Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #25: Hanako-san

Konbanwa gengs, malam ini balik lagi dengan admin Beth di serial toshi densetsu (都市伝説) . Pada episode kali ini kita akan membahas tentang Hanako-san. Hanako-san (花子さん) adalah roh seorang gadis muda yang menghantui kamar mandi sekolah, dan dapat dikategorikan sebagai youkai.

Hanako-san

Pemanggilan Hanako-san dilakukan oleh anak-anak di sekolah sebagai ritual keberanian, atau perpeloncoan (hmm, kayak main jailangkunangan gitu ya, kalau di Indonesia). Youkai ini punya beberapa versi yaitu seorang gadis yang dibunuh oleh orang lain dengan kejam di kamar mandi sekolah; seorang gadis yang bunuh diri di kamar mandi sekolah; atau gadis yang hidup selama Perang Dunia II dan terbunuh dalam serangan udara saat sedang main petak umpet di kamar mandi.

Adapun cerita dari berbagai prefektur, seperti Fukushima, mengklaimnya sebagai seorang gadis yang jatuh dari jendela perpustakaan. Sedangkan di prefektur Yamagata, jika kamu memanggil lalu Hanako menjawab, maka kamu akan dimakan oleh kadal berkepala tiga raksasa yang meniru suaranya.

Lalu di prefektur Iwate, sebuah sekolah di kota Kurosa wajiri, dikatakan bahwa tangan putih yang besar akan muncul dari sebuah lubang di lantai kamar mandi deretan ketiga jika kalian mengatakan sanbanme no Hanako-san.

Terakhir di prefektur Kanagawa, Yokohama, di mana kamar mandi anak laki-laki di sebuah sekolah akan muncul tangan berdarah dari toilet jika kalian berjalan di sekitarnya tiga kali sambil memanggil nama Hanako-san.

Michael Dylan Foster, penulis Buku Youkai: Makhluk Misterius Cerita Rakyat Jepang, telah menyatakan bahwa Hanako-san sebagai urban legend yang terkait dengan sekolah-sekolah di seluruh Jepang. Namun di Kamome Gakuen, Hanako-san, tidak seperti versi cerita yang terkenal, adalah seorang anak laki-laki dan bukannya perempuan.

Bagi yang penasaran, cara panggilnya itu dengan mengetuk pintu bilik ketiga kamar mandi perempuan di lantai tiga sebanyak tiga kali sambil bertanya "Apakah kamu di sini, Hanako-san?", dan suara misterius akan menjawab "Aku di sini", lalu dalam bilik akan hadir sesosok gadis yang memiliki rambut bob dan mengenakan rok merah dan pakaian putih yang siap menghantuimu.

Jaa gengs pernah ada yang manggil Hanako? Atau malah manggil admin Beth? Eh.

SC by jpninfo, Wikipedia, Japanesestation