Bermain Game PUBG bersama Orang Jepang dan Praktik Bahasa Jepang

Di tahun 2018 hingga 2019 game-game moba mulai tersisih, kini mulai eranya game battle royal guys dengan genre FPS. Salah satu yang paling fenomenal adalah PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS atau disingkat PUBG, game yang bukan cuma viral karena lagi banyak digandrungi tapi sampai menimbulkan kontroversi di beberapa negara termasuk di Indonesia. Bahkan sempat beredar isu kalau game PUBG juga akan diblokir oleh kominfo. Wah, jangan sampai deh, karena masih ada hal positif yang bisa dilakukan dari main game PUBG ini. Salah satunya yakni bisa dimanfaatkan buat praktik bahasa Jepang. Beneran bisa? Bisa dong, kalau pelajar otodidak itu apapun mesti bisa dimanfaatin, iya nggak. Caranya? Ikuti saja langkah-langkahnya di postingan ini.

PLAYERUNKNONW'S BATTLEGROUNDS

Setting Matchmaking Berbahasa Jepang

PUBG Jepang

Untuk dapat mempraktikkan bahasa Jepang berarti kita harus mencari orang Jepang. Agar bisa satu skuad dengan orang Jepang (atau yang ngerti bahasa Jepang) maka kita harus mengubah bahasa matchmaking-nya ke dalam bahasa Jepang. Bahasa matchmaking berbeda dengan bahasa dalam game ya. Bahasa matchmaking bisa kita set di menu setting > bahasa > lalu klik matchmaking, dan ubahlah bahasa pertama ke dalam 日本語 (nihongo) yakni bahasa Jepang. Untuk bahasa keduanya sebaiknya jangan diisi guys, dikosongin aja, biarin empty. Soalnya kalau diisi dengan bahasa Indonesia atau English maka akan semakin sulit menemukan orang Jepangnya.

Centang Match by Language

PUBG Matchmaking bahasa Jepang

Kemudian saat mau bermain di random skuad, kamu harus mencentang kolom match by language-nya biar kita dipasangin sama skuad yang voice chat-nya menggunakan bahasa Jepang. Kolom match by language-nya bisa dilihat pada gambar berikut ini. Setelah dicentang, maka kalian tinggal mainkan aja matchnya. Kemungkinan 80% bakalan mendapat skuad berbendera dan bahasa Jepang. Tapi, masih belum tentu mereka main sambil aktifin microphonenya. Jadi, mesti sabar mencari yang benar-benar bisa diajak praktik ngobrol XD.

Join di Room Skuad

PUBG join room skuad

Selain dari random, kalian juga bisa masuk ke room skuad yang memang memerlukan anggota dengan persyaratan tertentu atau apapun. Caranya buka kolom chat lalu pilih kolom yang lambangnya bendera, di bawah kolom chat. Kemudian, tinggal pilih mau masuk ke skuadnya siapa. Kalau aku sih lebih banyak main di random aja.

Berdasarkan pengalamanku bermain satu season sekitar 80% lah bakal bertemu dengan skuad orang Jepang. Tapi hanya sedikit yang aktifin voice chatnya dan hanya segelintir yang bisa diajak ngobrol-ngobrol sampai ke hal di luar game XD. Owh iya, perlu diingat, pastikan mencari nihonjinnya di server Asia atau server KRJP. Kalau main di server Amerika atau Eropa mana ketemu :D.

Tips saat praktik bahasa Jepang di game PUBG

  • Gunakan bahasa yang sopan. Orang Jepang jarang banget gunain bahasa-bahasa kasar seperti yang digunakan di anime apalagi bahasa kebun binatang yang sering dilontarin gamer-gamer Indo kebanyakan. Jadi, sebaiknya kita juga menggunakan bahasa yang sopan ke mereka juga.
  • Pancing dengan salam pembuka. Biasanya orang Jepang pakai よろしくおねがいします (yoroshiku onegaishimasu). Atau cukup よろしくです (yoroshiku desu) aja saat pesawat mau berangkat. Pastikan pakai voice chat ya jangan message aja :D. Terus saat awal-awal game dan gak ada yang aktifin microphone coba deh buat ngoceh sendiri dulu, bicara sendiri dulu bahas apa aja, bahkan hal-hal yang sekedar biasa aja (tapi pastikan masih tetap pada konteks gamenya) seperti AKM 発見 (hakken), ヘルメットレベル2 見つけた (mitsuketa) dan sebagainya.
  • Perbanyak menghafal kosakata tentang PUBG biar tidak bingung saat ngobrol.
  • Pastikan berbagi item ke teman squad. Orang Jepang banyak yang mabar bareng temannya. Orang Jepang juga baik-baik, aku sering dikasih item, dia lihat aku pegang sniper aku dikasih scope, lihat HPku gak full dikasih boost, padahal gak minta lho. FYI, banyak juga orang Jepang yang tidak suka bermain dengan orang asing, kalau ada pemain berbendera negara lain, ada yang meninggalkan game sebelum pesawat berangkat. Jadi, resiko ditinggalin juga tinggi kalau kita memakai bendera negara lain :D. Kalau Riizhu sih pakai bendera bukan negara (Erangel) biar aman.

PUBG Riizhu

Untuk tips ketiga, sobat BJB bisa lihat daftar kosakata bahasa Jepang game PUBG di postingan "Daftar Kosakata Bermanfaat dalam Game PUBG Mobile". Btw, kalau ketemu akun "Riizhu" itu berarti aku ya, atau ada yang mau mabar bareng berburu nihongjin, kuy XD. Tapi sekarang dah jarang mainin, dah bosan. Cukup satu season aja yang sering main, pas update season baru dah malas ngulang XD. Selamat praktik bahasa Jepang, semoga sering ketemu orang Jepang. Btw, cewek Jepang juga sering main PUBG lho, semoga beruntung XD.
Bermain Game PUBG bersama Orang Jepang dan Praktik Bahasa Jepang

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2018 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner