Logo Terbaru Bahasa Jepang Bersama (BJB) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Logo Terbaru Bahasa Jepang Bersama (BJB) | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Logo Terbaru Bahasa Jepang Bersama (BJB)

Menyonsong tahun 2021 Bahasa Jepang Bersama memutuskan untuk melakukan beberapa perubahan, atau istilah kerennya rebranding hehe (*¯︶¯*), salah satunya adalah perubahan pada desain logonya. Apalagi logo yang lama untuk beberapa situasi jarak pandang tertentu agak kurang jelas terbaca dan filenya juga masih belum berbentuk vector (masih menggunakan raster). 

Rebranding Logo BJB

Karena kita ingin lebih serius lagi mengurus Bahasa Jepang Bersama di mulai dari tahun depan, jadi harus diawali dengan keseriusan mendesain logonya. Ada dua opsi di sini, yang pertama kita tetap dengan konsep logo yang semula jadi hanya perlu dirapikan dan diretouch lebih baik lagi agar bisa diterapkan di berbagai media dan berbagai ukuran dan yang pasti harus mudah terbaca di berbagai jarak pandang tertentu. Opsi kedua adalah membuat desain baru dengan lebih matang lagi. Dari dua pilihan tersebut akhirnya kita memutuskan opsi kedua karena kita ingin ada perubahan dan ingin mencoba lebih berani mengambil tantangan.

Setelah itu mulai memikirkan konsepnya, mencoba coret-coret sketsa di buku. Karena kebutuhan logo barunya masih cukup lama, jadi cukup santai saja memikirkan konsepnya sambil tetap update postingan. Dari brainstorming hingga mulai mendesainnya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar dua bulanan sampai selesai menuntaskan logo barunya.

Beberapa hasil coret-coret sketsa.

Coret-coret sketsa logo BJB
Coret-coret sketsa logo BJB 2

Hingga akhirnya memilih yang paling tepat dan yang dirasa paling sesuai, kemudian dikembangkan lagi.

Dan inilah logo resmi Bahasa Jepang Bersama (BJB), logo ini kita sebut Crimsea bagaimana menurut sobat BJB nih? Apa kesan pertama yang kalian lihat dari logo BJB yang baru ini?.

Crimsea, Logo Baru BJB

Logo Baru BJB Mockup Preview

Sekilas mungkin logo ini terlihat seperti kamon (家紋), lambang klan keluarga para samurai Jepang pada zaman dulu ya. Sebelum Riizhu kasih tahu penjelasan logonya silahkan amati lagi logonya, hal apa saja yang bisa sobat BJB tangkap?

Bentuk dan Filosofi Logo Terbaru Bahasa Jepang Bersama

Ide awal dari logo terbaru BJB adalah kita ingin membuat logo dengan menampakan inisial BJB. Dari beberapa coretan ada beberapa bentuk yang bisa dibuat, beberapanya bentuk bunga, kupu-kupu dan bentuk capung. Setelah lama coret-coret sketsa akhirnya memutuskan bentuk bunga yang dibuat dari rangkaian huruf B dan J. Jadi di dalam logo itu kalian dapat menemukan inisial BJB di banyak situasi.

Makna lingkarang menandakan kalau Bahasa Jepang Bersama merupakan suatu komunitas, bdw lingkarannya juga dibentuk dari 2 buah huruf J. Di dalam lingkarannya jika diperhatikan kalian akan melihat 4 orang yang sedang menjulurkan tangan ke satu titik yang sama. Itu melambangkan di dalam komunitas ini kita mengutamakan kebersamaan dan persatuan. Karena dengan kita bersama dan bersatu kita akan membentuk sebuah bunga. (Kebersamaan menciptakan suatu keindahan) O(∩_∩)O. 

Makna Warna yang Digunakan

Pada logonya Bahasa Jepang Bersama terbaru ini masih memakai warna hijau yang diharapkan dapat menciptakan ketenangan dan ketentraman ketika belajar. Warna hijau yang digunakan adalah Seagreen dengan kode warna #2E8B57. Di sisi lainnya kita menambahkan warna crimson dengan kode warna #DC143C diharapkan dengan tambahan warna merah crimson ini dapat menciptakan semangat belajar dan berjuang lebih, di mana akhir-akhir ini BJB terasa kurang bergairah. Selain itu, warna merahnya jika diterapkan dalam web juga terlihat manis dilihat. Kombinasi warna CrimSea (Crimson + Seagreen) sudah diterapkan pada web bahasajepangbersama.com di awal Oktober 2020 ini.

Warna crimson dan seagreen jika diberikan effect negatif akan mirip seperti berlawanan di mana merah crimson menjadi hijau toska dan seagreen menjadi merah kepink-pinkan. Hal ini juga menyiratkan suatu perbedaan, siapa saja bisa bergabung baik yang memiliki latar belakang kuliah sastra Jepang, anak magang Jepang ataupun hanya sekedar belajar otodidak saja. Justru semakin banyak perbedaan akan semakin banyak hal yang bisa kita dapatkan.

Terakhir adalah bulatan kecil di tengah logo. Bulatan kecil itu memiliki warna merah seperti merah bendera negara Jepang dengan kode warna #BC002D. Dalam logo ini menyiratkan kalau yang menjadi titik fokus utama dari komunitas ini adalah bahasa Jepang.

Font yang Digunakan

Untuk fontnya kita menggunakan warna hitam yang menandakan ketegasan dan independen. Alasan lainnya warna hitam sangat mudah terlihat di berbagai jarak dalam banyak warna latar. Jenis font yang kita gunakan adalah amaranth dengan huruf J mengalami sedikit pengeditan khusus. Alasan mengapa tulisannya diletakkan di sebelah kanan logo dan bukan di bawah adalah agar inisial BJB tetap bisa terbaca jika kita membaca huruf depannya dari atas ke bawah. Selain itu, textnya agak panjang jadi kalau diletakkan di bawah terasa kurang pas aja :D.

Itulah beberapa filosopi dan makna dari logo terbaru bahasa Jepang Bersama semoga dengan hadirnya logo baru ini bisa menimbulkan semangat baru dan bisa membuat komunitas Bahasa Jepang Bersama menjadi tempat di mana semua orang bisa belajar dan berkembang bersama-sama.

共に学び、共に成長する
Tomo ni manabi, tomo ni seichou suru
Belajar bersama, berkembang bersama 

1 件のコメント:

  1. Maa syaaAllah... Suka sekali dengan desain baru logonya BJB senpai... Semoga ke depannya, BJB bisa lebih baik lagi, berkembang lagi dan menjadi pelopor buat para pembelajar bahasa Jepang untuk terus semangat dan maju ke depan. Ganbarimashou ne~

    返信削除