Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #23: Yuurei part 2

Konbanwa gengs~ balik lagi sama admin Beth di rubrik toshi densetsu (都市伝説). Kali ini lanjutan postingan kemarin yak, dan aku akan bahas 2 dulu setelah Onryou dan Goryou kemarin, yaitu Ubume dan Funayuurei.

Funayuurei

Ubume (産女)

Ubume adalah Seorang ibu yang meninggal saat melahirkan, atau meninggal dengan meninggalkan anak-anak yang masih kecil. Yuurei ini kembali untuk merawat anak-anaknya, seperti sering membawakan mereka permen atau mainan. Mereka meminta bantuan orang hidup untuk memberikan hal itu semua kepada anak-anak mereka yang masih hidup.

Roh-roh ini lebih menyedihkan dan fokus pada pencarian sang ibu untuk memastikan keselamatan anaknya setelah kematiannya sendiri. Mereka berani menyeberangi api penyucian melalui cinta dan ketakutan mereka. Secara umum ada dua jenis cerita Ubume.

Pertama, melibatkan roh yang berinteraksi langsung dengan anaknya setelah kematian, melayani sebagai semacam malaikat penjaga. Roh ubume ini menyediakan apapun yang dibutuhkan oleh anaknya, sampai ia tidak tau bahwa yang ia berikan adalah sesuatu yang mustahil.

Misal roh ubume memberikan uang kepada anak-anak mereka, karena melihat anak-anaknya kelaparan, ubume itu tidak mengira bahwa uang yang diberikan hanyalah lembaran daun saja.

Kedua, melihat roh ibu mereka yang berusaha menemukan orang asing dan menuntunnya kepada bayinya sehingga dapat dibesarkan di masyarakat oleh seseorang yang baik. Kisah-kisah ubume membawa moral yang tidak pernah berhenti dari kasih seorang ibu.

Funayuurei (船幽霊)

Funayuurei ini sejenis ayakashi. Secara harfiah "Hantu Kapal", yaitu seseorang yang mati di laut. Tugasnya adalah membalikkan kapal-kapal yang ada di lautan. Mereka mendekati kapal di laut dan mereka akan menyendok air ke dalam kapal dengan sangat efektif sehingga kapal itu akan tenggelam.

Mereka ini akan meminta korban sebanyak-banyaknya untuk menjadikan mereka teman di lautan. Mungkin bisa dibilang seperti tumbal. Hantu ini selain menjelma sebagai ular besar, kadang-kadang ditampilkan sebagai mirip ikan bersisik atau putri duyung. Jadi gengs apa pernah mengalami melihat sesuatu di lautan?.

SC: japantalk, wikipedia, taiken