Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Review Aplikasi Android Belajar Menulis Kanji Jepang

Mina-san konnichiwa, selamat datang di blog Bahasa Jepang Bersama (BJB). Pada kesempatan kali ini Riizhu mau sharing sebuah aplikasi belajar kanji lengkap dengan cara menulisnya. Riizhu pun sedang rutin belajar cara menulis kanji menggunakan aplikasi ini saat lagi di luar lho, saat tidak memungkinkan latihan menulis kanji pakai pulpen. Makanya Riizhu mau rekomendasikan dan mereview aplikasinya 😁 hehe.

Jujur aja nih, walau sudah beberapa kali khatamin list Jouyou Kanji tapi kalau dalam segi menulis kanjinya aku masih sering lupa. Jadi, aku gak akan ingat gimana cara menulis kanjinya kalau tidak melihat hurufnya langsung. Ketika sudah melihat hurufnya baru deh bisa menulisnya sesuai guratan🤣  dulu belajarnya cuma ngehafal aja sih, tidak menghafal sambil menulisnya makanya gini,. Mungkin ada sobat BJB yang senasib dengan Riizhu kah? Udah hafal hampir semua Jouyou Kanji tapi urusan menulis gak akan ingat kalau tidak lihat hurufnya XD.

Aplikasi yang akan Riizhu rekomendasikan kali ini bernama Kanji Tree, dengan icon bergambar kanji 「木」 ki (pohon) berwarna hijau dengan latar bulat berwarna kuning keabu-abuan? Untuk lebih jelasnya silahkan lihat aja screenshot di bawah ini

Icon Kanji Tree

Fitur-Fitur Aplikasi Kanji Tree

Aplikasi ini cukup sederhana dan ringan dipakai, kurang lebih sama aja dengan aplikasi belajar kanji lainnya. Berikut ini penampakan tampilah awal ketika kamu pertama kali membuka aplikasinya.
Kanji Tree Homepage
Terdapat fitur Pengenalan (見覚え), Membaca (読み方), Menulis (書き方) dan Kamus (辞書). Untuk versi yang free aplikasinya sengaja dibuat tidak pakai suara sama sekali katanya biar seringan mungkin, kalau ingin ada suaranya bisa menggunakan aplikasi versi berbayarnya. Owh iya, meski tersedia pengaturan bahasa Indonesianya, tetapi untuk makna-makna kanjinya masih tetap dalam bahasa Inggris guys, sayang banget ya, zannen desu ne.

Pengenalan (見覚え)

Fitur pengenalan atau mioboe sama seperti fitur pada aplikasi belajar kanji pada umumnya, di sini kita bisa menghafal arti dari suatu kanji. Sayangnya tidak ada pilihan bahasa Indonesianya, arti kanjinya tetap menggunakan bahasa Inggris jadi sobat yang kurang bisa bahasa Inggris akan kesulitan di sini. Berikut adalah penampakan fitur pengenalan, kita bisa pilih belajarnya sesuai level JLPT atau sesuai list kanji yang dipelajari di sekolah Jepang.
Pengenalan Mioboe

Pengenalan Test

Membaca (読み方)

Di fitur membaca atau yomikata ini kita bisa latihan menghafal cara membaca dan cara mengucapkannya. Baik cara baca onyomi, kunyomi hingga per kotoba langsung. Terdapat 2 pilihan kategori belajar di sini, ada berdasarkan level JLPT N5-N1 atau berdasarkan kata-kata yang paling sering digunakan silahkan pilih sesuai kebutuhan. Berikut adalah penampakannya.
Membaca Yomikata
Membaca latihan
Membaca jawaban

Menulis (書き方)

Dari semua fitur yang ada, fitur inilah yang paling aku suka dan yang menjadi alasan kenapa aku ingin merekomendasikannya ke sobat BJB semua. Dengan fitur ini aku bisa melatih kekuranganku yang masih belum hafal penulisan kanjinya. Memang lebih efektif kalau kita berlatih dengan cara langsung menuliskannya pakai pulpen tapi karena aku jarang di rumah, jadi di situasi-situasi yang tidak memungkinkan berlatih dengan menulisnya secara langsung aku pakai aplikasi ini. Lumayan bisa digunakan latihan menulis kanji saat kita sedang di luar rumah. Berikut penampakan fitur Menulis atau Kakikata-nya.
Menulis Kakikata
Menulis Latihan

Kamus (辞書)

Fitur kamusnya aku tidak begitu merekomendasikan, aku sendiri lebih memilih menggunakan kamus digital lain seperti Takoboto dan sebagainya karena lebih lengkap dan lebih mudah penggunaannya. Di smartphone-ku fitur kamusnya ini agak tidak sesuai dengan layarnya, kecuali dirotasi menjadi landscape baru bagus tampilannya. Tapi masih kurang enak digunakan karena pakai keyboard khusus, gak pakai keyboard yang dipakai di Hp kita.
Kamus Jisho
Kamus Jisho Lanscape mode

Biar lebih jelas lagi silahkan simak video reviewnya di bawah ini^^
Kesimpulannya fitur yang paling menarik dari aplikasi Kanji Tree ini adalah fitur menulis kanjinya, sehingga kita tetap bisa latihan menulis kanji walau sedang di luar rumah dan tidak membawa kertas dan pulpen, cukup memanfaatkan smartphone di tangan aja. Selain dari itu, fitur lainnya hampir sama seperti aplikasi belajar kanji pada umumnya tidak begitu istimewa. Untuk fitur kamusnya menurutku tidak begitu bagus, cenderung sulit digunakan. Balik lagi dengan kebutuhan, kalau sobat BJB jarang bisa pegang pulpen dan ingin berlatih menghafal guratan kanji sangat cocok menggunakan aplikasi ini. Silahkan search aja di Play Store masing-masing ya kalau mau download aplikasinya.
2 komentar

Min materi N5 dan urutannya gimana dari awal sampek akhir materi N5?

kalau saya pakai shirabejisho atau yomiwa.
sekarang nambah lagi kanji tree. koleksi doank belajarnya mah kalau mood doank wkwkwk