Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Akhirnya Bahasa Jepang Bersama (BJB) Punya Channel Youtube

Kurang lebih sudah 6 tahun aku belajar bahasa Jepang sembari mengurus blog www.bahasajepangbersama.com ini. Banyak suka dukanya, kadang semangat berlipat kadang vakum juga kalau sedang bosan. Bahkan kayaknya pernah vakum hampir satu tahunan. Baiklah, sedikit flash back dulu ya(*^﹏^*).

Berbagai macam cara belajar telah kucoba dan berbagai hal sudah kulakukan, seperti membuat grup kelas belajar, bikin akun sosmed BahasaJepangBersama. Bergabung ke grup-grup belajar bahasa Jepang di sosmed. Belajar nge-wibu juga dengan banyak namatin anime🤣 suka ngebatch juga kalau ada anime yang lagi banyak dibicarain dan belum kutonton. Banyak buku, ebook dan aplikasi belajar yang sudah kujajal dan tamatin. Pokoknya sudah banyak banget lah, susah kalau harus mengingatnya satu persatu. Dalam perjalana panjang tersebut banyak juga orang-orang hebat yang kutemukan, aku banyak belajar dari mereka.

Berbagai pencapaian pun sudah kuraih dari yang awalnya hanya bisa menerjemahkan lirik lagu (itu pun terjemahannya blepotan), kemudian terus membaik dan sudah bisa menerjemahkan satu chapter komik, lalu naik level berhasil menyelesaikan penerjemahan beberapa komik satu buku penuh. Sampai menerjemahkan light novel/web novel beberapa chapter (untuk yang ini belum bisa sampai tuntas satu buku penuh, mandek ditengah jalan o(╯□╰)o).

Pengalaman berharga lainnya juga kudapatkan, seperti di akhir tahun 2017 mengajar les privat bahasa Jepang untuk pertama kali, sangat berkesan dan dapat pengalaman berharga tentang cara mengajar yang baik. Aku diminta mengajar kurang lebih 3 bulanan untuk memberikan ilmu pemahaman dasar bahasa Jepang buat bekal anaknya yang mau pindah sekolah ke Jepang nanti (untuk pengalaman ini belum pernah aku ceritain secara penuh di blog ini ya, insyaAllah nanti kubuat juga deh cerita pengalamanku yang ini).

Dari pengalaman mengajar private secara langsung itulah mulai muncul sedikit rasa percaya diri dalam diriku, sebenarnya banyak juga yang kontak buat minta diajarin bahasa Jepang secara langsung tapi kebanyakannya aku tolak karena tempatnya jauh dan merasa masih perlu mengasah kemampuan dulu.

Pernah mendapat beberapa tawaran menerjemahkan komik, kebanyakan yang minta masih personal untuk keperluan pribadi, masih belum dapat dan belum berhasil daftar jadi penerjemah komik penerbit-penerbit mayor ( ̄︿ ̄), dulu ada penerbit besar yang buka lowongan di twitter, tapi aku telat ngumpulnya beberapa menit, soalnya baru tahu sekitar 1 jam sebelum pendaftarannya ditutup. Aku pernah mencoba mendaftar juga lewat email-email mereka, dari beberapa penerbit besar yang aku email tak ada satu pun yang balas, huhu (T.T). Gak papa deh, mungkin ilmunya harus lebih ditingkatkan lagi untuk ke level mereka, motto motto ganbaranakya ikenai.

Pencapaian lainnya bisa berhasil menyelesaikan buku pertama BJB di tahun 2018 yang judulnya 30 Hari Paham Pola Kalimat Bahasa Jepang. Banyak sekali ilmu-ilmu kepenulisan yang kudapat dari sini, soalnya aku terlibat hampir di semua prosesnya. Mulai dari menulis, pelajari EYD yang baik dan benar, baca info-info penerbitan buku, pelajari cara desain sampul, desain layout sampai ke percetakannya. Pokoknya banyak dapat ilmu kepenulisan di sini, setara juga dengan waktu yang banyak dihabiskan untuk fokus di sini, sampai-sampai blog ini cukup lama dianggurin wkwk o(^^o).

Waktu lihat-lihat kembali postingan-postingan lamaku aku senyum-senyum aja (agak malu juga lihat tulisanku yang lama) ternyata tulisanku yang dulu sama yang sekarang itu kalau dibandingkan sudah sangat berbeda jauh. Ya, mungkin inilah yang namanya proses. Owh iya, hampir semua postingan blog ini aku edit dan perbaiki biar lebih enak dibacanya. Walau begitu masih terasa perbedaannya. Usaha memang tidak pernah mengkhianati hasil.

Lalu pencapaian yang menurutku paling menambah rasa percaya diriku adalah bisa ikut dan lulus JLPT level N2 tahun 2019 lalu. Aku merasa perjuanganku yang hanya belajar secara otodidak kini benar-benar diakui, aku bisa mengerjakan soal-soal bahasa Jepang yang sama dengan mereka-mereka yang belajar bahasa Jepang dari kursus, dari univeresitas yang tentu memiliki tutor yang handal, dan aku bisa lulus. Ternyata kemampuan bahasa Jepangku sudah bisa dikatakan lumayan, dan ini bukan mimpi, beneran nyata.
Yah, ternyata memang bisa belajar bahasa Jepang otodidat sampai level N2 tanpa seorang guru guys. Selama belajar bahasa Jepang ototidak yang menjadi guruku adalah teman-teman seperjuanganku guys, sama orang-orang Jepang yang kutemui selama perjalananku, setiap aku kebingungan memahami suatu materi maka biasanya aku tanyakan ke teman yang lebih jago atau ke orang Jepang yang memang bersedia mengajar bahasa Jepang. Menurutku itulah kunci sukses belajar secara otodidak, milikilah sebanyak mungkin teman seperjuangan dan jadikanlah mereka sebagai pembimbingmu ketika kamu tak mampu memahami suatu materi yang rumit.

Pencapaian ini menurutku begitu berkesan, bukan cuma ujian JLPT-nya, tapi seluruh prosesnya dari mulai persiapan dan ngebolang ke pulau Jawa untuk pertama kalinya seorang diri ∩(︶▽︶)∩ sampai akhirnya bisa memegang sertifikat kelulusannya, mau ngambil sertifikatnya aja ribet lho kemarin, ditambah lagi ada wabah korona pula. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan, dan rasanya ingin ikut JLPT lagi nanti hehe. Jadinya, pengen nyobain rasanya ikut JLPT di berbagai kota XD. Atau mungkin sebaiknya aku menciptakan rekor aja kalinya sebagai orang pertama yang pernah merasakan ujian JLPT di seluruh kota di Indonesia wkwk, seru tuh. Tunggu aja ya, aku akan ikut JLPT di kota kamu, ntar kita bisa meet up, aahhsyiiaaap XD.

Channel Youtube Bahasa Jepang Bersama (BJB)

Maaf ya, kelamaan flash back-nya, eh sepertinya postingan ini tidak sesuai judulnya yah^^. Sebenarnya masih banyak lagi hal dan pencapaian yang ingin kubahas tapi nanti kepanjangan postingannya. Jadi yang penting-penting aja. Nah, di postingan ini Riizhu cuma mau menginformasikan bahwa sekarang terhitung mulai 1 April 2020 Bahasa Jepang Bersama (BJB) mulai aktif di Youtube untuk berbagi video-video yang berisi materi bahasa Jepang, juga tentang hal-hal berbau Jepang, masih sama lah dengan tema blog ini, gaya bahasanya juga bakal sama kok insyaAllah.


Channel Youtube Bahasa Jepang Bersama (BJB) masih baru lahir, masih perlu banyak belajar tentang pengeditan dan tentang youtube. Doain ya, minna. Semoga aku bisa konsisten update video-videonya^^. Untuk channelnya sobat BJB bisa buka aja link https://youtube.com/c/bahasajepangbersama atau bisa klik aja nama channelnya dalam video di bawah ini.


Apa Saja yang Dibagikan di Channel Youtube Bahasa Jepang Bersama?

Mengenai materi-materinya, kurang lebih sama saja kok. Cuma bedanya di Youtube itu disajikan dalam bentuk video, anggap ini memvideokan materi-materi pelajaran yang ada di blog ini, hehe. Aku juga bakal masih mempertahankan kekhasan dari BJB, yakni menyampaikan materi dengan penjelasan yang sederhana tanpa panjang lebar. Semoga belajarnya bakal terasa seperti mengobrol santai antar teman dan diharapkan materinya bisa nyangkut di kepala kalian semua tanpa perlu berpikir keras.

Semua postingan di sini nantikan akan aku selipkan video-video yang memiliki bahasan yang sama. Jadi, kalian bisa belajar baik dari tulisan, maupun dari video. Dan pastinya bakalan tetap bisa dinikmati secara gratis tis tis. Ya, kecuali biaya internetnya, bayar sendiri-sendiri atau nebeng aja wifi tetangga ya ╮(╯▽╰)╭.

Untuk video yang tidak ada postingannya, nanti akan aku buat juga kok versi blognya dan dipost di sini beserta embed-an video youtube-nya. Mantul, bukan?

Setelah 6 tahun lamanya hanya bisa baca tulisan seorang Riizhu, kini akhirnya muncul juga ke permukaan orangnya guys. Bagaimana menurut sobat BJB? Gimana pendapatnya? Apakah sesuai ekspektasi? Yah, semoga aja dengan ini sudah tidak ada lagi yang mengira Riizhu itu seorang perempuan ya O(∩_∩)O.

Baiklah, sepertinya sudah semua infonya aku berikan jadi cukup di sini saja pertemuan kita kali ini, jangan lupa di-subscribe ya, karena subscribe itu gratis dan sobat BJB bisa dapat notif video terbaru kalau aktifin loncengnya. Channeru touroku shine ne^^)/.

Belajar Bahasa Inggris online dengan guru native