Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #1: Kuchisake Onna

Konbanwa Minna! Koko wa Beth dayo~ mau membahas seputar Jepang seperti biasa. Jadi khusus setiap malam Jumat akan bahas 都市伝説 : toshi densetsu (Urban Legend), Kali ini tentang Kuchisake Onna. Ada yang tahu wanita yang sering memakai masker ini? Pernah ketemu? Wah jangan sampai ya. Kuchisake Onna ini punya banyak versi.

Kuchisake Onna

Kuchisake termasuk arwah penasaran yang mati dibunuh, disiksa, atau mati membawa dendam. Hantu ini banyak terdengar saat zaman Edo, di mana ia mulai menyerang warga pada malam hari dengan mengeluarkan beberapa pertanyaan terlebih dahulu sebelum membunuh korbannya.

Pertanyaan pertama yaitu "Watashi, kirei desuka?" Yang artinya "Apakah aku cantik". Kalau saat itu menjawab ya, maka dia akan membuka masker yang ia kenakan dan memperlihatkan mulutnya yang robek hingga telinga, dan bertanya lagi "kore demo?" Artinya kira-kira "kalau sekarang?".

Jika kamu menjawab tidak atau malah ketakutan dengan berteriak, maka tak segan-segan dia akan menyerangmu dengan gunting yang ia bawa untuk merobek mulutmu. Namun jika kamu jawab ya, maka ia akan pergi, tapi jangan senang dulu ia akan mengikuti sampai rumah dan menyerangmu membabi buta di rumah.

Orang Jepang percaya kata kirei yang berarti cantik mempunyai homophone yaitu Kire yg berarti memotong. Mayoritas masyarakat Jepang percaya, untuk dapat lolos dari maut, mereka bisa menjawab dengan kata lumayan atau mencoba melemparinya dengan permen yang keras. .

Gimana nih apa kalian termasuk yg percaya dengan adanya Kuchisake Onna ini?

Source dan image source by http://yokai.com/kuchisakeonna/