Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #22: Klasifikasi Yuurei

Konbanwa gengs, admin Beth balik lagi nih di rubrik toshi densetsu (都市伝説) yang akan membahas tentang klasifikasi dari Yuurei (幽霊). Jadi gengs Yuurei itu ada 7 jenis dan aku akan bahas 2 dulu kali ini yaw, soalnya kepanjangan 🤣.

Klasifikasi Yuurei

Onryou (怨霊)

Onryou adalah jenis Yuurei yang bertekad membalas dendam, dikarenakan adanya rasa ketidakadilan semasa ia hidup. Hantu-hantu ini telah dikenal sejak abad ke-8 dan memiliki kekuatan untuk menyebabkan kematian dan kehancuran di dunia. Hantu pendendam ini kembali dari api penyucian atas kesalahan yang dilakukan selama hidup. Menurut kepercayaan di Jepang, jika ada yang meninggal dengan membawa rasa dendam, cemburu, atau dengki, ia akan menjadi Onryou.

Contoh yang terkenal adalah Oiwa, dari Yotsuya Kaidan. Oiwa pernah aku post sebelumnya loh gengs, boleh dicek yaw. Ada mitos yang mengatakan bahwa siapa pun yang menceritakan ulang cerita Yotsuya Kaidan yang ini akan terkena luka serius atau meninggal. Onryou itu bisa karena seseorang yang bunuh diri, korban perang, atau dibunuh.

Mayoritas masyarakat Jepang takut akan Onryou ini. Hal itu karena kekuatan kutukan. Selain itu, kutukan hantu ini bersifat menular, contohnya kalau kalian kena kutukan lalu menyentuh saudara atau teman,  kutukannya akan menular dan menciptakan lingkaran kematian.

Goryou (御霊)

Goryou adalah kepercayaan umum pada abad pertengahan bahwa status sosial seseorang terbawa sampai mereka menjadi arwah. Masyarakat Jepang memiliki kepercayaan tentang terus menghormati orang yang sudah meninggal itu penting. Goryou bisa disebut roh terhormat dari kelas aristokrat yang telah dianiaya selama hidup mereka, menjadikan mereka hantu yang gemar membalaskan dendam mirip dengan onryou.

Tidak seperti onryou, hantu ini bukan bak istri yang tidak berdaya, melainkan bak tuan rumah yang kuat, yang kekuatannya sebagai roh diterjemahkan menjadi bencana alam dan mampu membunuh ratusan orang pada suatu waktu. Namun mengamuknya seorang goryou tidak harus berakhir dengan kematian atau siksaan untuk goryou.

Jaa gengs masih ada 5 jenis yuurei lain yang akan Beth posting next time. Matte ne~.

SC: weirdworm, wikipedia, akibanation, taiken