Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #4: Nopperabou

Konbanwa minna.. balik lagi sama admin Beth~ maafkan ya minggu malam kemarin tak bisa posting artikel seputar jepang, karena sedang sakit. Yosh tapi malam ini aku balik lagi dengan rubrik toshi densetsu (都市伝説). Kali ini aku mau bahas hantu wajah rata yang disebut nopperabou (野箆坊).

Nopperabou

野箆坊 atau のっぺらぼう adalah hantu yang berwujud seperti manusia sewajarnya, tapi tidak dengan wajahnya. Ia tidak memiliki hidung, mata, mulut. Rata? Ya rata.. Hantu yang termasuk youkai ini mempunya hobi menakuti manusia. Ia akan muncul di tempat yang sepi. Terror youkai ini muncul saat abad ke-17. Contohnya jika kamu sedang berjalan sendirian di tempat sepi, maka makhluk ini akan tiba-tiba muncul entah dari mana dan mulai mengajak bicara seperti manusia normal.

Mungkin awalnya kita tidak akan sadar, kalau kita sedang mengobrol dengan nopperabou, karena saat muncul ia masih menunjukkan wajah orang normal yang sebenarnya adalah ilusi. Namun di saat waktu yang tepat bagi youkai ini untuk menakuti, di saat itu juga ia akan menunjukkan wajah ratanya, dan ia akan senang kalau kamu lari ketakutan, karena memang itulah tujuan utama mereka.

Kadang-kadang mereka bisa berkerja sama sebagai tim untuk menakuti manusia. Walau hobinya seperti itu, tapi ia tak pernah sampai mencelakakan manusia. Nopperabou ini juga dikenal sebagai mujina (貉) yaitu sejenis youkai yang bisa berubah bentuk seperti luwak wet kopi. Mujina ini punya sifat pendendam.

Para leluhur di Jepang percaya bahwa nopperabou ini dulunya seorang wanita yang meninggal dengan wajah yang rusak, ada juga yang bilang bahwa dulunya youkai itu adalah wanita cantik yang suka menyakiti hati banyak orang dengan sikap dan kata-katanya hingga ia mendapat musibah dengan sesuatu telah merusak wajahnya. Konon katanya ia akan muncul kepada siapa saja yang sedang membicarakannya hi hi hi~

Hayoo siapa dari kalian yang pengen kenalan sama youkai yang satu ini?

Sc: Wikipediaorg & youkaicom