Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #30: Futakuchi Onna

Konbanwa gengs, admin Beth lagi nih di rubrik toshi densetsu (都市伝説). Kali ini yang akan dibahas adalah tentang Futakuchi Onna (二口女) yaitu sejenis youkai seperti wanita biasa namun ternyata ia mempunyai dua mulut. Satu mulut normal di depan, dan satu lagi di belakang tengkorak wanita yang terbelah, membentuk mulut dengan gigi yang tajam.

Futakuchi Onna

Dalam mitologi rakyat Jepang, Futakuchi Onna juga termasuk ke dalam wanita yang terkena kutukan. Mulut kedua ini sering bergumam hal-hal dengki dan menuntut makanan. Jika tidak diberi makan, ia akan berteriak dan menyebabkan sakit parah.

Sebenarnya mulut normalnya tidak makan, sedangkan mulut kedua mengkonsumsi makanan 2x lipat. Dalam kisah wilayah timur Jepang, Futakuchi Onna paling sering menyamar sebagai Yama Bua, dan di wilayah barat sosoknya sering menjadi Jorougumo.

Salah satu kisah di sebuah desa kecil di Fukushima hidup seorang yang pelit. Si pelit hidup sendirian, lalu dia bertemu dengan seorang wanita yang tidak makan, dan dia segera mempersuntingnya. Si pelit ini senang karena tak harus memberi makan, dan istrinya juga seorang pekerja keras.

Namun anehnya simpanan berasnya terus berkurang, sedangkan dia tidak pernah melihat istrinya makan. Suatu hari si pelit berpura-pura pergi kerja. Sebenarnya dia tidak kerja dan mengawasi istrinya secara sembunyi.

Ketika istrinya melepaskan ikatan rambutnya, terlihat mulut kedua di belakang kepalanya. Rambutnya berubah seperti tentakel dan mulai menyendok bola nasi ke mulut kedua yang keluar dengan suara serak. Si pelit ketakutan dan segera menceraikan.

Namun istrinya mengetahui rencananya dan menjebaknya. Si pelit berhasil melarikan diri ke rawa bunga lily beraroma tinggi di mana Futakuchi Onna tidak bisa menemukannya.

Gengs pernah lihat bermulut dua ini atau malah orang bermuka dua? 🤣

SC : Yokai, Wikipedia, Yokai Fandom