Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #16: Shinigami

Konbanwa minna~ admin Beth balik lagi di serial toshi densetsu (都市伝説). Kali ini bahas tentang dewa kematian yaitu Shinigami (死神) yang berasal dari kata "shi / shini (死) yaitu kematian dan "kami (神)" yaitu Tuhan/Dewa. Pasti banyak ya yang sudah mengetahui tentang Shinigami ini, berkat anime Death Note dan Bleach, ada di anime lainnya juga.

Shinigami

Shinigami ini bisa disebut monster, dewa, makhluk kegelapan, yang berhubungan langsung dengan kematian. Dalam budaya Barat, Shinigami lebih dikenal dengan Grimm Reaper yaitu seseorang dengan jubah dan membawa tongkat dengan pedang melengkung (death schythe).

Ada keterangan tentang Shinigami di sastra klasik pada Era Edo yaitu dalam "Ehon Hyaku Monogatari dari Tenpō 12 (1841)", terdapat judul Shinigami. Digambarkan makhluk ini akan datang kepada siapapun yang memiliki tujuan jahat. Ia akan merasuki orang itu agar berhasil berbuat jahat. Contohnya saat ada orang yg berpikir untuk melakukan bunuh diri, maka Shinigami akan datang dan merasuki tubuh orang itu sampai orang itu berhasil melakukan bunuh diri.

Pada akhir Era Edo terdapat dalam essay "Shōzan Chomon Kishū" di Kaei 3 (1850) oleh Miyoshi Shōzan, menceritakan tentang seorang PSK yg kerasukan Shinigami yg membawa seorang pria melakukan bunuh diri bersamanya. Dalam era Meiji 19 pun pada (1886) dalam kabuki "Mekuranagaya Umega Kagatobi" oleh Kawatake Mokuami, menjelaskan bahwa Shinigami masuk ke dalam pikiran manusia, membuatnya untuk berpikiran buruk sampai akhirnya melakukan sesuatu yang menyebabkan kematian.

Awalnya Izanami disebut sebagai Shinigami pertama, karena dia memperkenalkan kematian kepada dunia. Demikian juga, Yama, sebagai dewa alam baka, tetapi tidak sepenuhnya jelas apakah keduanya benar-benar adalah roh maut atau bukan.

Dalam berbagai cerita yang ada, Shinigami ini berperawakan seperti tengkorak, ada yang bilang memakai jubah, ada juga yang bilang bahwa Shinigami sesosok orang besar yang di kelilingi aura gelap. Terlepas dari era Modern yang tak percaya akan hal itu, banyak orang Jepang yang menganut agama Shinto masih sangat mempercayai adanya Shinigami ini.

Jadi gengs ada yang mau punya Death Note supaya diikutin Shinigami terus kayak Light Yagami? Hihi.

Sc: yokai, Wikipedia, & mythology