Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Begini Cara Orang Jepang Menyambut Datangnya Musim Semi

Konbanwa mina-san.... ๐Ÿ™Œ๐Ÿ™Œ๐Ÿ™Œ Malam Minggu gini enaknya minum susu coklat sambil nonton anime yah hehe.... Tapi tenang saja Yukito tidak akan membahas tentang susu coklat ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Oia, sobat BJB tahu nggak saat ini sedang musim apa di Jepang? Yups, sedang musim semi. Musim paling cantik, ketika serbuk bunga betebaran di mana-mana ๐Ÿ˜†

Nah kemarin Yukito dapat kiriman foto musim semi dari teman Nihonjin. Sangat indah... jadi gak sabar pengen cepat-cepat ke sana ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Dan katanya ada satu hal yang sangat dinantikan pada saat musim semi. Setelah kutanya, dia langsung mngirimkan kanji ini ๐Ÿ‘‰ ๆกœ (sakura)๐ŸŒธ Ternyata di Jepang ada perayaannya juga. Langsung disimak aja yah.

๐Ÿ˜Š

Anime Musim Semi
anime: gintama

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Apa sobat BJB tahu bunga yang terkenal di Jepang? Yups, bunga Sakura. Inilah bunga khas yang menjadi ikon negeri matahari terbit, Jepang. Yang istimewa dari bunga sakura adalah waktu mekarnya. Bunga ini hanya berkembang selama 1 sampai 2 minggu selama setahun. Bunga Sakura biasanya mekar diawal musim semi, namun waktu mekar bunga ini bervariasi.

Berdasarkan situs appetitejourney, disebutkan bahwa di wilayah Kanto yang meliputi Tokyo, Chiba dan sekitarnya, bunga Sakura mekar pada akhir Maret sampai awal April.

Sedangkan di daerah Kyushuu (Jepang bagian selatan) bunga sakura mekar sekitar pertengahan Maret. Sedangkan di Hokkaido (Jepang bagian utara) masyarakat baru bisa menikmati indahnya bunga ini pada April akhir sampai awal Mei. bunga Sakura berbeda-beda tergantung spesiesnya.

Yah ternyata sakura tidaklah selalu berwana pink lho, ada warna lainnya juga. Tapi Yukito tetap milih warna pink sih (karna emang suka warna pink) ๐Ÿ˜ Walapun berbeda-beda tetapi tetap sakura kan yah ๐Ÿ˜‹ Dan mekarnya bunga Sakura ini menjadi tanda hadirnya musim semi.

Nah sobat BJB, hadirnya musim semi merupakan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Jepang setelah menjalani kehidupan yang berat dalam musim dingin. Untuk itu, masyarakat Jepang punya cara tersendiri untuk merayakan datangnya musim semi, yaitu dengan mengadakan acara Hanami! Festival Hanami di Jepang ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š

Yups, ada kebiasaan orang Jepang yang piknik atau melihat sakura bermekaran yang disebut Hanami (่Šฑ่ฆ‹, melihat bunga) atau ohanami.

Hanami berasal dari hana wo miru yang berarti melihat bunga. Inilah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Selain itu, hanami juga bisa diartikan sebagai piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura.

Nah, pada saat perayaan hanami, rombongan demi rombongan berpiknik menggelar tikar dan duduk-duduk di bawah pepohonan sakura untuk bergembira bersama, minum sake, dan makan makanan khas Jepang. Tak ubahnya seperti pesta kebun. Ada kelompok keluarga, kelompok perusahaan, organisasi, sekolah, dan sebagainya.

Pada saat perayaan hanami, semua orang berkumpul di bawah rindangnya pohon sakura untuk makan dan minum bersama sambil bernyanyi dan menari sepanjang malam. Umumnya mereka membawa makanan yang dipersiapkan sendiri dari rumah (bento). Namun ada juga yang membeli dari penjual makanan di tempat acara hanami berlangsung.

Oleh karena itu di kebun, para pengunjung banyak menggelar tikar di sepanjang jalan di bawah pohon sakura. Di sana mereka makan dan minum bersama. Tak jarang sampah yang dihasilkan sangat banyak dan menggunung.

Adanya tradisi ini memang cukup menarik perhatian. Di negara maju seperti Jepang, terdapat perayaan untuk menyambut mekarnya bunga sakura. Memang, bisa jadi bukan bunga sakura itu sendiri yang menjadi poin penekanan perayaan ini, melainkan datangnya musim semi yang hangat dan bersahabat untuk melaksanakan segala aktivitas. Hanya saja, musim semi di Jepang memang identik dengan muncul dan mekarnya bunga sakura. Nah, suasana seperti ini yang kelihatannya tidak terlihat menonjol di daerah tropis Indonesia.

Perayaan semacam ini mungkin tidak bisa kita jumpai di negara-negara lain, yang menakjubkan adalah masyarakat Jepang tetap melestarikan budaya hanami, meskipun di era modern ini banyak pilihan tempat untuk bersantai bersama keluarga, misalnya dengan pergi ke tempat karaoke, taman bermain, dsbg.

Pada saat-saat mekarnya bunga sakura, masyarakat Jepang tetap memilih berkumpul dan bersantai bersama keluarga di bawah pohon sakura sambil menikmati keindahan bunga sakura. Kemajuan teknologi tidak lantas menggeser tradisi sederhana ini. Mereka lebih memilih untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat dibandingkan kongkow-kongkow di tempat karaoke.

Konon, bunga sakura hanya mekar 1 kali dalam setahun dan hanya berlangsung kira-kira 10 hari saja, maka tradisi ini merupakan tradisi yang ditunggu oleh masyarakat Jepang.

๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†

Anime Hanami
anime: bungou stray dogs

Sumber:
  • http://hendra-share.blogspot.co.id/2013/09/kebiasaan-orang-jepang-saat-musim-semi.html
  • http://www.cheria-travel.com/2013/01/Hanami-Tradisi-Jepang-Sambut-Mekarnya-Bunga-Sakura.html

Waaah,,,, sepertinya menyenangkan yah sobat BJB ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Suatu saat Yukito juga pengen ngajak keluarga Yukito piknik di bawah pohon sakura sambil menikmati wangi bunga sakura yang bermekaran.... Aamiin.... ๐ŸŒธ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Hm... kira-kira pohon sakura bisa hidup dengan iklim tropis di Indonesia nggak yah? Kalau bisa, Yukito bakal ngambil bibit bunga sakura saat ke Jepang trus tanam di belakang rumah, biar pikniknya gak usah jauh-jauh ke Jepang, ke belakang rumah aja wkwkwkw..... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ (Abaikan khayalan konyol Yukito ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚)

Hehehe.... okd, sampai sini dulu yah sobat BJB. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Baibai~ ๐Ÿ‘‹