Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #19: Hone Onna

Konbanwa Minna, admin Beth muncul lagi setelah lama tenggelam di perasaan orang www joudan da yo, canda aja. Kali ini Beth mau bahas toshi densetsu (都市伝説) tentang Hone Onna nih. Hone Onna (骨女) yaitu wanita yang hanya berupa tulang ini berperawakan sama seperti wanita Jepang pada umumnya, memakai kimono dan berdandan cantik. Namun setelah dilihat lagi, wanita itu hanyalah sesosok tengkorak berjalan yang membusuk.

Hone Onna

Hone Onna membunuh dengan cara menipu pria dengan menjadi sosok wanita cantik, lalu menyerap kehidupan sampai kering berupa tulang belulang. Youkai ini disebutkan pertama kali dalam ensiklopedia yōkai yang berjudul Konjaku Gazu Zoku Hyakki, ditulis tahun 1779 oleh Toriyama Sekien.

Kisah yang menyebutkan kemunculan wanita tulang tersebut berjudul Botan Dōrō (牡丹燈籠; "lentera [bunga] peoni"). Di kisah tersebut menceritakan seorang wanita cantik nan kurus yang membawa lentera berbentuk bunga peoni dan mencari pria untuk diajak tidur bersamanya.

Adapun cerita tentang youkai ini muncul dari kuburan dan mengembara ke rumah mantan kekasihnya tiap malam. Banyak yang dibutakan dengan Hone Onna yang sebenernya sudah mati. Bahkan youkai ini tidak sadar bahwa dia telah mati. Setiap malam dia akan menyedot semangat hidup kekasihnya yang akhirnya akan jatuh sakit dan melemah.

Tujuannya agar kekasihnya itu juga akan meninggal dan akhirnya bisa bersatu selamanya. Tidak semua pria jadi incaran Hone Onna, karena hanya pria yang tidak dibutakan oleh cinta dan memiliki keyakinan agama yang kuat yang bisa melihat penyamaran hantu ini.

Sebuah rumah dapat dijaga dengan doa dan pesona magis agar tidak dapat dimasuki oleh hantu, tetapi tidak berlaku jika ada pria sekarat yang menginginkannya. Ketika tubuhnya semakin membusuk, daya tarik hone onna akan meningkat, akhirnya kebanyakan pria menyerah dan berujung mengorbankan hidup mereka sendiri ke hantu itu.

Hayo yang jomblo jangan pasrah-pasrah amat yak kalo ketemu Hone Onna di jalan. Wkwkwk

SC: youkai, wikipedia, & japanesestation