Arti Istilah Tsundere dan Contoh Karakternya | Belajar Bahasa Jepang Bersama Arti Istilah Tsundere dan Contoh Karakternya | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Arti Istilah Tsundere dan Contoh Karakternya

Mina-san, hisashiburi desu ne, sudah berapa lama Riizhu tidak update postingan terbaru di blog ini^^, tapi hari ini Riizhu akan sempat-sempatkan untuk mengisi postingan tentang anime, hari ini kita akan mengenal arti dan sosok-sosok karakter yang bersifat tsundere.

Apa sih arti tsundere itu, mungkin sebagian dari pembaca masih belum mengetahui apa itu tsundere, dan saya yakin juga sebagian dari pembaca yang sudah menjadi anime lovers tingkat akut sudah tak asing lagi dengan istilah beginian^^, iya nggak? Tapi biar semua pada tahu Di sini Riizhu akan share arti dan contoh karakter tsundere.

Apa arti tsundere?

Pertama-tama kita ketahui terlebih dahulu arti katanya, menurut wikipedia kata tsundere diambil dari gabungan kata tsun-tsun dan dere-deretsun-tsun berarti membuang muka atau jijik, dan dere-dere berarti kasih sayang atau sedang jatuh cinta. Jadi kalau digabungkan menjadi "karakter yang memiliki sifat kasar dan sok gak menyukai orang yang sebenarnya dia sukai".

Biasanya karakter tsundere bersikap seolah dia cuek atau membenci orang yang sebenarnya dia sukai agar perasaannya tidak bisa dibaca orang lain, atau bisa juga dia sendiri tidak yakin beneran jatuh cinta, jadi biasanya sering menyangkal bahkan ke dirinya sendiri, biasanya karakter yang bertindak sebagai pendamping karakter utama memiliki sifat tsundere ini.

tsun tsun dere dere

Macam-macam Tipe Tsundere


Menurut wikipedia lagi nih, sifat tsundere banyak dimunculkan dalam berbagai macam bentuk karakteristik dan manifestasi khususnya pada serial anime dan televisi.

Tsundere Natural (sifat bawaan)

Sifat tsundere yang paling umum dan paling banyak dijumpai. Sifat tsun-tsun pada mulanya muncul dari perasaan cemas karakter yang bersangkutan, atau sebagai reaksi spontan untuk lari dari perasaan gugup. Perasaan ini muncul dengan spontan, bahkan dalam beberapa kasus karakter yang bersangkutan tidak menyadari perbuatannya sendiri.

Ada berbagai macam tekanan yang dapat mengakibatkan kondisi mental gugup, bergantung pada sensitivitas perasaan karakter. Tipe tsundere yang satu ini sebetulnya relatif lebih mudah ditangani daripada tipe tsundere yang lain.

Tsundere Narsisme

Sifat tsundere ini muncul sebagai akibat dari sifat narsis dari karakter yang bersangkutan. Perilaku tsun-tsun dan dere-dere darinya memang murni disebabkan sifatnya yang berpusat pada diri sendiri. Karakter seperti in paling sulit menerima koreksi dan opini.

Tsundere Ojou

Sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter yang menerapkan gaya hidup superior. Karakter seperti ini melibatkan sifat gengsi yang memicu perilaku tsun-tsun.

Pada kasus ini karakter yang bersangkutan akan menempatkan dirinya sebagai orang yang lebih sulit dijangkau meskipun sesungguhnya ia ingin didekati. Seringkali apa yang diutarakan atau diekspresikan berbeda dengan apa yang sebenarnya ada dalam perasaannya. Sekali titik kelemahannya ditemukan, maka karakter tersebut tidak lagi mempunyai alasan ataupun kekuatan untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya. Ia dengan segera akan menunjukkan sifat dere-dere .

Deviant tsundere

Jenis tsundere yang paling berbahaya dari semuanya. Fase tsun-tsun harus dilewatinya dalam keadaan berbeda dari norma yang biasa sehingga kemungkinan besar akan mengancam kehidupan karakter lain. Keadaan deviant tsundere ini biasanya terjadi di kalangan karakter jahat atau pada karakter-karakter yang lebih menyukai darah daripada perasaan.

Tsundere pragmatis

Klasifikasi terbaru tsundere. Karakter ini cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu secara serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius, pada suatu waktu ia nantinya berubah menjadi bersikap lembut, sama dengan aura moe tsundere lainnya, sehingga karakter ini secara resmi diklasifikasikan sebagai tsundere.

Extrovert tsundere

Tsundere yang muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, ekspresif atau dengan kata lain ekstrover. Jenis ini merupakan manifestasi tsundere yang paling kekanakan dibandingkan tsundere lainnya. Pada tipe tsundere ini, karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang jahil atau mengganggu karakter lain, dan inilah fase tsun-tsun .

Introvert tsundere

Kebalikan dari extrovert tsundere , dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvernya sendiri. Dalam kata lain, karakter ini pada dasarnya memang tertutup. Reaksi tsun-tsun kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal; tipe ini untuk selanjutnya disebut "dandere".

Contoh Karakter yang Termasuk Tsundere

Hmm, siapa ya, biasanya karakter tsundere ini banyak terdapat pada anime genre romance, tapi bukan berarti digenre selain romance tidak ada, contohnya mungkin si Tousaka Rin dari serial anime Fate/Stay Night: Unlimited Blade Work, dia termasuk tipe tsundere Ojou, lihat saja bagaimana sifatnya pada Shirou, suka ngebentak, galak, suka semaunya dan padahal di dalamnya dia menyukai Shirou. Ada juga Noelle Silva yang sebenarnya suka dan peduli dengan Asta tapi dia selalu bersifat seolah gak peduli.

Karakter lain yang juga termasuk tsundere adalah Aisaka Taiga dari Toradora, Tachibana Kanade dari Angel Beats!, Nao Tomori dari Charlotte, Mine dari Akame ga Kill dan pastinya masih banyak lagi contoh-contoh lainnya, mungkin sobat bisa menambahkan karakter-karakter bersifat tsundere lainnya? Tambahkannya lewat kolom komentar jika ada, atau mungkin sobat BJB sudah punya chara tsundere favorit nih? Kasih tau dong hehe^^.

Tousaka Rin (Fate/Stay Night)
Tousaka Rin

Aisaka Taiga (Tora dora)
Aisaka Taiga

Mine (Akame ga Kill)
Mine

Nao Tomori (Charlotte)
Nao Tomori

Noelle Silva (Black Clover)
Noelle Silva

Mak Eros (Dunia Terbalik)
Mak Eros

Haha, lupakan gambar terakhir ya XD, kalau mak Eros mah kayaknya dewanya Tsundere haha, NEHI KEMI NEHI!.



Jadi arti dari istilah tsundere adalah karakter yang berusaha untuk menyangkal dirinya sendiri ketika jatuh cinta pada seseorang. Nah, sekarang sudah paham arti istilah tsundere kan?^^, tapi masih ada lagi beberapa dere-dere lainnya lho, seperti kuudere, yandere dan lainnya. Insya Allah artikel yang membahas dere-dere lainnya akan menyusul pada postingan berikutnya, matte ne^^)/. Jaa, mata aimashou.

コメント