Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #5: Tomino no Jigoku

Konbanwa Minna~ admin Beth balik lagi dengan rubrik toshi densetsu (都市伝説). Malam ini akan bahas Tomino's Hell. Sebenarnya banyak banget yang request ini dari beberapa Minggu lalu. Dikarenakan itu maka aku akan share. Jadi ada yang pernah baca puisi ini?トミノの地獄 atau Tomino's Hell ini adalah puisi hasil karya Saizo Yaso (西條 八十) dalam koleksi puisinya yang ke-27  pada tahun 1919.

Tomino no Jigoku

Puisi tersebut menceritakan tentang Tomino, ia adalah seorang gadis kecil yang tak terlahir sempurna. Suatu hari ia menulis puisi untuk orang tuanya. Saat orang tuanya membaca, mereka tidak senang, karena menurut mereka puisi itu tidak bagus dan memiliki kesan menyeramkan. Akibat dari itu gadis itu pun dihukum dengan dikurung dalam ruangan yang sempit dan tidak memberikannya makan sampai berhari-hari.

Setelah itu orang tuanya dikejutkan dengan Tomino yang ditemukan tewas karena kelaparan. Dalam beberapa hari kemudian orang tuanya pun ditemukan tewas dengan tidak wajar. Puisi ini menjadi urban legend saat tahun 1974, sebuah film berjudul Den'en ni Shisu (To Die in the Countryside) tayang. Film itu menurut pembuatnya yaitu Terayama Shuji terinspirasi oleh Tomino's Hell. Ketika tak berselang lama director itu meninggal, banyak yang percaya itu karena kutukan Tomino's Hell.

Dan semua itu bersambung pada tahun 2004, ketika seorang penulis bernama Yomota Inuhiko dalam bukunya Kokoro wa Korogaru Ishi no you ni, mengklaim bahwa "Jika kamu sengaja membaca puisi itu dengan suara lantang, maka nasib buruk akan segera datang dan tak bisa dihindari." Dan mayoritas masyarakat Jepang juga percaya bahwa tak hanya nasib buruk, tapi juga kematian yang akan menjemput.

Jadi ini aku kasih penggalan bait puisinya.. aku menyarankan agar membacanya dalam hati saja untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, kalau memang kalian sangat penasaran, kalian bisa cari bait penuh puisi tersebut sendiri.

姉は血を吐く、妹(いもと)は火吐く、
Ane wa chi wo haku, imoto wa hihaku,
可愛いトミノは 宝玉(たま)を吐く。
kawaii tomino wa tama wo haku.
ひとり地獄に落ちゆくトミノ、
hitori jihoku ni ochiyuku tomino,
地獄くらやみ花も無き。
jigoku kurayami hana mo naki.

Sc: Kowabana