Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Daftar Masjid di Jepang yang Ramah Islam

Islam bukanlah agama mayoritas di Jepang, namun Jepang sebagai salah satu negara yang sangat menjunjung tinggi toleransi umat beragama turut berperan dalam pembangunan sejumlah masjid di beberapa wilayah.  

Berikut adalah daftar Masjid yang tersebar di beberapa wilayah di Jepang:

1. Asakusa Mosque

Asakusa Mosque
img source: wikipedia.org

Masjid yang memiliki nama lain yaitu Daar Al-Arqam ini, terletak di pusat kota Tokyo dan dibangun semenjak tahun 1998. Selain digunakan untuk ibadah sholat berjama’ah, juga sering digunakan untuk acara pernikahan dan mempelajari pendidikan Agama Islam.

2. Babul Islam Mosque

Babul Islam Mosque
img source: jalan2kejepang.com

Berlokasi di Oyama, Tochigi. Bentuk masjidnya sangat sederhana dan tanpa kubah, namun ramai dikunjungi oleh pemeluk agama Islam di sekitar wilayah tersebut. Aula utamanya bahkan dapat menampung sekitar 600 jama’ah.

3. Fukuoka Mosque

Fukuoka Mosque
img source: wikipedia.org

Sebuah masjid pertama di pulau Kyushu, Jepang yang memiliki nama lengkap Fukuoka Masjid Al-Nour Islamic Culture Center. Dibangun pada tahun 2009 dan dibuka untuk umum pada tahun 2012, masjid ini diprediksi dapat menampung hingga lebih dari 1.000 jama’ah. 

4. Gifu Mosque

Gifu Mosque
img source: nagoyamosque.com

Masjid pertama yang didirikan di Gifu pada tahun 2008. Masjid 2 lantai dengan gaya arsitektur Timur Tengah bercat putih ini dibantu pembangunannya oleh Masjid Nagoya. Selain sebagai tempat ibadah, juga difungsikan sebagai Pusat Budaya Muslim dan sekolah Islam.

5. Hira Mosque

Hira Mosque
img source: wikipedia.org

Terletak di Ichikawa, Chiba dan didirikan pada tahun 1997. Masjid 4 lantai ini berfungsi pula sebagai pusat kegiatan keagamaan umat muslim.

6. Baitul Ahad  / The Japan Mosque

Baitul Ahad  / The Japan Mosque
img source: mosqpedia.org

Baitul Ahad atau sering disebut juga dengan Masjid Jepang adalah Masjid Muslim Ahmadi, yang berlokasi di Tsushima, Aichi. Dibuka untuk umum pada November 2015, masjid ini termasuk berkapasitas besar yaitu untuk 500 jama’ah.

7. Kamata Mosque

Kamata Mosque
img source: masjid.timshaw9.com

Adalah masjid yang terletak di Kamata, Ota, Tokyo dan didirikan pada tahun 2001. Masjid dengan akses mudah dari Stasiun Kamata ini bertempat di sebuah bangunan dengan 3 lantai.

8. Kobe Mosque

Kobe Mosque
img source: tripadvisor.co.id

Masjid Kobe yang berada di Kobe, Hyogo ini adalah masjid pertama yang dibangun di Jepang. Walau didirikan pada Oktober 1935, bangunannya tetap kokoh dan terawat dengan baik.

9. Nagoya Mosque

Kobe Mosque
img source: nagoyamosque.com

Masjid ini berlokasi di Nakamuraku, Nagoya, Aichi. Didirikan atas sumbangan dari para umat Islam sejak tahun 1980-an, hingga akhirnya dapat dibuka untuk umum di tahun 1998. Organisasi dari masjid ini juga membantu dalam pendirian Masjid Gifu pada tahun 2008.

10. Tokyo Mosque. / Tokyo Camii

Tokyo Mosque. / Tokyo Camii
img source: masjid-finder.jp

Sebagai masjid terbesar yang terletak di ibukota Jepang, Tokyo dengan nama lain Tokyo Camii. Didirikan pada tahun 1938, masjidnya berciri khas bangunan Turki dan menjadi masjid yang paling indah serta megah di negeri Sakura.

11. Yokohama Mosque

Yokohama Mosque
img source: yokohamajapan.com

Sering disebut sebagai Masjid Jami’ Yokohama oleh warga sekitar. Masjid ini resmi dibuka untuk umum pada Desember 2006. Selain sebagai tempat ibadah, juga banyak diadakan kelas Agama Islam untuk anak-anak serta acara pertemuan dengan umat Muslim lainnya.


12. Quba Masjid

Quba Masjid
img source: halal-navi.com

Masjid Quba ini lokasinya berada di Tatebayashi, Gunma dan didirikan pada tahun 2004. Dengan kapasitas jama’ah sebanyak 250 orang, masjid ini melakukan aktivitas keagamaan lainnya seperti membaca Al-Qur’an untuk anak-anak setiap hari sabtu.

13. Abu Bakar Siddique Mosque

Abu Bakar Siddique Mosque
img source: facebook.com

Berlokasi di Mito, Ibaraki dan didirikan pada tahun 2007. Walau tidak begitu besar, masjid ini sangat indah dan terawat dengan baik.