Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #17: Tenjou Kudari

Konbanwa minna~ hey gengs, admin Beth balik lagi untuk bahas urban legenda Jepang / toshi densetsu (都市伝説) nih. Kali ini tentang Tenjou Kudari (天井下). Tenjou Kudari adalah golongan Youkai yang berperawakan seperti wanita tua buruk rupa, bertelanjang, berambut panjang, dan mempunyai lidah yang menjulur panjang. Ia menghabiskan waktunya dengan bersembunyi dan tinggal di langit-langit rumah, lebih tepatnya di area ruangan antara langit-langit dan atap rumah.

Tenjou Kudari


Tenjou Kudari ini dikenal setelah ilustrasinya karya Sekien Toriyama diketahui, dan tak banyak orang yang mengetahui tentang youkai ini. Youkai ini hidup dengan cara merangkak, dan bergelantung di langit-langit. Ia tidak tergolong sebagai Youkai yang berbahaya, karena tugasnya dia hanya mengganggu dan menakut-nakuti manusia saja.

Biasanya ia akan merangkak keluar dari celah-celah atap, bergelantung di langit-langit saat malam hari di saat manusia telah tidur, dan diam-diam ia akan mengagetkan sekaligus menakuti manusia. Terlebih lagi jika ada manusia yang kebelet ingin ke kamar mandi pada malam hari, maka harus waspada agar tak bertemu dengan Tenjou Kudari ini.

Youkai ini pun sangat lekat kaitannya dengan mitos di Jepang yaitu di rumah-rumah apalagi yang sudah tua, area ruangan di antara langit-langit dan atap itu terdapat banyak hantu yang berkumpul, mayat perempuan, atau seseorang yang dikurung, contohnya seperti film Jepang yang terkenal yaitu Ju-On. Tenjou Kudari tampaknya merupakan penemuan Toriyama berdasarkan mitos-mitos tersebut.

Ada sebuah cerita tentang sebuah penginapan di Yamanashi. Pada malam hari, ada makhluk turun dari langit-langit dan menyambar wisatawan untuk makan. Di Yamanashi, makhluk itu disebut Tenzurushi "gantungan langit-langit" yang hampir identik dengan Tenjou Kudari. Namun tidak yakin apakah mitos ini mengilhami Toriyama Sekien atau lebih tepatnya terinspirasi oleh karyanya.

Oya gengs hati-hati ya kalau pergi ke kamar mandi malam-malam, dan ada yang manggil dari atas kalian, siapa tau itu.. mantan, eh maksudnya Tenjou Kudari 🤣 yang pasti bukan admin Beth ya.

Sc by Youkai and Matthew Meyer