Ulang Tahun Ketujuh Bahasa Jepang Bersama (7年目の記念日) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Ulang Tahun Ketujuh Bahasa Jepang Bersama (7年目の記念日) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Ulang Tahun Ketujuh Bahasa Jepang Bersama (7年目の記念日)

Tak terasa Bahasa Jepang Bersama (BJB) kini sudah berusia 7 tahun di tahun 2021 ini. Seperti biasa setiap setahun sekali aku akan merewind beberapa hal yang telah dilakukan Bahasa Jepang Bersama ataupun diriku secara pribadi. Di tahun ke-7 Bahasa Jepang Bersama ini cukup banyak perubahan. Salah satu yang paling bisa terlihat adalah perubahan dalam desain web dan logonya. Yups, ada yang berhasil terealisasi tapi ada juga target yang tertunda. Berikut ini adalah hal-hal yang telah dilakukan Bahasa Jepang Bersama di tahun ke-7 BJB.

Logo Bahasa Jepang Bersama

Hal yang Terjadi di Tahun Ketujuh Bahasa Jepang Bersama

Perubahan Desain Logo

Ini adalah perubahan terbesar di tahun ini, yakni redesain logo Bahasa Jepang Bersama. Tentu saja perubahannya tak cuma di logo semata. Dengan perubahan logonya diharapkan juga merubah branding Bahasa Jepang Bersama menjadi lebih baik lagi. Di logo sebelumnya kita memakai warna hijau, kali ini di logo terbaru Bahasa Jepang Bersama ini masih menggunakan warna hijau tapi kali ini juga ditambah warna merah crimson, diharapkan warna merah akan menambah semangat kita untuk belajar dan bekerja lebih keras lagi. Untuk info yang lebih detail mengenai logo terbaru BJB bisa baca di postingan ini.

Pengalaman Mengajar Bahasa Jepang Pertama via Zoom

Untuk pencapaianku pribadi di tahun ini aku mendapat pengalaman mengajar online via Zoom untuk pertama kalinya. Dan kursusnya umaku itta, alhamdulillah dari awal hingga selesai kursus semuanya hampir berjalan sensuai dengan yang kita targetkan. Kecuali waktu yang lebih molor dari target, untuk selebihnya cukup bagus. Untuk cerita yang lebih rinci lagi, silahkan buka postingan ini.

Menyusun Materi JLPT

Sebelumnya, mungkin pengunjung web ini akan kebingungan karena navigasinya cukup buruk, bukan cukup buruk lagi sih, mungkin sangat buruk. Sebenarnya aku sudah menyadarinya cukup lama, tapi karena belum ada waktu untuk merombak desain webnya jadi baru kesampaian di tahun ini. Sekarang kalian dapat dengan mudah menemukan materi-materi JLPT mulai dari level N5 hingga N2. Buat yang sedang fokus melakukan persiapan ujian JLPT bisa buka halaman materi JLPT sesuai level yang diambil. Alhamdulillah setelah melakukan perubahan, pengunjung dan pageviews-nya pun meningkat.

Menyelesaikan Materi JLPT level N3

Meski terlambat satu bulan dari target awal namun akhirnya aku bisa menyelesaikan seluruh materi pola tata bahasa untuk JLPT level N3. Alhamdulillah bisa selesai, berikutnya tinggal level N2 dan level N1. Doain aja ya, semoga kita bisa update materinya sampai selengkap-lengkapnya. Aamiin.🙏

Halaman Trakteer.id Bahasa Jepang Bersama

Buat sobat BJB sekarang bisa juga mensupport Bahasa Jepang Bersama dengan mentrakteer 🍀Semanggi!. 1 semanggi bernilai 5.000 rupiah. Dengan mensupport BJB kalian juga akan mendapatkan berbagai materi eksklusif sesuai dengan tingkatannya. Terdapat 4 tingkatan support, yaitu level Faith, Hope, Love dan support tertinggi adalah Luck 🍀. Untuk saat ini memang hanya berupa download materi Batch dalam bentuk PDF saja, ke depannya pasti akan kita tambah lagi materi eksklusifnya. Ditunggu saja ya^^. Untuk info lebih detil mengenai halaman trakteer Bahasa Jepang Bersama silahkan buka postingan berikut ini.

Tentu saja kita tak boleh terus melihat ke belakang, kita tetap harus menatap ke depan dan terus maju, jadi di postingan ini selain merewind pencapaian yang diraih di tahun lalu, aku juga akan menyampaikan revolusi apa saja yang akan dilakukan Bahasa Jepang Bersama atau aku pribadi untuk tahun ke-8-nya. Berikut ini adalah target-target yang ingin dicapai untuk tahun ke-8 BJB.

Target di Tahun Kedelapan Bahasa Jepang Bersama

Menyelesaikan Materi JLPT Level N2 dan Mencapai 1000 Postingan

Materi JLPT N3 sudah tuntas di akhir tahun ke-8 BJB, jadi di tahun kesembilannya ini menyelesaikan materi N2 sudah menjadi target wajib untuk Bahasa Jepang Bersama. Untuk saat ini materi JLPT N2 di web BJB sudah kurang lebih 20%-an. Masih cukup banyak materi N2 yang belum diupdate. Tapi menargetkan selesai di tahun 2021 ini kurasa cukup realistis. Jadi setidaknya aku harus mengupdate satu materi level N2 setiap tiga atau empat hari sekali. Tidak hanya itu, aku juga ingin mencapai 1.000 postingan di tahun ini. Untuk saat ini jumlah postingan yang ada di web ini sudah kurang lebih 850-an, jadi sekitar 150-an lagi. Yosh, ganbarimaaaaasu.

Mengupdate dan Menata Ulang Materi Lama

Selain terus menambah materi aku juga harus terus mengupdate materi-materi yang sudah dipublikasikan untuk meningkatkan kualitasnya dan memperbaiki kesalahan jika ada kesalahan ditemukan atau ada yang melaporkan. Jadi aku akan mengupdate materi-materi yang dipublikasi di tahun 2014 - 2015 agar lebih berkualitas lagi^^. Aku juga akan langsung mengupdate materi jika menemukan kesalahan. Jadi kalau sobat BJB menemukan ada kesalahan bisa laporkan saja ke aku, bisa lewat komentar, email atau langsung kontak akun sosial media BJB/Admin.

Membuka Kembali Jasa Penerjemahan Komik

Mengingat beberapa target yang disebutkan di atas cukup santai, jadi mulai tahun ini, aku akan membuka kembali Jasa Penerjemahan Komik Jepang. Bisa dikatakan menjadi seorang penerjemah komik Jepang adalah cita-cita utamaku sekarang. Meski di tahun lalu aku masih menutup jasa penerjemahan tapi alhamdulillah tetap ada menerima penerjemahan dari beberapa orang yang menghubungiku secara langsung. Di tahun ini aku akan kembali membuka jasa penerjemahan khusus komik Jepang. Doain ya semoga sukses. Dan semoga bisa menjadi penerjemah penerbit mayor juga hehe🙏 mohon doanya.

Itu saja target yang ingin kucapai untuk tahun kedelapan BJB, sebenarnya masih ada satu target lagi tapi karena kebanyakan dan takut tidak bisa tercapai jadi mungkin akan kusimpan untuk target tahun depan saja. Targetnya adalah ingin membuka jasa kursus belajar bahasa Jepang baik privat atau kelas😁. Tapi untuk sekarang fokus dengan target-target utama dulu, selain itu jika ingin membuka jasa kursus aku harus mencari beberapa orang dan membentuk tim dulu. Oke, sampai di sini dulu ulasan BJB di tahun ke tujuhnya, sampai jumpa lagi di tahun berikutnya, semoga target-targetnya bisa tercapai. Ganbarimashou!!

Komentar