Pentingnya Memiliki Target atau Tujuan Belajar Bahasa Jepang

Target atau tujuan adalah penunjuk jalan kita. Jika kita memiliki target, maka kita akan memaksa diri agar tetap berjalan lurus meski banyak godaan di sekeliling. Rasa bosan dan malas itu memang wajar dan pasti pernah dirasakan oleh semua manusia, dengan memiliki target maka kita pasti tidak ingin berlama-lama beristirahat, ingin secepatnya mencapai target jadi harus terus memaksakan untuk terus maju. Kalau yang gak punya target biasanya bakalan jadi pelajar angin-anginan, kalau ada godain hal lain dikit aja, pasti bakal lupa dengan bahasa Jepang. Atau bakalan merasa bahasa Jepangnya tidak ada perkembangan meski sudah belajar cukup lama.

So, buat yang belum punya target/tujuan maka tentukanlah dari sekarang. Tentukanlah target/tujuan jangka panjang, jangka sedang dan jangka pendek.

Target atau Tujuan Belajar Bahasa Jepang

Target atau Tujuan Jangka Panjang

Target jangka panjang adalah impian terbesar yang ingin kamu raih dari belajar bahasa Jepang, misalnya ingin bisa bekerja di Jepang, ingin menjadi interpreter atau penerjemah yang hebat, ingin bisa lulus test JLPT level N1, Ingin bisa bekerja di perusahan Japan Foundation, ingin jadi guru bahasa Jepang atau ingin punya istri/suami orang Jepang eaaa( ´∀`) . Apa pun itu, tentukanlah target atau tujuan utamamu belajar bahasa Jepang.

Target atau Tujuan Jangka Sedang

Setelah menentukan impian terbesarmu, berikutnya tentukanlah impian-impian yang ingin dicapai dalam waktu dekat. Target-target jangka sedang akan berguna untuk mengukur kemampuan dan perkembangan kita. Jika target jangka sedang berhasil dicapai maka itu berarti kita sudah maju beberapa langkah untuk menuju tujuan terbesar kita. Jika target jangka panjang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dicapai, maka target jangka sedang adalah target atau tujuan yang dapat kita capai dalam hitungan minggu atau bulan. Misalnya, saya memiliki target bisa hafal 500 kanji dalam 3 bulan, saya ingin bisa menerjemahkan 2 volume manga dalan 1 bulan, atau ingin bisa selesai menerjemahkan novel Jepang sepenuhnya, ingin hafal list kotoba N4, mau mempelajari buku minna no nihongo bab 2 sampai tamat, ingin bisa ngobrol sama orang Jepang eaaa(*´∀`), semacam itu lah target/tujuan jangka sedang. Yang jelas kalau kita berhasil mencapai target/tujuan tingkat menengah itu akan semakin medekatkan kita dengan tujuan utama kita.

Target atau Tujuan Jangka Pendek

Target jangka pendek sebenarnya hampir sama dengan target jangka sedang, cuma target jangka pendek adalah pencapaian yang lebih singkat lagi. Kalau Riizhu target jangka pendeknya cukup bisa ngepos materi terus aja di blog, sama di sosmed-sosmed juga (khususnya IG sih, jangan lupa distalk ya IG bahasajepang_bersama. Kalau suka jangan lupa difollow XD) Kalau di blog Riizhu tulis ulang materi hasil belajar, sekarang yang ongoing sudah sampai di bunpou-bunpou N2, dan kalau di IG Riizhu ngepost kotoba-kotoba sederhana dan juga serifu (kata2) yang Riizhu catat dari hasil nonton anime. Target jangka pendek berguna untuk memastikan kita untuk terus bergerak maju. Kalau terus konsisten melakukan target-target jangka pendek, berarti tiap harinya kita terus bergerak maju. Setiap harinya kita semakin dekat untuk menjadi tujuan utama kita. Hanya tinggal menunggu waktu saja untuk kita bisa mencapai tujuan utama, dengan catatan selama kita tidak menyerah ya.




Jadi, tentukanlah target-target yang ingin kamu capai dari usahamu belajar bahasa Jepang, semoga dengan memiliki target bisa menjadi pembimbing dan pengingat kita untuk terus melangkah maju dan tidak mudah menyerah begitu saja.:D.
目標なき者に、成功無し!
Mokuhyou nakimono ni seikou nashi!
Orang yang tidak memiliki target/tujuan, takkan memiliki kesuksesan
Jadi target/tujuan mina-san belajar bahasa Jepang untuk apa aja nih? Oshiete kudasai ne kasih tau ya lewat komentar di bawah :D.
Pentingnya Memiliki Target atau Tujuan Belajar Bahasa Jepang

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2018 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner