Perbedaan Ningyou dan Nuigurumi (人形と縫いぐるみの違い) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Perbedaan Ningyou dan Nuigurumi (人形と縫いぐるみの違い) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Perbedaan Ningyou dan Nuigurumi (人形と縫いぐるみの違い)

Keke ningyou janai... janai Keke bukan boneka.. boneka. Itu adalah judul lagunya Rahmatika Kekeyi Putri Cantikka alias Kekeyi yang beberapa waktu lalu sempat viral. Tapi ngomongin soal boneka di bahasa Jepang ada dua kata yang mempresentasikan kata boneka, yaitu 人形 (ningyou) dan 縫いぐるみ (nuigurumi). Lalu apa perbedaan kedua kata ini? Mari kita cari dan teliti bersama-sama maknanya kuy. Kita mulai dari kata oningyou dulu ya.

Arti Kata Ningyou (人形)

Menurut website dictionary.goo.ne.jp arti kata ningyou adalah (木や土やセルロイドなどで)人の姿をまねて作ったもの。比喩的に、主体性のない人。 (ki ya tsuchi ya seruroido nado de) hito no sugata o manete tsukutta mono. Hiyuteki ni, shutaisei no nai hito). Ada dua makna yang pertama artinya adalah "sesuatu yang dibuat untuk meniru bentuk manusia yang terbuat dari kayu, tanah, selluloida dll." Makna kedua bisa digunakan "sebagai kiasan orang yang tidak memiliki kemerdekaan". 

Arti Kata nuigurumi (縫うぐるみ)

Berikutnya kita cari tahu makna "nuigurumi" Makna nuigurumi berdasarkan situs dictionary.goo.ne.jp adalah 芯にする物を布で包んで縫い合わせて形作ったもの。特に、綿などを芯に人や動物などの形に布を縫い合わせて作った、おもちゃの人形。「犬の縫い包み」。 (shin ni suru mono o nuno de tsutsunde nuiawasete katachizukutta mono. Toku ni, men nado o shin ni hito ya doubutsu nado katachi ni nuno o nuiawasete tsukutta, omocha no ningyou. [inu no nuigurumi[) Artinya kira-kira begini. "sesuatu yang isiannya dibungkus dengan kain kemudian dijahit dan dibentuk menjadi suatu bentuk tertentu. Biasanya berisi kapas dan bentuknya berupa manusia atau hewan. Boneka mainan. (Contoh: inu no nuigurumi = boneka anjing)".

Nah, gimana guys, sudah mengerti kah maknanya? Sudah tahu dong apa perbedaan kedua kata ningyou dan nuigurumi ini?

Poin Perbedaan ningyou (人形) dan nuigurumi (縫いぐるみ)

Untuk ningyou (人形) selalu berbentuk manusia sedangkan nuigurumi (縫いぐるみ) itu bisa berbentuk manusia, hewan dan lain-lainnya. Hal ini sesuai dengan kanjinya, 人形 (ningyou) terbentuk dari kanji manusia dan bentuk. Begitu juga dengan kanji 縫いぐるみ (nuigurumi) terbentuk dari kanji 縫い (nui) artinya jahitan atau rajutan dan kurumu (包む) yang artinya menutupi atau membungkus. Jadi nuigurumi itu untuk penyebutan boneka yang biasanya di dalamnya diisi kapas atau semacamnya.

Sekarang mari bedakan, lihatlah gambar-gambar di bawah dan perhatikan mana yang merupakan ningyou (人形) dan mana nuigurumi (縫いぐるみ) ya.

Contoh Penggunaan ningyou (人形)

ヴァイオレットさんはお人形みたいですね
Vaioretto-san wa oningyou mitai desu ne
Violet mirip seperti boneka ya
Vaioretto-san wa oningyou mitai desu ne

Untuk manusia, jika ingin mengatakannya mirip boneka, maka menggunakan kata ningyou.


Pinokio no ningyou

Boneka Pinokio terbuat dari kayu jadi yang dipakai adalah kata ningyou, contoh: pinokio no ningyou = boneka pinokio

Action figure Rem

Action figure juga bisa dikategorikan ningyou

Boneka sailor moon
Boneka sailor moon yang ini bisa disebut ningyou. Kalau bahasa Inggris sama seperti kata dooru (doll)

Contoh Penggunaan nuigurumi (縫いぐるみ)

この犬、とっても可愛い。まるで縫いぐるみみたい
Kono inu, tottemo kawaii maru de nuigurumi mitai.
Anjing ini, lucu banget. Seolah-olah kayak boneka

Boneka Keroro
Keroro no nuigurumi : boneka keroro

Boneka Kon
Kon wa hanasu koto ga dekiru nuigurumi desu : Kon adalah boneka yang bisa berbicara

Boneka Sailormoon
Kalau boneka sailor moonnya seperti ini berarti disebutnya nuigurumi (縫いぐるみ)

Bagaimana sobat BJB? Sekarang sudah mengerti kan perbedaan konsep ningyou (人形) dan nuigurumi (縫いぐるみ)🐼. Mantappu. Berarti selesai sudah postingan kali ini. Sampai berjumpa kembali dalam kesempatan berikutnya, jangan lupa mampir lagi ya nanti. Yang belum bookmark jangan lupa dibookmark ya web bahasajepangbersama.com. See you next time.

Baca Juga

Komentar