Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #35: Kyoukotsu

Konbanwa gengs, balik lagi sama Admin Beth nih dalam serial toshi densetsu (都市伝説) episode ke-35. Kali ini aku mau bahas salah satu youkai yaitu Kyoukotsu (狂骨) yang merupakan hantu tengkorak yang keluar dari sumur untuk menakut-nakuti banyak orang. Hantu ini terbungkus kain putih seperti kain kafan yang compang-camping.

Kyoukotsu

Ia memiliki rambut panjang yang kusut dan warna tengkorak yang putih bersih. Youkai ini terbentuk dari tulang yang dibuang ke sumur, seperti tulang yang berasal dari pembunuhan, korban bunuh diri, atau orang yang jatuh ke dalam sumur dan meninggal.

Dalam cerita rakyat Jepang, air adalah saluran ke alam orang mati, dan dasar sumur bisa terhubung langsung dengan alam itu. Sumur juga sebagai media yang berfungsi sebagai saluran tempat persembunyian untuk pembunuhan dan mayat yang dibuang seperti itu mampu menimbulkan kutukan yang kuat.

Mereka yang meninggal karena hal-hal tersebut akan berubah menjadi Shiryou (死霊) atau roh gentayangan, karena penguburan yang tak layak. Kekuatannya terhubung ke sumur itu sendiri, dan kemungkinan besar akan jatuh pada siapa saja yang menggunakan sumur itu, entah itu yang membunuhnya atau bahkan yang tak bersalah sekalipun, pasti akan terkena kutukannya atau bahkan terbunuh olehnya.

Kyoukotsu ini ada pada periode Edo dalam Toriyama Sekien "Konjyaku Hyaku Kishui" atau "Suplemen untuk Seratus Setan Masa Lalu". Kata kyoukotsu ini memiliki arti amukan dan kekerasan pada daerah Tsuki-gun di prefektur Kanagawa.

Jadi gengs, berhati-hatilah saat kalian mengambil air di sumur, apalagi kalau dirasa beratnya sudah tak wajar saat diangkat. Jangan-jangan tidak hanya air yang kalian angkat.

Sc: Yokai & Hyaku Monogatari