Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #21: Klasifikasi Youkai

Konbanwa gengs, admin Beth balik lagi nih dalam rubrik toshi densetsu (都市伝説). Kali ini kita akan bahas tentang klasifikasi dari Youkai. Secara garis besar, Youkai dibagi menjadi 4 tipe yaitu bakemono, tsukumogami, yuurei, dan Oni. Yosh kita mulai bahas satu persatu~.

Klasifikasi Youkai

Bakemono (化け物) 

Bakemono / obake ini secara harfiah berarti "mengubah sesuatu" / hasil dari transformasi aneh, dari hal-hal yang umum dan normal menjadi hal-hal yang misterius. Banyak hewan diyakini memiliki kekuatan pergeseran bentuk, seperti ular, kura-kura, burung, dan bahkan beberapa tanaman. Ada juga dalam bentuk manusia normal, atau semacam penyimpangan mengerikan seperti hitotsume-kozou atau nopperabou. Contoh bakemono: kitsune dan tanuki.

Tsukumogami (付喪神) 

Tsukumogami adalah roh-roh yang berjiwa dari benda-benda rumah tangga sehari-hari. Karena orang Jepang percaya semakin tua umur suatu benda, maka benda itu memancarkan jiwa. Jika benda ini dibiarkan terbengkalai, tidak dirawat, maka benda ini memiliki potensi untuk menjadi makhluk dendam yang senang menyiksa manusia yang telah mengabaikan mereka. Contoh tsukumogami: kasabake dan mokumokuren.

Yuurei (幽霊) 

Yuurei adalah arwah manusia yang tidak diterima karena memiliki hal yang belum terselesaikan, dendam atau mati secara tidak baik (kecelakaan, dibunuh, bunuh diri). Sebenarnya Yuurei dibagi lagi menjadi beberapa tipe yaitu Onryou, Funayuurei, Ubume dan lain lain. Pernah nonton Corpse Party? Ada yuurei anak SD yang berkeliaran mencari lidahnya. Dia akan terus bergentayangan sampai lidahnya ditemukan. Contoh Yuurei: kuchisake onna dan yuki onna

Oni (鬼)

Oni biasanya digambarkan sebagai tokoh raksasa dengan satu atau lebih tanduk tumbuh di kepala mereka. Mereka biasanya berkulit merah mengenakan kulit harimau dan membawa tongkat besi yang disebut kanabou. Terkenal sebagai sosok yang jahat dan suka menyantap manusia. Ada istilah hyakki yagyo yaitu suatu fenomena yang dapat terjadi di mana pada satu malam ribuan oni dan youkai menyerbu dunia.

Ja~ gengs itu pertanda bahwa barang mantan jangan dibuat terbengkalai ya, nanti takut jadi tsukumogami~ eaaa.🤣

SC: wikipedia, youkainosekai, japanesestation, samuraiwiki