Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #15: Onibaba

Konbanwa Minna. Gengs! saatnya admin Beth bahas rubrik toshi densetsu (都市伝説) nih~ Kali ini bahas Onibaba (鬼婆). Onibaba adalah sejenis Youkai yang memiliki perawakan nenek tua seperti namanya oni (鬼) : iblis dan baba (婆) : nenek tua. Wanita tua renta, memiliki penampilan acak-acakan dengan mulutnya yang lebar. Mungkin Mak Lampir versi warga +81 kali ya wkwkw.

Onibaba

Ia membawa pisau dan selalu duduk di dekat panci besar. Dikatakan pula, ia selalu menyembunyikan penampilan aslinya untuk menangkap para korban untuk dijadikan santapannya. Awalnya aku pusing, karena Onibaba ini punya banyak nama lain sesuai daerah di Jepang dan masing-masing namanya punya banyak versi cerita juga.

Namun cerita yang paling terkenal di Jepang adalah berawal dari sebuah keluarga di Kyoto yang memiliki seorang anak perempuan yang cantik. Ia tidak pernah mengeluarkan suara sejak bayi. Hingga umurnya 5 tahun, ia diperiksakan ke dokter, tapi tak ada satupun dokter yang bisa menyembuhkan. Akhirnya keluarga membawa anak itu ke dukun dan menyarankan membawa hati janin segar dari ibu hamil, jika ingin anaknya sembuh.

Orangtuanya pun menyuruh pengasuh anaknya untuk mencari obat itu. Karena ia tahu akan pergi lama, pengasuh itu memberi jimat perlindungan "omamori" kepada anaknya yang seumuran dengan anak majikannya itu. Pencariannya berlangsung sampai bertahun-tahun. Ia kelelahan, dan memutuskan untuk tinggal di gua Adachigahara untuk menunggu ibu hamil lewat. Saat hari itu tiba, ia langsung merobek perut ibu hamil itu dengan pisau dan mengambil hati janinnya.

Dia baru menyadari wanita itu memiliki jimat yang dulu pernah diberikan ke anaknya, dan ternyata itu adalah anaknya sendiri. Mengetahui hal itu, pengasuh itu menjadi gila dan berubah menjadi Youkai. Ia akan mengambil hati siapapun yg lewat di gua itu, merebusnya di panci besar, lalu memakannya. Konon sebelum jadi Youkai, ia meninggal di tempat terdekat bernama Kurozuka, dan di Adachigahara memiliki museum kecil yang mengklaim telah mempunyai panci masak dan pisau yang ia gunakan untuk membunuh para korbannya.

Apakah dari kalian ada yang mau berubah jadi onibaba supaya bisa mendapatkan hati doi? Hihi

SC: curious densetsu, jpninfo, & youkai