Grammar / Tata Bahasa ~te miru dan ~you to suru (~てみる、~ようとする) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Grammar / Tata Bahasa ~te miru dan ~you to suru (~てみる、~ようとする) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Grammar / Tata Bahasa ~te miru dan ~you to suru (~てみる、~ようとする)

Japanese grammar time! Saatnya belajar grammar bahasa Jepang. Baiklah untuk grammar hari ini kita akan mempelajari bagaimana cara mengatakan mencoba/mencicipi sesuatu dan juga mencoba/mengusahakan/berusaha keras melakukan sesuatu dengan tata bahasa ~te miru (~てみる) dan ~you to suru (~ようとする). Oke tidak usah panjang lebar lagi sebaiknya langsung saja kita bahas tata bahasa yang pertama yaitu ~te miru (~てみる) dulu ya.

Pola Tata Bahasa ~te miru (~てみる)

Tata bahasa ini digunakan di saat kamu ingin mencoba melakukan sesuatu. Mencoba di sini berarti "mencicipi" atau sekedar "ingin melakukannya" dikarenakan mungkin belum pernah melakukannya atau semacamnya. Jadi ini bukan mencoba atau berusaha keras untuk melakukan sesuatu. Adapun aturannya adalah, pertama-tama kata kerjanya diubah dulu ke bentuk-te, untuk bagaimana mengubah kata kerja bentuk-te sudah dijelaskan di pelajaran lalu (baca: kata kerja bentuk-te) setelah itu tambahkan miru (みる). Sobat bebas mengkonjugasikan pola ~te miru ini ke bentuk-masu, bentuk ajakan dan lainnya. Contoh: 食べる : taberu → 食べて : tabete → 食べてみる : tabete miru. Contoh kalimat:

私は日本の料理を食べてみたいです。
Watashi wa nihon no ryouri o tabete mitai desu.
Saya ingin mencoba makan masakan Jepang.
私は寿司を食べてみる。
Watashi wa sushi o tabete miru.
Saya mencoba makan sushi.
山登りをしてみましょう。
Yamanobori o shite mimashou.
Mari kita mencoba mendaki gunung.
韓国の料理を味わってみよう。
Kankoku no ryouri o ajiwatte miyou.
Mari kita coba cicipi masakan korea.
中国を勉強してみる。
Chuugoku o benkyou shite miru.
Mencoba belajar bahasa Mandarin.

Oke, mengerti kan? Semoga mengerti deh, next mari kita belajar grammar yang berikutnya yaitu pola ~you to suru (~ようとする).

Pola Tata Bahasa ~you to suru (~ようとする)

Grammar ini digunakan di saat kamu/seseorang yang berusaha keras melakukan sesuatu, tata bahasa ini bisa diartikan dengan "mencoba" namun berbeda maksud dari yang di atas ya, kalau yang di atas mencobanya karena sekedar ingin mencicipi atau sekedar ingin tahu rasanya (melakukan sesuatu) saja. Kalau yang ini mencoba yang maksudnya adalah dia berusaha dengan keras dengan segenap upaya untuk melakukannya. Gini deh Riizhu kasih kalimat perbedaan maksud mencobanya ya. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

彼は私を負かそうとする。
Kare wa watashi o makasou to suru.
Dia mencoba mengalahkan ku.
彼は寿司を食べてみる。
Kare wa sushi o tabete miru.
Dia mencoba makan sushi.

Nah dua kalimat di atas sama-sama berarti mencoba kan? Namun berbeda maksudnya bukan? Oke semoga paham^^.

Oke cara membuat grammar you to suru ini adalah pertama-tama sobat ubah dulu katanya ke bentuk ajakan (baca: Kalimat ajakan) lalu tambahkan to suru (とする) dan setelah itu sobat boleh mengkonjugasikan suru (する)-nya sesuai keinginan seperti halnya konjugasi kata kerja suru (する). Contoh:
私は訳者になろうとします。
Watashi wa yakusha ni narou to shimasu.
Saya mencoba/berusaha keras menjadi penerjemah.
弟は宿題をしようとするよ。
Otouto wa shukudai o shiyou to suru yo.
Adik (lk) saya mencoba mengerjakan PR-nya.
ライトはエルを殺そうとする。
Raito wa eru o korosou to suru.
Light mencoba membunuh L.
セバスティアンはシエルを守ろうとします。
Sebasutian wa shieru o mamorou to shimasu.
Sebastian mencoba melindungi Ciel.
sebastian mencoba melindungi ciel


Oke, usai sudah pelajaran kita hari ini, semoga sobat semuanya dapat mengerti tentang grammar ~te miru (~てみる) dan ~you to suru (~ようとする) ini. Semoga ilmu bahasa Jepangnya semakin bertambah^^ aamiin. jaa mata ne, sampai bersua kembali di lain kesempatan.
Baca Juga

Komentar