Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #28: Rokurokubi

Konbanwa gengs, admin Beth balik lagi nih, di serial toshi densetu (都市伝説) kali ini adalah tentang Rokurokubi (轆轤首). Ia memiliki rupa seperti wanita cantik dan anggun pada umumnya, tapi kamu akan terkejut ternyata dia juga adalah setengah youkai yang bisa memanjangkan lehernya. Mungkin beberapa dari sobat BJB sudah ada yang mengetahui tentang youkai satu ini.

Rokurokubi

Terlihat hampir sepenuhnya seperti manusia pada siang hari, tapi tubuh mereka tidur sementara leher mereka meregang hingga sangat panjang dan berkeliaran dengan bebas di malam hari. Kebiasaannya menjilat minyak lampu dan menakuti orang.

Makhluk ini tercipta oleh kutukan akibat dari kejahatan atau kelakuan buruk seperti berdosa terhadap dewa, alam, tak setia dengan suami, atau bisa kutukan akibat buruk suami atau ayahnya sendiri, dan kutukan Rokurokubi hanya memengaruhi wanita, walau ia tak berdosa.

Rokurokubi muncul bahkan pada periode awal Meiji. Setelah itu muncul banyak sekali di berbagai prefektur seantero Jepang. Kisah yang paling terkenal adalah pada jaman Edo dari Provinsi Toutoumi (Prefektur Shizuoka) tentang seorang biksu yang kawin lari dengan seorang wanita bernama Oyotsu. Saat bepergian, Oyotsu menjadi sakit.

Karena menyusahkan, biksu itu membunuhnya dan mencuri uangnya. Ia tinggal di penginapan yang mempunyai putri cantik. Biksu itu menyelinap dan tidur bersama putri itu, lalu saat malam lehernya meregang dan wajahnya berubah menjadi milik Oyotsu.

Pagi harinya biksu itu menyesal dan mengakui pembunuhan Oyotsu kepada pemilik penginapan. Biksu itu juga memberitahukan putri pemilik penginapan itu seperti Rokurokubi. Pemilik penginapan itu mengaku bahwa dia juga telah membunuh istrinya demi uang.

Dia menggunakan uang itu untuk membangun penginapan, dan sebagai hukuman putrinya sendiri diubah menjadi Rokurokubi. Akhirnya biksu itu membangun kuburan untuk Oyotsu, memohon ampun, dan berdoa setiap hari.

Makhluk ini juga sejenis dengan makhluk di beberapa negara Asia seperti Hitoban dari China; Palasik, Kuyang, dan Leyak dari Indonesia; Penanggalan di Malaysia; dan Krasue di Thailand.

Jadi gengs pernah liat salah satu sosok yang disebutkan itu? Atau mau liat?.

SC: yokai, fun japan, wikipedia