Ulang Tahun Kelima Blog Bahasa Jepang Bersama (5年記念日)

Selamat datang di blog bahasajepangbersama.com. Wah tak terasa umur blog ini sudah nambah setahun lagi, sekarang usianya sudah 5 tahun. 5 tahun pastinya bukan waktu yang singkat untuk sebuah blog. Seperti biasanya setiap setahun sekali aku akan membuat postingan khusus menceritakan hal-hal yang terjadi dan kulakukan dalam setahun terakhir. Apa sajakah yang kulakukan? Langsung yuk cekidot.

Hal-hal yang Terjadi di Tahun Ke-5 BJB

(masih) Jarang Aktif Ngeblog

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga jarang sekali ke buka dan update postingan di blog BJB ini😌 gak tau deh semangat ngeblognya entah hilang kemana. Sekarang lebih banyak pakai hp dan belajar di hp. Mungkin memang sepertinya butuh hal baru nih :D.

Semua Sosmed BJB telah mencapai 15K

Jarang buka dan update blog, tapi lumayan sering update sosmed dan square BJB. Pelan tapi pasti, followersnya bertambah 5K tahun ini, menjadi 15K. Lumayan lah. Semoga bisa lebih sering lagi updatenya dan bisa berbagi lebih banyak ilmu dan semoga followersnya juga nambah lebih banyak lagi, aamiin🙏.

Mulai Sering Jadi Media Partner Event

BJB Medpart

Efek dari sering posting di sosial media, BJB pun sering mendapat tawaran kerjasama sebagai media partner di event-event Jejepangan. Terima kasih juga buat admin-admin open chat BJB yang telah menjadi perwakilan BJB untuk meliput kegiatan event-eventnya. Semoga di tahun-tahun berikutnya lebih banyak event-event besar jejepangan lagi yang bekerjasama dengan BJB ya guys, doain ya😁.

Sering Meet up Antar Member BJB

BJB Meet up Bandung

Setelah square BahasaJepangBersama yang tiba-tiba anggotanya melonjak pesat. Terciptalah keakraban sesama member karena sering chattingan setiap hari, sering berbagi pengalaman belajar bahasa Jepang dan sering tanya jawab juga antar sesama member. Walaupun banyak obrolan gazenya sih, tapi dari situ akhirnya member BJB sering mengadakan meet up.

Salah satu alasan ngadain meet up juga karena biar bisa bagiin hadiah powerbank dari Line. Terima kasih Line, hadiahnya keren banget. Terima kasih juga buat member square BahasaJepangBersama yang dah ngerameein squarenya hingga BJB bisa terpilih menjadi super square.

Berikut beberapa foto-foto meet up BJB. Sayang banget karena terpisah jarak aku nggak bisa ikutan meet upnya (T.T). Mudah-mudahan suatu saat kita bisa meet up bareng ya teman-teman, aamiin.

Menerjemahkan Light Novel/Web Novel untuk Pertama Kalinya

Menerjemahkan Web Novel

Biasanya Riizhu cuma menerjemahkan lirik lagu dan manga (komik) saja. Soalnya skill bahasa dan menerjemah Riizhu masih kurang begitu baik. Tapi di tahun ini ada seseorang yang menghubungi via Whatsapp dan meminta Riizhu menerjemahkan suatu web novel. Setelah Riizhu baca-baca ceritanya ternyata novelnya tidak begitu berat dan sepertinya tidak begitu sulit untuk diterjemahkan pikirku pada saat itu.

Setelah memikirkan dengan matang dan dikarenakan sedang merasa free dari kesibukan waktu itu alhasil akhirnya Riizhu menerima tawarannya. Dari sinilah Riizhu banyak belajar tentang ilmu menerjemahkan, lumayan banyak kesusahan yang Riizhu temui. Riizhu telah menerjemahkan sebanyak 20 chapter, namun setelah itu memutuskan untuk hiatus karena sudah mendaftar JLPT dan ingin fokus persiapan tes JLPT level N2. Kalau nanti tidak banyak kesibukan lagi mungkin bakal aku lanjutkan, aku juga suka ceritanya dan sekalian latihan menerjemah juga.

Setelah berbicara tentang masa lalu, selanjutnya mari kita bicarain masa depan --kita berdua-- untuk tahun depan. Apa sajakah yang menjadi targetku tahun depan, yuk cekidot.

Target di Tahun Ke-6 BJB

Ingin Lulus JLPT Level N2

Ini adalah fokus paling utamaku di tahun depan, yakni bisa lulus JLPT level N2 dalam sekali coba. Goukaku dekiru kanaa, bisa nggak yaa aku lulus. Aku belum pernah ikut JLPT sebelumnya, karena di kalimantan itu gak ada JLPT (T.T), kalau ada pasti aku bakalan ikut tiap tahun. Setelah belajar kurang lebih 5 tahunan, akhirnya aku memberanikan diri untuk ikut JLPT ke pulau Jawa. Aku masih belum menentukan di kota mana testnya tapi kemungkinan bakal ambil tesnya di antara kota Surabaya, Jogja atau Jakarta.

Selain memikirkan ujiannya, aku pun masih fuan (gelisah) memikirkan perjalanannya. Bagaimana nanti aku di sana, aku belum pernah naik pesawat, belum pernah ke luar pulau kalimantan dan aku mesti perginya sendirian aja, gak ada yang menemani (nasib seorang jomblo guys).

Memang sih di tiap kota aku memiliki teman-teman dunia maya yang baik banget dan mereka mengatakan akan bersedia membantuku kalau nanti aku ambil JLPTnya di kotanya mereka. Alhamdulillah. Tapi, tetap saja itu tak menghilangkan kekhawatiranku. Dou shiyou🤐. Satu-satunya hal yang membuatku nekat ikut JLPT ke pulau Jawa sendirian adalah semangatku yang sangat ingin menjajal kemampuannya dalam test JLPT. Gak tahu deh aku harus mengikutinya atau gimana, kita tunggu saja kelanjutannya tahun depan ya. Semoga saja berakhir manis, semanis senyumanmu #eaaa😊.

Sering Update Sosmed BJB

Hal berikutnya yang menjadi targetku di tahun depan adalah ingin lebih sering update sosial media khususnya instagram. Apalagi sekarang sudah dibantu oleh admin-admin lainnya, jadi semoga bisa makin semangat lagi updatenya. Owh iya, Riizhu juga mau ucapin terima kasih kepada admin-admin lain yang sudah membantu mengurus sosmed dan square BJB. Makasih Faa, Beth, Kiyu, Chika, Vian, Samuel, Misba dan Pandu🤗 kore kara mo yoroshiku onegaishimasu.

Sering Update Blog BJB Lagi

Target keinginan di tahun keenam berikut adalah target yang hampir selalu ada setiap tahunnya. Tapi hampir selalu tidak pernah terwujud juga #gubrak.

Gimana na, dulu dulu masih kuat buat update blog sampai jam satuan malam, tapi akhir-akhir ini setelah Isya itu rasanya capek dan ngantuk banget. Bahkan, untuk sarapan malam aja sering bolong-bolong karna ketiduran. Kenapa ya itu, apa jangan-jangan faktur U kali ya? Tapi kayaknya sih bukan faktor usia penyebabnya. Tapi faktor M, yakni faktor malas😅.

Jadi, Riizhu minta doanya aja ya teman-teman, semoga tidak malas-malasan dan lebih rajin lagi update blognya, aamiin. Semoga bisa lebih semangat lagi💪 soalnya sekarang adalah moment yang pas untul memulainya kembali.
Ulang Tahun Kelima Blog Bahasa Jepang Bersama (5年記念日)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2020 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner