Ulang Tahun Keenam Blog Bahasa Jepang Bersama (6年記念日) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Ulang Tahun Keenam Blog Bahasa Jepang Bersama (6年記念日) | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Ulang Tahun Keenam Blog Bahasa Jepang Bersama (6年記念日)

1 Februari 2014 adalah tanggal lahirnya blog bahasajepangbersama.com ini. Kini sudah tahun 2020 itu artinya blog ini sudah memasuki tahun keenamnya. Wah, tak terasa ternyata BJB ini sudah berumur 6 tahun ya guys. Hari ini, 1 Februari 2020 Riizhu akan membahas hal-hal apa saja yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun belakangan dalam petualanganku mempelajari bahasa Jepang dan mengelola blog ini. Tak lupa juga membahas rencana-rencana apa yang bakal kulakukan untuk satu tahun ke depannya.
Logo BJB

Hal-hal yang Terjadi di Tahun Ke-6 BJB


(Makin) Jarang Aktif di Sosmed BJB

Sayang sekali, tahun ini pun aku juga jarang update blog. Paling menulis 2 artikel sebulan, jumlah yang sangat sedikit dibandingkan tahun-tahun awal ngeblog. Memang sudah mengira sih tahun ini bakal jarang buka blog.

Daftar komentar yang perlu dimoderasi juga banyak menumpuk. Maaf banget ya, tidak bisa balas komentarnya satu satu. Moushi wake arimasen (T.T).

Berhasil Lulus N2

Lulus JLPT N2

Ini hal yang paling membahagiakan di tahun ini, yakni bisa lulus JLPT N2 dalam sekali coba. Yeaah, akhirnya gak sia-sia modal banyak dan nekat nyeberang pulau sendirian XD. Alhamdulillah ya Allah, makasih banyak.

Kemarin JLPTnya aku memilih ambil di kota Surabaya. Testo wa totemo tanoshikatta yo. Ujiannya sangat menyenangkan sekali. Soalnya di Surabaya kan testnya cuma di satu lokasi, yakni di Unesa, jadi lebih seru deh, gak nyesal deh pilih JLPT di Surabaya.

Aku juga mengucapkan terima kash banyak pada Apriyono facebook yang telah membantuku banyak selama di Surabaya. Aku sangat terbantu sekali, aku langsung disambut setelah keluar bandara Juanda, trus langsung diantarin ke tempat penginapan. Trus besoknya berangkat bareng, lusanya diajak keliling Surabaya juga, terakhir besok lusanya diantarin lagi ke bandara buat pulang. Hontou ni arigatou gozaimashita. Semoga kebaikannya dibalas oleh Allah SWT. Aamiin.

Tidak banyak pencapaian di tahun ini, karena hampir setengah tahun fokus persiapan ambil N2 untuk pertama kalinya. Sama menyiapin mental juga buat safar ke luar kalimantan untuk pertama kalinya, dan langsung nekat berlayar sendirian. Jadi butuh waktu untuk meyakinkan diri sendiri dan mempelajari beberapa hal juga.

Target yang Dilakukan untuk Tahun Ketujuh BJB


Meningkatkan Skill Dokkai dan Kaiwaryoku

Berkaca dari hasil JLPT N2-ku kemarin, meski berhasil lulus tapi nilai dokkainya sangat rendah. Cuma dapat nilai 19/60 kurang satu poin aja aku gak bakalan lulus. Jadi, ke depannya aku ingin fokus meningkatkan skill dokkai (reading) ku. Selain dokkai aku juga merasa sangat lemah kaiwaryoku-nya (skill berbicara).

Sebenarnya bukan cuma pakai bahasa Jepang, bahkan ngomong dengan bahasa Indonesia aja aku merasa masih kurang baik komunikasinya😣. Gak sejago kebanyakan orang kalau ngobrol dengan orang lain. Untuk meningkatkan skill dokkai aku akan baca-baca berita harian bahasa Jepang. Kadang di web NHK News dan web koran Jepang lainnya.

Selain untuk dokkai, kadang aku menulis textnya juga biar sekalian melatih kemampuan menulis. Soalnya kadang aku masih lupa cara penulisan kanjinya kalau tidak melihatnya langsung XD. Semoga nanti bahasa Jepangku bisa membaik ya.

Menata dan Memperbarui blog BJB

Masih sama seperti target tahun-tahun sebelumnya. Kali ini juga ingin lebih sering update blog BJB lagi🤣. Semoga gak kayak tahun-tahun sebelumnya yang target ini selalu gak tercapai.

Gak perlu muluk-muluk sih, setidaknya bisa posting 3-4 postingan dalam sebulan sudah cukup. InsyaAllah kali ini bisa terwujud.

Mulai Bikin Konten Youtube

Ada keinginan untuk bikin konten youtube? Kalau keinginan sih pasti ada, tapi setelah mikir-mikir dan kayaknya cukup repot, tempat, alat dan waktu luangnya juga agak susah sih. Jadi, hingga beberapa tahun keinginan tersebut belum ingin kurealisasikan.

Tapi kalau kucoba realisasikan sepertinya kalau berhasil itu akan membuat perkembangan yang signifikan untuk proses belajarku. Aku yakin kalau aku bisa bikin konten youtube yang bermutu itu akan meningkatkan kemampuan kaiwaryoku-ku. Selain itu, secara tak langsung akan melatih kemampuan publik speaking juga kan.

Jadi, dalam beberapa bulan ini aku menyisihkan uang, ditabung untuk membeli peralatan sederhana bikin youtube. Rencanaku mulai bikin video di bulan Mei / Juni tahun ini, sehabis lebaran tahun ini lah. Doain ya semoga bisa.

Kuncinya sih tinggal keberanianku aja buat berbicara di depan kamera dan menjelaskan materi-materi bahasa Jepang secara verbal. Yosh, harus semangat dan harus lebih berani lagi. Ini juga demi melatih skill bicaraku, baik bicara bahasa Indonesia dan juga Jepang. Kalau di blog ini aku memulai dari nol, dari kemampuan bahasa Jepangku yang sangat pemula. Kalau youtube aku bisa memulainya dari level menengah, jadi harus bisa💪 Yuuki o dashite, Riizhu-kun, ganba!!. Bismillah.

コメント