Daftar Seni Populer di Jepang Yang Wajib Kamu Tahu | Belajar Bahasa Jepang Bersama Daftar Seni Populer di Jepang Yang Wajib Kamu Tahu | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Daftar Seni Populer di Jepang Yang Wajib Kamu Tahu

Negara Indonesia terbentang luas dari sabang hingga merauke atau bisa disebut juga dari barat hingga ke timur, dari situlah segala bahasa, suku, adat istiadat, juga agama yang berbeda itu ada. Kali ini kita akan membahas mengenai adat istiadat negara Jepang walaupun Jepang tidak sebesar Indonesia tetapi negara Jepang memiliki adat atau seni budaya yang sangat kental bahkan dijaga hingga saat ini. Tidak kalah dari Indonesia, Jepang memiliki berjenis-jenis kebudayaan dan kesenian yang diketahui oleh seluruh negara di dunia sehingga kebudayaannya yang khas membuat orang tertarik dengan kebudayaan yang dimiliki oleh negara Jepang.

Tak khayal Jepang termasuk ke dalam salah satu negara yang secara teknologi ia maju dan pesat, di satu sisi Jepang juga tetap menjaga seni budayanya yang sanggup dijaga dari abad ke abad ini. Berikut seni budaya Jepang yang populer hingga dikenal di Indonesia.

Daftar Seni Populer di Jepang
img source: https://wallhere.com/id/wallpaper/1775485

Pakaian Tradisional Jepang, "Kimono" (着物)

Kimono merupakan baju tradisional Jepang, dulu Kimono selalu dikenakan dan diterapkan sebagai pakaian sehari-hari. Saat ini Kimono hanya diterapkan di acara-acara khusu. Pastinya sudah banyak yang tahu tentang baju Kimono ini yang berasal dari Jepang. Kimono digunakan oleh wanita dan juga pria, yang masing-masing memiliki perbedaan tersendiri.  Jika pria lebih sederhana baik dalam design, warna dan juga motifnya yang didominasi dengan warna gelap seperti coklat tua, hijau tua atau hitam. Apabila Kimono wanita memiliki jenis-jenis aksesoris tambahan yang cukup banyak dan memiliki beberapa tipe menampilkan usia pemakai juga statusnya.

Upacara Minum Teh di Jepang, "Sadou/Chadou" (茶道)

Upacara yang mencerminkan kepribadian tuan rumah yang mencakup tujuan hidup, agama, apresiasi perlengkapan upacara minum teh dan metode meletakkan benda seni dalam ruangan upacara minum teh. Jadi upacara ini diadakan di saat tertentu saja dan semua itu tergantung dengan si tuan rumah atau pemilik rumah. Selain sebutan Sadou atau Chadou, ada juga yang menyebut upacara ini dengan sebutan Cha-no-yu (茶の湯).

Seni Melipat Kertas, "Origami" (折り紙) 

Origami yang berasal dari kata ori (折り) yaitu lipat dan kami (紙) yang berarti kertas. Siapa sih yang tidak tahu origami ini? Origami memang bisa diaplikasikan dengan kertas biasa tapi berbeda dengan Jepang, Origami ini diaplikasikan ke kertas khusus untuk Origami. Perbedaan kertas khusus Origami dengan kertas biasa ialah Origami yang dibuat tampak lebih menawan karena design dan warnanya yang dibuat memang khusus untuk Origami. Tapi kertas khusus Origami ini sama sekali tidak mempengaruhi teknik lipat menjadi lebih gampang ya.

Olah Raga Gulat Khas Jepang, "Sumo" (相撲)

Sumo merupakan gulat gaya Jepang dan olahraga nasional di Jepang, sehingga seluruh dunia juga tahu bahwa sumo ini berasal dari Jepang. Pertengkaran tata tertib sumo sangat sederhana. Sumo biasanya digunakan pada saat pertunjukan untuk menghibur para dewa shinto. Sumo juga dijadikan ikon dari Jepang sehingga saat semua orang melihat ikon sumo semua tertuju ke negara Sakura ini.

Seniman Penghibur, "Geisha" (芸者)

Geisha merupakan aktivitas seni penghibur tradisional di Jepang. Geisha secara tradisional dilatih sejak masih muda. Rumah-rumah Geisha seringkali membawa gadis yang masih muda yang berawal dari keluarga miskin kemudian dibesarkan dan dilatih. Geisha pemula bekerja sebagai pembantu, setalah menjadi pembantu senior Geisha pemilik rumah sebagai suatu komponen dari latihan mereka dan untuk menolong pembiayaan pemeliharaan dan pendidikan para Geisha tersebut. Hingga saat ini pelatihan Geisha seperti ini masih banyak ditemukan di Jepang.

Seni Beladiri, "Kendo, Karate dan Judo" (剣道、空手、柔道)

Kendo merupakan olahraga pedang dari bambu dan Karate adalah ilmu bela diri yang hanya menggunakan tangan kosong. Sedangkan Judo adalah olahraga bela diri yang lebih fokus kepada bantingan, Kata DO pada akhiran yang sama memiliki arti jalan sehingga ketika dituliskan dengan huruf kanji merupakan lambang jalan.

Komik dan Animasi, "Manga dan Anime" (漫画、アニメ)

Kalau urusan komik, Jepang memiliki ciri khasnya tersendiri yang biasanya digambar dengan mata yang besar. Standar kualitas komik-komik Jepang sudah tidak diragukan lagi, manga dan anime sudah sangat dikenal luas secara internasial bahkan banyak yang menjadi suka dan banyak tahu tentang Jepang dan ingin belajar bahasa Jepang hanya karena diawali dari pengaruh Manga dan Anime saja. Kalau Manga adalah sebutan untuk komik. Anime adalah singkatan dari kata animation. Anime merupakan produksi diawali dari negara Jepang yang menampilkan hasil gambar diawali animasi tangan ataupun komputer. Berawal dari kata “animation” yang diambil dari kata bahasa Inggris. Kata tersebut digunakan untuk menyebar luaskan kepada seluruh penjuru yang bisa digambarkan sebagai grafis yang warna-warni.

Berawal dari tahun 1917 banyak anime yang dikenal orang dan banyak juga yang diawali bahwa negara Jepang yang memproduksi anime tersebut. Pada tahun 1960 karakteristik anime mulai dalam bentuk animasi yang ditandai dengan karya Osamu Tezuka dan mulai diketahui oleh negara lain pada tahun 1980. Sama halnya dengan manga, anime juga memiliki banyak peminat yang besar di Jepang dan bahkan diakui oleh seluruh dunia. Hingga pada akhirnya anime sampai saat ini memang dikenal dari negara Jepang, banyak juga yang membuat kumpulan atau grup cosplay bagi pecinta anime dan mereka mengadakan kontes sendiri saat moment tertentu.

Kita sebagai orang yang tinggal di Indonesia jangan sampai kalah dengan negara lain. Setiap negara memilki seni budaya yang populer hingga dikenal sebagai ciri khasnya. Semoga kita semua bisa menjaga seni budaya Indonesia seperti negara Jepang yang solid dan sangat menjaga budayanya yaa! 

Nahh, kalian dari beberapa seni budaya dari Jepang yang populer diatas mana saja yang kalian tahu tentang Jepang nih? Semoga artikel ini bermanfaat yaa. Tetap semangat!!

コメント