Event D'JaFU 7th (Kouun na matsuri)

Hai sobat BJB, kibun wa dou? Semoga semuanya sehat-sehat yaa, kali ini Ichinose dari admin BJB divisi Square Line ingin mempromosikan salah satu festival budaya Jepang yang diselenggarakan di Bali. Bagi sobat BJB distrik Bali pasti sudah bisa menebak-nebak nih, festival yang dimaksud Ichinose itu apa? Yep, apalagi kalau bukan D’JaFU 7th. Nah sebelumnya apasih D’JaFU itu? Nah, D’JaFU adalah singkatan dari The Japan Festival Udayana atau festival kebudayaan Jepang atau yang serig kita dengar dengan nama Bunkasai (文化祭…ぶんかさい).


Nah, bunkasai ini diadakan setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Udayana. D’JaFU sendiri sudah dilaksanakan sebanyak enam kali dan kali ini adalah perayaannya yang ketujuh. Nah, seperti festival-festival lainnya, D’JaFU juga mengusung tema yang berbeda setiap tahunya. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah :

D'JaFu

D'JaFu 2

D'JaFu 3

D'JaFu 4

Kouun na Matsuri (幸運な祭り...こううんなまつり)

幸...こう...keberuntungan, kebahagiaan
運...うん...luck, fortune
祭り...まつり...festival
(Create the moment, find your luck)

Nah, bukanhanya festival saja lho, tetapibagianD’JaFU juga terdiridarilomba-lomba akademik maupun lomba non-akademik. Nah, lomba-lomba apa saja sih yang diadakan? Jaa, mimashou!

1.      Kana Contest
Seperti namanya, kana contest berati kontes atau lomba hiragana dan katakana. Nah, bagi sobat BJB distrik Bali yang ingin tahu seberapa besar kemampuan kalian dalam baca-tulis hiragana dan katakana, lomba ini nih yang mesti kalian coba! Btw, slotnya terbatas lho, bagi teman-teman yang tertarik bisa segera mendaftarkan dirinya segera~ eh, iya. Lomba ini diperuntukkan untuk SMA/K Sederajatya…
Kana Contest

2.      Anisong Band Contest
Weh, ini nih lomba yang ngga tahan untuk nyanyi lagu-lagu OST anime XD. Terutama buat sobat BJB yang memiliki band dan pingin eksis, di sini nih tempatnya! Btw untuk pemenangnya bisa langsung tampil di festival hari kedua lhoo!! (kalian akan tampil bersama bintang tamu yang ngga akan kalian sangka-sangka lhoo!) saa, yang mau ikut silahkan segera mendaftaryaa, buruan!! Ah, kalau lomba ini diperuntukkan untuk umum, kok~ yang sudah bukan atau yang belum jadi anak SMA boleh join kok!! Kuy, daftarkan bandmu!
Anisong Contest

3.      Story Telling
Nah, ini adalah lomba mendongen Bahasa Jepang. Bagi sobat BJB yang masih SMA/K Sederajat yang ingin sekali mengetahui seberapa bagus penguasaan speaking dalam Bahasa Jepang, lomba ini sangat rekomen lho!
Story telling

4.      Mading
Bagi sobat BJB yang gemar menulis artikel, ada lomba mading juga lhoo!! Bagi yang belum tahu, mading adalah singkatan dari Majalah Dinding. Nah, ini adalah lomba grup, lho, bukan individu ~ kuy, segera daftarkan tim SMA/K kalian!
Mading Contest

5.      Fan Art
Bagi Sobat BJB yang gemar menggambar chara anime, ada juga nih lomba fan art! Nah, bagi yang suka menggambar, jangan ragu untuk ikut! Lumayan lho, jarang banget’kan ada lomba yang seperti ini?? Kuy kuy segera daftar! Lomba ini terbuka untuk umum, jadi siapapun bisa join.
Fanart Contest

6.      Cosplay
Nah, ini nih yang pasti ada dan menjadi sorotan di setiap event jejepangan ~nah, bagi sobat BJB yang ngaku sebagai cosplayer, kuy daftar~ banyak banget yang menanti penampilan kalian! Terbuka untuk umum, kok!
Cosplay Competition


Nah, sudah tahu’kan lomba-lombanya?? Btw D’JaFU diadakan selama dua hari dengan rincian hari pertama adalah hari yang dikhususkan untuk perlombaan dan hari kedua adalah festival budaya. Berikut detailnya :


  • H1 : 17 November 2018, diadakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana Jl. Pulau Nias, 13. (Untuk H1 hanya teman-teman peserta lomba saja yaa, yang bisa masuk. Selebihnya tidak)
  • H2 : 18 November 2018, diadakan di Taman Gong Perdamaian Desa Budaya Kertalangu Jl. By Pass Ngurah Rai, 88x, kesiman.


Nah, untuk pendaftaran lomba, bagi teman teman yang masih ragu untuk mendaftar atau tidak, segeralah putuskan! Penutupan pendaftaran adalah tanggal 29 September lho, kuy segera bulatkan tekad dan mendaftar. Ingat, kesempatan tidak datang dua kali! Bagi yang belum membeli tiket kuy, segera memesan tiket~ masa preorder hanya sampai awal bulan Oktober lho!! Dan sebagai catatan, lebih baik sobat BJB yang ingin pergi ke Bunkasai ini segera cepat-cepat membeli tiketnya yaa, sebab acara ini sangat besar lho!! Bahkan melebihi ekspektasi sobat BJB.

Hm, hm. Hampir saja lupa XD, festival ini kita tidak hanya bertemu dengan cosplayer-cosplayer saja lho, ada juga stand-stand yang menjual makanan khas Jepang dan berbagai pernak-pernik mulai dari poster, action figure, gantungan kunci dan masih banyak lagi. Pokoknya lengkap banget deh! Untuk malam puncak ada hanabi lhoo~ selain itu, setiap tahunnya guest star yang dihadirkan sangat special dan tidak bisa diduga-duga!!Jadi, tunggu apalagi? Kuy buruan daftar dan beli tiketnya!!

Mata ne~ sampaijumpa di D’JaFU 7th nanti!!
Event D'JaFU 7th (Kouun na matsuri)
1 komentar:

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2018 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner