Arti dan Penggunaan Kata moshi (もし) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Arti dan Penggunaan Kata moshi (もし) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Arti dan Penggunaan Kata moshi (もし)

Doumo(^_^)/ Riizhu desu, hallo sobat semua, salam kenal saya Riizhu, hari ini saya akan berbagi tentang arti dan penggunaan kata moshi (もし) karena mungkin masih ada beberapa dari sobat kita yang belum mengetahui arti dan penggunaannya secara tepat. Berhubung masih awal-awal puasa jadi kita pelajari yang dasar-dasar saja dulu^^ biar gak bikin lapar dan pusing.

Arti kata moshi adalah "jika" ya, jadi beda dengan kata moshi-moshi yang memiliki arti "halo" yang diucapkan saat menelepon atau menerima telepon. Namun kata moshi ini tidak bisa asal sembarang digunakan, melainkan kata kerja/kata sifatnya harus dikonjugasikan juga ke bentuk pengandaian. Terserah bentuk pengandaiannya mau yang ~tara, ~ba/nara, ~(da) to.

Silakan pelajari dulu bagi yang belum mengerti konjugasi bentuk pengandaian: Berbagai Macam Bentuk Pengandaian dalam Bahasa Jepang. Sebenarnya tidak perlu menambahkan kata moshi (もし) pun artinya juga sudah mengandung "jika" tetapi jika menambahkan kata moshi (もし) maka makna pengandaiannya menjadi semakin kuat. Contoh kalimat:

もし日本語ができれば日本人と話したい。
Moshi nihongo ga dekireba nihonjin to hanashitai.
Jika saya bisa bahasa Jepang saya ingin berbicara dengan orang Jepang.
もし日本に行ったら日本語を勉強します。
Moshi nihon ni ittara nihongo o benkyou shimasu.
Jika aku telah pergi ke Jepang aku akan belajar Bahasa Jepang.
もし雨が降らないと寒くならない。
Moshi ame ga furu to samuku naranai.
Jika hujan tidak turun (cuacanya) tidak akan menjadi dingin.
Yups, seperti itulah kira-kira penggunaan kata moshi (もし), jadi meskipun menggunakan kata moshi kita harus tetap menggunakan bentuk pengandaian. Jadi kita tidak bisa mengatakan moshi katsu, tapi harus diubah ke bentuk pengandaian jadi moshi kattara. Ok itu saja postingan yang bisa saya bagikan hari ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Baca Juga

Komentar