi hari sekali, siang sekali dan malam sekali, boleh dipelajari sebelum ataupun setelah makan, eh.

Untuk durasinya gak perlu lama-lama 10 - 15 menit cukup lah. Kalau kamu cukup sibuk, pagi dan malam aja juga bisa, sama kayak gosok gigi eaaa. Sisanya hafal saat sedang menunggu sesuatu atau di sela masa senggang lainnya.

Bayangkan Bentuknya Ketika Menghafal

Ketika menghafal kotoba bayangkanlah bentuknya atau kalau kalian menghafal kata kerja maka bayangkan gerakan / perbuatannya. Kalau menghafal dengan cuma melihat tulisannya saja, biasanya sangat cepat lupa lagi. Imeeji guys, Imeeji hehe. Imaajiinaaasiiiii╮(╯▽╰)╭. Kalau kamu jago menggambar lebih bagus jika disertakan ilustrasinya.

Kelompokkan Kosakatanya

Kalau bikin flash card sebaiknya dikelompokkan kotobanya. Seperti misalnya khusus kata kerja, khusus kata sifat, khusus kata keterangan dan khusus kata benda. Bagiku itu akan sangat membantu kita dalam membuat kalimat nantinya.

Ketika kita sudah cukup lama mempelajari tata bahasanya kita pasti akan mengetahui peran dan letak suatu kata di dalam kalimat. Kalau kita mengetahui kelas kata yang kita hafal, maka kita takkan kesulitan menempatkannya ke dalam suatu kalimat. Selain itu, juga akan memudahkan kita dalam hal konjugasinya.

Buat Satu Kalimat dengan Kotoba yang Dipelajari

Pastikan kita tidak sekedar menghafalnya saja. Tapi harus bisa juga menggunakannya ke dalam suatu kalimat utuh. Misalnya nih, kamu menghafal kosakata 眼鏡 : megane : kacamata. Kemudian cobalah bikin satu kalimat yang ada megane-nya. Contoh megane o kakeru shoujo wa kirei desu ne : gadis yang pakai kacamata itu cantik ya. Gitu aja sih. Pastikan kamu bisa menggunakan kotoba yang dihafal ke dalam suatu kalimat.

Shuffle dan Reverse Kotobanya

Jangan lupa, untuk selalu mengocok urutan kartu-kartunya guys, dan biar hafalannya lebih melekat lagi, cobalah sesekali untuk membalik cara menghafalnya. Misalkan nih, kita sudah cukup banyak hafal kotoba di dalam suatu deck, ya sekitar 70%an sudah benar-benar dihafal. Kemudian kita balik cara menghafalnya. Kali ini kita mulai dari artinya dan menebak bahasa Jepangnya.

Biasanya kita masih kesulitan dan bakal banyak kotoba-kotoba yang tidak bisa kita ingat saat kita balikan cara menghafalnya. Jika masih banyak kotoba yang tidak dihafal saat menghafalnya dibalik, itu berarti kotoba-kotoba yang kita hafal kebanyakan hanya akan berguna untuk skill passive kita saja, belum mampu untuk kita pakai dalam skill aktif yakni untuk berbicara dan menulis (mengarang). So, pastikan kamu melakukan hal ini guys.

Pilah Kosakatanya

Kalau kita sudah menghafal cukup lama, pastinya gak semua kotoba bisa benar-benar kita hafal. Ada yang lupa terus, ada juga yang sudah benar-benar dikuasai. Biar lebih efisien, kita pilah-pilahin deh mana kotoba yang benar-benar kita kuasai dan mana yang menurut kita masih perlu disertakan dalam deck yang masih kita hafal. Simpan kotoba-kotoba yang telah kita kuasai, kemudian kamu juga bisa menambahkan kotoba-kotoba baru bersama kosakata yang menurut kita masih perlu dihafal. Setelah itu tinggal ulangi lagi proses menghafalnya seperti sebelumnya.

Bermain Tebak-tebakan Bersama Teman

Ini hanya agar lebih seru aja menghafalnya. Kamu bisa mengajak teman untuk bermain tebak-tebakan dari kartu-kartu yang sama-sama kita pelajari. Atau jika ada teman yang bersedia untuk sekedar mengacak dan memilihkan kartu-kartu untuk kita tebak bisa aja diajak.

Menghafal Flash Card, Riizhu

Artikel lainnya: 6 Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang Tingkat Menengah

Itulah 8 tips menghafal kosakata menggunakan flash card versi Riizhu, Semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat BJB yang juga kesulitan menghafal kosakata kayak Riizhu XD. Entah kenapa kalau menghafal kanji itu cepat nyangkutnya kalau menghafal kotoba itu lupa mulu. Ada yang sama kah? Atau ada yang punya tips menghafal? Bisa dishare dong ke kita-kita lewat kolom komentar.
1 komentar:

saya juga sama lebih enak pake flashcard bikinan sendiri. Sekarang banyak juga sih yang jual. tapi kalau nulis sendiri rasanya lebih cepat hafal.