Ulang Tahun Keempat Blog Bahasa Jepang Bersama (4年記念日)

Waaah, tak terasa nih blog yang kubesarkan dengan penuh perjuangan kini telah menginjak usia balita, berumur 4 tahun. Sebentar lagi mau masuk TK Playgroup nih XD. Meskipun lagi-lagi di tahun keempat ini tidak bisa sering aktif dan ngasih postingan seperti di dua tahun awal. Gomen ne, dan Riizhu ucapkan terima kasih kepada sobat yang selalu setia berkunjung ke blog ini. Mudah-mudahan artikel-artikel di blog ini memberi manfaat. Ayuuk siapa aja yang sering berkunjung nih? Angkat tangannya(ㆁωㆁ*).

Hmm, apa saja ya yang telah Riizhu dan blog BJB lakukan di tahun lalu. Hmm, sebentar ya, mengingat ingat dulu XD. Oke, yang ingat-ingat aja deh yang Riizhu share ya, silahkan baca di bawah ini hal yang telah Riizhu dan BJB lakukan di tahun keempat BJB.

Hal yang telah terjadi di tahun keempat


BJB telah merambah Instagram dan cepat berkembang

Sekitar bulan Agustus 2017 akhirnya Riizhu memutuskan untuk mendownload dan membuat akun instagram BJB. Dan hanya dalam hitungan enam bulan akun BJB akhirnya telah mencapai 10K+ followers. Intagram cepat banget nambah followersnya ya, gak kayak facebook fanspage yang butuh 2 tahunan untuk mencapai 10K XD. Di Instagram BJB kamu bisa belajar tentang huruf Jepang, kosakata sederhana, idiom, kotowaza dan kutipan-kutipan kalimat dari karakter anime. Setiap post dilengkapi gambar anime untuk mendeskripsikan kotobanya, so buat sobat BJB yang memiliki akun instagram jangan lupa follow IG @bahasajepang_bersama ya. Dan jangan sampai ketinggalan update terbarunya ya.
IG Bahasa Jepang Bersama

Semua sosmed BJB telah mencapai 10K

Di tahun keempat ini ada 4 sosmed BJB yang paling aktif yang telah mencapai followers/adders lebih dari 10K. Yang paling pertama mencapai 10K adalah facebook fanspage karena memang telah jauh lebih dibuat. Kemudian Instagram yang hanya membutuhkan waktu 6 bulan untuk mencapai 10K. Dan kini sosmed BJB yang teraktif dan tercepat merespon komentar dan pesan adalah instagram. Kemudian yang ketiga adalah Official Line@ BJB yang membutuhkan waktu 1 tahun lebih untuk mencapai 10K adders. Dan di tahun ini Line@ BJB telah mendapat badge berwarna biru karena telah mendapat verifikasi dari pihak line. Jadi, sobat BJB tidak akan kesulitan lagi menemukan Line@ BJB, tinggal search saja di kolom pencarian pasti bakal ketemu^^.

Grup BJB Line mulai terbengkalai

Tak semuanya hal baik yang terjadi, pasti ada hal yang tidak baik juga. Dan salah satu yang tidak baik adalah mulai terbengkalainya Grup BJB LINE (Kurasu, Shaberu dan Bunka). Ketiga grup utama BJB yang telah berjalan lancar selama setahun kini telah mulai terbengkalai. Bukan ditinggalkan tapi sudah tidak ada kegiatan rutinnya lagi T.T) kanashii. Sebagai penggantinya beberapa kegiatan seperti yomikaki Riizhu pindah ke line Square BJB meski masih belum bisa konsisten setiap minggu. Semoga suatu saat para pengurus bisa lebih dilapangkan lagi waktunya dan semoga juga banyak muncul calon pengurus-pengurus baru yang siap menjalankan regenerasi kepengurusan. Yaah, semoga saja.

Mendapat pengalaman pertama mengajar les bahasa Jepang

Balik lagi ke pencapaian yang baik. Hmm, ini lebih ke pencapaian Riizhu pribadi ya^^. Di tahun keempat ini tiba-tiba ada seseorang yang ngechat akun line Riizhu, trus minta Riizhu buat ngajarin anaknya dasar-dasar bahasa Jepang. Setelah dilihat jaraknya tidak begitu jauh dari tempatku, akhirnya aku memutuskan menerimanya, hitung-hitung buat nambah pengalaman kan(^_^.).

Riizhu ngajar selama 2 setengah bulan dengan total pertemuan sebanyak 24 kali. Karena dia mau ke Jepang dan bersekolah di sana, jadi yang paling Riizhu tekankan adalah hiragana, karena kalau nanti belajar di negeri (belajar sama orang Jepang) pasti akan langsung memakai hiragana. Dan alhamdulillah, selama dua bulan setengah akhirnya berhasil mengajarkan hiragana, katakana, konjugasi dasar, salam dan ungkapan umum dan beberapa materi dasar lainnya. Aku juga ajarkan tentang kanji dan bagaimana cara mempelajarinya.

Selama ngajar secara langsung akhirnya merasakan bagaimana sulitnya mengajar(*゚∀゚). Sejago apapun kita atau semudah apapun bahan ajarnya, seorang guru yang baik itu harus melakukan persiapan dan juga evaluasi setelah mengajar. Persiapan materi dan bagaimana kita mengajarkannya plus apakah dapat sesuai dengan waktunya. Dan pasca belajar yaitu kita harus meneliti dan memahami apa kesulitan murid dan juga perkembangannya agar kita dapat melakukan evaluasi di pertemuan selanjutnya.

Oke itu saja, pokoknya Riizhu dapat banyak sekali ilmu di sini, khususnya ilmu mengajar(๑´ڡ`๑) hehe, jadi pengen ngajar les lagi nih haha.

Itulah hal-hal yang telah dilakukan dan terjadi di tahun keempat blog BJB, tentu saja sebenarnya masih banyak lagi hal lainnya yang tak bisa diceritakan semuanya. Dan banyak juga yang lupa mungkin(*^_^*). Baiklah, itu masa lalu. Selanjutnya, mari kita menatap rencana BJB di masa depan.

Rencana dan target di tahun kelima


Menyelesaikan buku

Sebenarnya ini masuk rencana di tahun keempat. Tapi ternyata tidak dapat terealisasi, dan akhirnya menjadi rencana di tahun kelima. InsyaAllah tahun ini, karena hanya tinggal proses desain layout, tata letak dan pembuatan covernya. Setelah itu menuju ke proses percetakan, yaa mou sukoshi matte kudasai ne. Mohon bersabar sebentar lagi ya, dan mohon juga doanya agar berjalan sesuai rencana ya^^.

Menuntaskan belajar N2

Ini juga sebenarnya termasuk rencana di tahun keempat namun karena banyak kesibukan lain yang datang tiba-tiba akhirnya gagal terealisasi. Tapi, Riizhu masih belum menyerah, dan masih menargetkannya di tahun kelima ini. Riizhu dah beli beberapa buku untuk level N2, mendownload beberapa aplikasi dan ngebookmark beberapa situs web. Semoga kali ini benar-benar bisa terealisasi. Ganbarimaaaaasu.
menuntaskan belajar N2

Fokus melatih skill menerjemahkan Manga (Komik Jepang)

Sembari fokus mempelajari materi N2, Riizhu juga berencana untuk meningkatkan skill terjemahan terkhusus skill terjemah manga. Bahasa Jepang dalam manga memang bukan termasuk bahasa Jepang level tinggi, tapi tetap saja menerjemahkan manga memiliki kesulitan. Kesulitan yang biasanya paling dirasakan adalah menerjemahkan onomatopenya. Bahasa Jepang kaya akan onomatope dan kebanyakan onomatope bahasa Jepang sangat berbeda dengan bahasa Indonesia, jadi tak bisa langsung ditulis sesuai bunyi pada bahasa Jepangnya saja, tapi kita juga harus menerjemahkannya agar sesuai dengan cita rasa orang Indonesia^^. Fokus Riizhu untuk melatih skill terjemah manga saat ini cukup dengan sering-sering membaca manga berbahasa Jepang saja, ya, sambil coba diterka-terka juga terjemahan yang baiknya seperti apa^^. Doain ya, semoga suatu saat bisa menjadi penerjemah spesialis komik Jepang yang hebat hehe❤(ӦvӦ。).

Baiklah, itu saja untuk target Riizhu dan BJB di tahun kelima ini, semoga semuanya bisa terwujud. Sebenarnya masih ada beberapa lagi rencana sih, seperti merambah dunia youtube dan juga membuka les privat khusus untuk kota Banjarbaru dan Martapura atau yang dekat dengan tempat tinggalku. Tapi, Riizhu belum yakin hal itu dapat direalisasikan di tahun ini. Kebanyakan rencana nanti malah jadi kacau semuanya, jadi fokus yang paling terdekat untuk bisa direalisasikan dulu ajaヽ(^o^)丿, oke, sore dake desu. Sukses selalu ya buat sobat BJB semuanya, salam persahabatan dari Riizhu dan jangan pernah berhenti berjuang ya, minna, ganbarimashou!.
Ulang Tahun Keempat Blog Bahasa Jepang Bersama (4年記念日)
2 komentar

semoga semuanya bisa diselesaikan tahun ini ya amin

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2018 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner