Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #20: Youkai vs Ayakashi

Konbanwa minna~ hisashiburi.. balik lagi dengan admin Beth bahas toshi densetsu (都市伝説). Kali ini tentang perbedaan youkai dan ayakashi. Youkai (妖怪) adalah hantu, setan, monster, iblis dll. Biasanya youkai ini digambarkan dengan makhluk yang usil, berbuat jahat atau membuat celaka manusia. Namun tak semua youkai berbahaya.

Youkai vs Ayakashi

Youkai ini lebih dikenal dikarenakan sering muncul di dalam cerita-cerita, legenda, mitos, dan takhayul. Youkai mulai dikelompokkan oleh seniman dan peneliti pada zaman Edo melalui ukiyo-e, lukisan dan buku cerita, dengan yang paling berpengaruh dalam pengenalan youkai ini adalah Sekien Toriyama.

Dalam wujud youkai, ada yang punya ciri-ciri binatang seperti kappa, makhluk mirip kura-kura atau tengu yang punya sayap seperti burung jadi-jadian. Namun banyak juga yang bentuknya manusia seperti kuchisake-onna. Beberapa youkai terlihat seperti benda mati, dan yang lain tidak memiliki bentuk.

Uniknya Youkai nih gengs, dia pandai menirukan sesuatu yang ada di sekelilingnya. Mungkin kalau kita bilangnya tuh siluman, dan youkai yang berubah bentuk disebut bakemono. Intinya selain bakemono, youkai dibagi menjadi 3 jenis lainnya yaitu tsukumogami, yuurei, dan oni. Untuk keterangan lebih lanjutnya mungkin akan dibahas di next post wkwk.

Sekarang ganti ke Ayakashi. Ayakashi (あやかし) ini lebih ke penampakan di perairan. Jadi kalau kalian menemukan sesuatu seperti penampakan, sekelebat bayangan, sinar, cahaya aneh di perairan itu bisa jadi Ayakashi. Bedanya Ayakashi ini dinilai lebih lemah dari Youkai. Untuk nama Ayakashi ini lebih dikenal dan dipakai di prefektur Nagasaki.

Nama lain Ayakashi adalah Funayuurei, dan nama ini lebih dikenal di prefektur Saga dan Yamaguchi. Untuk Jepang bagian barat, mereka mengenal Ayakashi sebagai roh pendendam dari mereka yang mati di laut dan berusaha menangkap banyak orang untuk bisa jadi teman mereka. Dalam Konjaku Hyakki Shuui oleh Sekien Toriyama, yang berwujud ular laut besar. Jadi gengs, temen-teman kalian lebih mirip . atau Ayakashi nih? Eh.🤣

SC: hyakumonogatari, wikipedia, & japanesestation