Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #29: Nukekubi

Konbanwa gengs, ada admin Beth lagi nih dalam serial toshi densetsu (都市伝説) yang kali ini akan bahas saudaranya Rokurokubi yaitu Nukekubi. Nukekubi (抜け首) ini sama seperti Rokurokubi, berpenampilan sebagai wanita cantik nan anggun di siang hari, namun yang beda pada malam harinya adalah Nukekubi ini kepalanya terlepas dari leher, jadi bukan seperti Rokurokubi yang lehernya memanjang. Setelah terlepas, kepala Nukekubi terbang mencari mangsa.

Nukekubi

Nukekubi jauh lebih kejam daripada Rokurokubi, karena kepala yang terlepas ini dapat menempuh jarak yang lebih jauh daripada kepala Rokurokubi. Selain itu ia sering memiliki rasa haus darah. Ia bisa brutal menggigit manusia dan hewan sampai mati.

Seperti Rokurokubi, menjadi Nukekubi dianggap sebagai kutukan. Nukekubi sama dengan Rokurokubi yang mendapatkan kutukannya bisa dari sendiri atau keluarganya walau ia tak berdosa, dan hanya akan terdampak pada wanita.

Kebanyakan kutukan ini tidak disadari oleh pelakunya. Ada seorang wanita yang akhirnya mengetahui kalau dia Nukekubi, dia sangat malu sehingga meminta suaminya untuk menceraikannya. Ia memotong semua rambutnya, kemudian bunuh diri. Dia percaya bahwa lebih baik mati daripada menjalani sisa hidupnya sebagai monster.

Aksi kepala yang memisahkan dari tubuh dipandang sebagai jiwa yang berkeliaran, yaitu somnambulisme. Seperti dalam Sorori Monogatari (曾呂利物語 : 1663 CE), dalam bagian,  A Woman's Wild Thoughts Wandering Around (女の妄念迷ひ歩く事 / Onna no Mōnen Mayoiaruku Koto) kepala yang terpisah dari tubuh diartikan sebagai jiwa wanita yang berkeliaran saat tidur.

Dalam buku yang sama, seorang pria melihat Nukekubi dengan kepala wanita melayang. Dia mengambil pedangnya dan mengejar kepala itu. Lalu di suatu tempat, ada wanita mengatakan bahwa, "Aku bermimpi tentang mimpi yang menakutkan. Aku dikejar oleh seorang pria dengan pedang. Aku melarikan diri sepanjang perjalanan pulang ke rumah dan kemudian aku terbangun." Dia sama sekali tak sadar kalau itu bukan mimpi.

Jadi gengs pernah liat saudara jauhnya Kuyang ini?

SC: yokai, yokai fandom, wikipedia