11 Aneka Ragam Sushi Terenak dan Terpopuler yang Ada di Jepang

Siapa yang tidak tahu makanan khas Jepang satu ini? Sobat BJB pun pasti tahu dengan makanan satu ini, makanan yang paling populer di mana makanan ini terdiri dari nasi yang dibentuk dengan cara rolling dilengkapi dengan isian makanan laut, daging, sayuran mentah, hingga buah alpukat. Makanan ini di bagian luarnya biasanya dibalut dengan nori atau rumput laut khas Jepang, saat kamu mencicipinya sekali gigit kamu akan merasakan ada sensasi yang wah karena antara chewy dan crispy semua akan beradu dalam mulut.

Makanan Sushi ini sudah ada pada era 4 abad sebelum Masehi di Asia Tenggara, dulunya sushi terbuat dari ikan yang difermentasikan dalam beras dan garam. Cara ini pun akhirnya digunakan juga di Jepang hingga pada zaman Muromachi di mana ikan tersebut dimakan tanpa membuang nasinya dan berkembang terus hingga ke zaman Edo; yang mana sushi disajikan hingga seperti sekarang.

Aneka Ragam Sushi
image source: pixabay.com

Makanan khas Jepang ini adalah salah satu makanan populer tertua di Jepang dan sangat menyehatkan tubuh. Sushi pun juga memiliki banyak jenis-jenisnya dan setiap jenis sushi memiliki isian yang berbeda; mau tau kelanjutannya? Yuk, langsung saja simak di bawah ini. Let's check it out

Norimaki Sushi (海苔巻き寿司)

Norimaki Sushi (海苔巻き寿司)
img source: pixabay.com

Ini adalah jenis sushi yang sering kita jumpai di Indonesia, Norimaki sushi memiliki ciri khas dibalut dengan nori atau rumput laut dengan isian nasi dan beragam isian; mulai dari daging, ikan salmon, tuna, belut, gurita, hingga irisan mentimun. Sushi ini terbilang yang paling sederhana kemasannya namun sangat enak bila dirasakan.

Kosakata:
  • 海苔 : nori : rumput laut khas Jepang
  • 巻き : maki : gulung

Futomaki Sushi (太巻き寿司)

Futomaki Sushi (太巻き寿司)
img source: recipe.shidax.co.jp

Sama bentuknya seperti norimaki sushi yang baru saja kita bahas di atas. Yang berbeda adalah dari tingkat ketebalan yang lebih besar dari sushi pada umumnya. Dengan ini kamu bisa puas makan, karena sushi ini terbilang memiliki porsi yang cukup jumbo dalam sekali hidang. 

Kosakata:
  • 太 : futo : gemuk
  • 巻き : maki : gulung

Nigirizushi (握り寿司)

Nigirizushi (握り寿司)
img source: cookingwithdog.com

Nigiri sushi memiliki bentuk yang berbeda, dia tidak digulung seperti Norimaki sushi; dia hanya sebuah nasi yang dikepal dan diatasnya diselimuti seafood mentah atau telur di atasnya. Jenis ikan seafood yang digunakan biasanya adalah ikan salmon, tuna, cumi, belut, hingga gurita.

Kosakata:
  • 握り : nigiri : genggam

Oshizushi (押し寿司)

Oshizushi (押し寿司)
img source: recipe.rakuten.co.jp

Sushi yang satu ini sangat mirip dengan sushi Norimaki namun dia tidak berbentuk bulat lingkaran, melainkan kotak-kotak yang dipercantik dengan nori yang dibentuk persegi atau persegi panjang diatasnya. Sesuai namanya, sushi ini tidak digulung melainkan ditekan; di-press di suatu wadah atau tuangan.

Kosakata:
  • 押し : oshi : tekan, dorong

Uramaki Sushi (裏巻き寿司)

Uramaki Sushi (裏巻き寿司)
img source: cookpad.com

Ini juga menjadi favorit, sebuah sushi yang nori atau rumput lautnya tidak berada di luar sebagai pembungkus namun malah menjadi isian sushi, sedangkan bagian luarnya dibalut dengan nasi dan ditaburi dengan sedikit biji wijen. Hal ini sejalan dengan namanya, uramaki yang bisa diartikan gulung terbalik.

Kosakata:
  • 裏巻き : uramaki : gulung terbalik

Inarizushi (稲荷寿司)

Inarizushi (稲荷寿司)
img source: gnavi.co.jp

Sushi yang satu ini juga tidak kalah enaknya, mengapa? Sushi yang satu ini dibuat dengan cara nasi dikepal dengan lapisan luar tofu yang digoreng asin, gurih yang nikmat. Bener-bener oishii~ banget. Ini adalah salah satu sushi yang cocok buat kalian yang tidak suka dengan isian seafood mentah atau ikan mentah.

Kosakata:
  • 稲荷 : inari : inari adalah nama dewa pertanian di Jepang

Gunkan Sushi (軍艦寿司)

Gunkan Sushi (軍艦寿司)
img source: yamadafoods.co.jp

Gunkan adalah sebuah kata Jepang yang memiliki arti kapal perang. Tidak heran jenis sushi yang satu ini mirip dibuat seperti kapal. Sushi ini tergolong unik, bila hampir semua jenis sushi menggunakan nori sebagai pembungkus nasi. Gunkan menggunakan mentimun yang diiris sangat tipis untuk dijadikan pembungkus nasi dengan isian seafood yang lezat.

Kosakata:
  • 軍艦 : gunkan : kapal perang

Temakizushi (手巻き寿司)

Temakizushi (手巻き寿司)
img source: cookpad.com

Temakizushi salah satu sushi dengan ukuran yang paling besar, karena arti temaki sendiri memiliki arti digulung dengan tangan. Penampakan sushi yang satu ini biasanya dibentuk seperti corong atau cone dengan berbagai isian nasi dan lauk pauk didalamnya, irisan mentimun, daging dan lainnya.

Kosakata:
  • 手巻き : temaki : gulung tangan

Chirashi Sushi (ちらし寿司)

Chirashi Sushi (ちらし寿司)
img source: oceans-nadia.com

Sushi yang satu ini adalah pilihan yang tepat disaat kamu sedang kelaparan atau sangat lapar karena sushi yang satu ini bisa mengenyangkan perut kamu dalam waktu singkat. Chirashi sushi sebuah hidangan sushi yang dibuat seperti rice bowl dia tidak digulung atau dibentuk melainkan dihidangkan di sebuah mangkuk yang berisi nasi dan dilengkapi dengan aneka seafood mentah dan sayuran.

Kosakata:
  • ちらし : chirashi : bertaburan (jika ditulis dengan katakana bisa juga bermakna selebaran)

Kakinoha Sushi (柿の葉寿司)

Kakinoha Sushi (柿の葉寿司)
img source: yamatoji.nara-kankou.or.jp

Lalu yang berikutnya sushi khas dari prefektur Nara dan Wakayama, sushi yang cukup unik, sushi ini terbuat dari ikan kembung yang dibungkus daun pohon kaki alias kesemek/persimmon. Btw ini kayak makanan lepat ya bentukannya kalau di Indonesia XD.

Kosakata:
  • 柿の葉 : kaki no ha : daun kesemek

Kurisupiimaki Sushi (クリスピー巻き寿司)

Kurisupiimaki Sushi (クリスピー巻き寿司)
img source: cookpad.com

Terakhir, adalah kurisupiimaki sushi atau yang lebih dikenal dengan sushi roll crispy. Sushi yang satu ini adalah salah satu bentuk kreasi lain sushi yang disajikan matang. Cara membuatnya sama seperti sushi pada umumnya; memiliki isian nori, telur, wortel, dan timun. Lalu, sushi yang sudah jadi, dibalur pada adonan tepung roti kemudian digoreng dan disajikan dengan mayo yang lezat.


Makan sushi tidak akan lengkap dan sedap kalau tidak dengan pendampingnya; wasabi merupakan salah satu pasta berwarna hijau dengan aroma tajam dan rasa pedas yang memikat, bagi sobat BJB yang suka pedas kalian wajib menaruh sedikit wasabi pada sushi. Dengan mengoleskan sedikit wasabi pada sushi, bau amis ikan mentah hilang dan secara otomatis wasabi juga akan menetralkan racun yang berasal dari ikan mentah tersebut.

Selain wasabi, sushi juga akan sangat enak bila dimakan bersamaan dengan tsukimono atau biasa disebut acar Jepang. Acar Jepang ini sangat unik karena memiliki banyak rasa mulai dari asin, pedas dengan aroma herbal yang kuat. Salah satunya adalah garin; jenis acar Jepang paling populer yang terbuat dari jahe merah. Jangan lupa untuk mencoba sushi yang kamu sukai dengan menu makanan pendamping tadi, ya. Selamat mencoba guys.
2 komentar

Bang arti nanto, nante, nanka apa sih ?

Arti nanka nanto dan nante apa sih ?

Copyright © 2014 - 2020 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner