Seberapa Menyeramkan Hutan Aokigahara di Jepang?

Kalau membahas tentang hutan paling angker di Jepang, mungkin semua setuju kalau jawabannya adalah hutan Aokigahara (青木ヶ原). Soalnya hutan ini sudah terkenal seantero dunia karena sering diliput media-media tv internasional. Mimin pernah lihat acara on the spot di trans 7 (videonya disematkan di bawah), di segmen tersebut hutannya memang terlihat agak seram, beda dari hutan-hutan kebanyakan.

Hutan Aokigahara (青木ヶ原 Aokigahara) terletak di sebelah Barat Laut Gunung Fuji, membentang dari kota Kawaguchiko hingga desa Narizawa, Prefektur Yamanashi. Aokigahara disebut juga "hutan lautan pohon" dan "lautan pohon gunung Fuji". Disebut demikian karena jika angin meniup pepohonan di sana terlihat seperti keadaan ombak di laut. Usia hutan ini diperkirakan sekitar 1200 tahun. Hutan ini dikenal sebagai tempat bunuh diri populer di Jepang.

source: wikipedia.com

Hutan Aokigahara
source: bustle.com

Beberapa hari ini ada video yang dibuat youtuber Qory Gore yang menimbulkan kontroversial, banyak yang menghujatnya karena mengekplorasi hutan Aokigahara menemukan mayat bunuh diri. Sempat juga terdengar Qory mengatakan "Nggak ada mayat, nggak seru cuy!!". Kasus ini mirip dengan kasus Logan Paul dulu, dan dia juga dikecam netizen internasional karena menampilkan mayat bunuh diri, dan tanpa sensor pula. Namun, belakang Qory sudah mengklarifikasinya lewat wawancara dengan Eno Bening melalui sesi radio Singham. "Sebenarnya kita ke sana diundang lah ya sama salah satu company dari sana juga. Suicide forest ini sebetulnya taman nasional yang dilindungi. Dari pihak Jepangnya disediakan untuk tempat bunuh diri. Sampai ada anggaran untuk memindahkan mayat. Tujuan utama kita memang ke situ. Di depannya memang banyak relawan untuk jaga. Ada juga hunter, mencari mayat. Kalau ada mayat yang masih hidup (sekarat) bakal dibunuh oleh hunter," tuturnya.

Tak hanya berhenti sampai di situ saja, Qory juga menyampaikan jika sebenarnya saat eksplorasi ia dan teman-temannya didampingi oleh salah satu perwakilan company dari Jepang. Ia juga mengaku salah karena tidak menyampaikan maksud videonya dengan jelas pada subscriber. "Salahnya gue, tidak menjelaskan secara detail apakah gue bikin konten ini karena ide sendiri, atau ada izinnya nggak. Mengingat bikin video di situ tuh dilarang banget. Tapi karakter gue dalam video itu tengil, membuat panas penonton. Banyak yang kepancing. Cuma gua di situ nggak ngapa-ngapain. Daun pun nggak boleh diambil. Sebagai content creator, gua perlu cari cara supaya kontennya menarik. Salahnya gue, gue nggak ngejelasin background-nya," terang Qory menjawab pertanyaan dari Eno. Video kontroversial itu juga sudah dihapus dan tak bisa ditemukan lagi.

source: https://m.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/nge-vlog-di-hutan-aokigahara-youtuber-qory-gore-tiru-aksi-kontroversial-logan-paul-627ac8.html

Fakta-fakta Tentang Hutan Aokigahara

Lalu seberapa menyeramkannya kah hutan Aokigahara ini. Apakah lebih seram daripada hutan di gunung salak? Apa ada penunggunya? Hmm. Berikut beberapa fakta yang membuat hutan Aokigahara ini sebagai hutan yang paling menyeramkan di Jepang.

Tempat Bunuh Diri Favorit

Tak terhitung sudah ada berapa orang yang datang ke hutan ini untuk melakukan bunuh diri. Penyebab hutan ini menjadi spot bunuh diri favorit masih misteri, diyakini di hutan tersebut terdapat Yuurei (hantu) yang menghipnotis siapa saja yang datang ke hutan itu akan berpikiran untuk bunuh diri. Ada juga yang mengatakan udara yang hening di dalam hutan tersebut dapat mempengaruhi pikiran manusia untuk melakukan bunuh diri. Pada zaman dahulu, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat "membunuh" orang-orang tua. Mereka membawa orang tua mereka ke hutan lalu meninggalkannya sampai mereka meninggal dengan sendirinya. Hidooiii desu ne (T_T).

Roh Yuurei Penunggu Hutan Aokigahara

Menurut cerita rakyat Jepang, roh gentayangan yang dikenal dengan nama Yurei dianggap menghantui hutan Aokigahara dalam waktu yang lama. Biasanya ia digambarkan dalam sosok wanita yang pucat dengan baju putih panjang dan rambut bewarna hitam.
Bedasarkan tradisi dan kepercayaan di Jepang, jika mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri maka roh mereka tak dapat bergabung dengan para leluhur di dunia lain. Mungkin karena itulah Yurei bisa gentayangan. Untuk menghindari hal itu, biasanya orang-orang yang meninggal karena bunuh diri, mayatnya akan ditemani oleh seseorang. Petugas hutan Aokigahara biasanya melakukan ritual ini agar arwah orang yang bunuh diri tak sendirian dan menjadi marah.

Ada Banyak Benda Bawaan Orang Bunuh Diri

Orang-orang yang memang berniat mengakhiri hidupnya ke hutan ini, biasanya membawa sesuatu yang mereka anggap penting bagi mereka. Kadang kamu menemukan benda-benda berserakan mulai dari kaleng makanan dan minuman sampai mungkin benda-benda yang tak biasa ada di hutan, kayak radio misalnya. Hmm, kira-kira ada hp iPhone S9 gak ya wkwk, eeiiits, tapi ada aturan pengunjung dilarang membawa pulang benda apapun yang ada di hutan tersebut. Bahkan ada larangan menjepret dan merekam hutan tersebut tanpa izin. Tapi tetap saja, ada orang yang nekat memanfaatkan kesempatan, sering terjadi kasus penjarahan barang-barang yang ditinggalkan oleh orang-orang yang bunuh diri. Hmm, apa gak seram tuh, bawa barang orang mati, gimana kalau nanti digentayanginnya. Kowaaiiii.

Hutan yang Hening

Berbeda dari hutan-hutan pada umumnya yang banyak didominasi suara-suara serangga, hutan Aokigahara cukup hening dan jarang sekali ada bunyi-bunyi serangga. Mungkin lebih banyak mendengar suara angin sepoi-sepoi yang menderus pepohonan yang rindang.

Bisa Menyesatkan Pengunjung

Konon kalau tidak cermat. Bisa saja pengunjung bakalan tersesat dari hutan ini. Hmm, jalannya memang agak sempit dan banyak pepohonan yang terlihat sama. Wajar sih kalau memang membuat sesat. Biasanya, para pengunjung akan membuat tanda jalan dari pita-pita yang dibentangkan dan diikat dari satu pohon ke pohon lainnya (seperti dalam video penelusuran di on the spot).

Dijadikan Hutan Nasional

Nah, meskipun hutannya terlihat sepi dan angker. Tapi ternyata hutan ini itu sudah menjadi hutan nasional lho. Bisa dilihat dari Google Maps dan disitu tertulis hutan nasional di Jepang. Setiap hutan nasional kan biasanya selalu ada orang-orang yang ditugaskan untuk menjaga kawasan hutan tersebut. Ya, di hutan Aokigahara juga ada petugas-petugasnya. Mereka juga yang bertugas menemani dan memandu wisatawan mengekslorasi hutan Aokigahara guys. Hmmmm.

Terdapat Kawasan Terlarang

Di hutan Aokigahara terdapat kawasan terlarang dan dianggap sangat berbahasa. Karena di sana pusat yang paling banyak orang bunuh dirinya. Jadi, semua pengunjung dilarang masuk ke kawasan terlarang tersebut. Kawasan terlarang dibatasi dengan tali yang diikat antar pepohonan dan terdapat tulisan 立入禁止 no entry.

Suasana di hutan Aokigahara cukup hening, tidak begitu terdengar suara-suara serangga, udaranya juga sepoi-sepoi, katanya ini salah satu faktor yang menghipnotis orang-orang yang datang ke hutan ini, untuk melakukan bunuh diri. Tentu

Inilah tayangan on the spot yang menelusuri seramnya hutan Aokigahara diupload oleh channel Trans 7 Official.

On the spot: Horror Series, Hutan Aokigahara part 1 - 2



On the spot: Horror Series, Hutan Aokigahara part  2 - 2




Bagaimana sobat BJB, apakah menurut sobat hutan ini memang benar-benar menyeramkan? Apakah tertarik untuk berkunjung ke hutan Aokigahara? Silahkan buktikan sendiri ya. Kalau Riizhu sih, selama gak sendirian dan ditemani yang sudah ahli dan tahu medannya, insyaAllah berani wkwkwkwk.
Seberapa Menyeramkan Hutan Aokigahara di Jepang?
1 komentar:

didakwahi agar nggak jadi bunuh diri

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2019 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner