Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #24: Yuurei part 3

Konbanwa gengs~ balik lagi sama admin Beth dalam rubrik toshi densetsu (都市伝説). Kali ini postingan lanjutan sisa tipe yuurei yak.

Zashiki-warashi

Zashiki-warashi (座敷童子)

Zashiki-warashi adalah hantu anak-anak yang tinggal di rumah-rumah besar yang terawat dengan baik. Jika melihat zashiki-warashi atau ia berada di rumah kalian itu dianggap membawa keberuntungan besar. Hantu ini adalah makhluk yang diceritakan sebagian besar di Prefektur Iwate. Ada juga legenda tentang bagaimana mereka akan membawa kekayaan bagi keluarga yang kediamannya dihuni oleh hantu ini.

Mereka juga dikenal dalam Tōno Monogatari dari Kunio Yanagita, Ishigami Mondo, dan cerita tentang mereka muncul di bab 17 dan 18. Tanda-tanda bahwa rumah seseorang dapat dihuni adalah dengan melakukan hal-hal jahil seperti dengan jejak jejak kaki anak-anak melalui abu dan membuat suara-suara hantu. Suara-suara ini terdengar seperti kertas diremas, suara anak-anak, atau suara musik kagura.

Zashiki warashi dianggap sebagai roh penjaga rumah, dan dewa keberuntungan. Jika ada penghuni rumah yang mengusir hantu ini akan jatuh dan hancur. Ada cerita tentang sebuah keluarga menyaksikan zashiki warashi meninggalkan rumah mereka, dan tak lama kemudian mereka semua meninggal karena keracunan makanan.

Fuyuurei (浮遊霊)

Fuyuurei atau hantu yang berkeliaran. Roh-roh ini tidak berusaha untuk memenuhi tujuan yang tepat dan berkeliaran tanpa tujuan. Pada zaman kuno, jika ada kaisar Jepang yang jatuh sakit atau terkena penyakit dianggap muncul sebagai akibat dari roh-roh ini melayang di udara atau di sekitar kerajaan.

Jibakurei (地縛霊)

Jibakurei ini mirip dengan fuyūrei dan roh ini pun sama jarangnya. Roh ini tidak berusaha memenuhi tujuan yang tepat dan sebaliknya terikat ke tempat atau situasi tertentu. Contoh terkenal tentang ini termasuk kisah Okiku yang terkenal di sumur Istana Himeji dan kisah menghantui dalam film Ju-On: The Grudge, yang arwahnya terikat pada rumah itu sendiri sebagai saksi yang menyaksikan para penghuninya dibantai dengan cara menyakitkan dan menyedihkan. Pas banget nih gengs admin Beth baru marathon film Kayako ini wkwk.

SC: wikipedia, japan-talk,  youkai