Arti dan Penggunaan Kata moshi (もし)

Doumo(^_^)/ riizhu desu, hallo sobat semua, salam kenal saya riizhu, hari ini saya akan berbagi tentang arti dan penggunaan kata moshi (もし) karna mungkin masih ada beberapa dari sobat kita yang belum mengetahui arti dan penggunaannya secara tepat. Berhubung masih awal-awal puasa jadi kita pelajari yang dasar-dasar saja dulu^^ biar gak bikin lapar dan pusing.

Arti kata moshi adalah "jika" ya, jadi beda dengan kata moshi-moshi yang memiliki arti "halo" yang diucapkan saat menelepon atau menerima telepon. Namun kata moshi ini tidak bisa asal sembarang digunakan, tapi kata kerja/kata sifatnya harus dikonjugasikan juga ke bentuk pengandaian. Terserah bentuk pengandaiannya mau yang ~tara, ~ba/nara, ~(da) to.

Silahkan pelajari dulu bagi yang belum mengerti konjugasi bentuk pengandaian: Berbagai Macam Bentuk Pengandaian dalam Bahasa Jepang

Sebenarnya tidak perlu menambahkan kata moshi (もし) pun artinya juga sudah mengandung "jika" tetapi jika menggunakan kata moshi makna jikanya semakin kuat. Contoh kalimat:
もし日本語ができれば日本人と話したい
moshi nihongo ga dekireba nihonjin to hanashitai
jika saya bisa bahasa Jepang saya ingin berbicara dengan orang Jepang
もし日本に行ったら日本語を勉強します
moshi nihon ni ittara nihongo o benkyou shimasu
jika aku telah pergi ke Jepang aku akan belajar Bahasa Jepang
もし雨が降らないと寒くならない
moshi ame ga furu to samuku naranai
jika hujan tidak turun (cuacanya) tidak akan menjadi dingin

Yups, seperti itulah kira-kira penggunaan kata moshi (もし), jadi meskipun menggunakan kata moshi kita harus tetap menggunakan bentuk pengandaian, jadi tidak bisa mengatakan moshi katsu, tapi harus diubah ke bentuk pengandaian jadi moshi kateba, atau moshi kattara^^. Ok itu saja postingan yang bisa saya bagikan hari ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Arti dan Penggunaan Kata moshi (もし)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise