Hal Mendasar dari Upacara Minum Teh di Jepang | Belajar Bahasa Jepang Bersama Hal Mendasar dari Upacara Minum Teh di Jepang | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Hal Mendasar dari Upacara Minum Teh di Jepang

Jepang terkenal dengan tradisi budayanya yang sangat kental. Salah satunya adalah Upacara Minum Teh atau yang dalam bahasa Jepang disebut dengan “sadou” atau “chadou” (茶道) yang berarti “jalan teh”. Upacara ini merupakan cara seremonial untuk menyiapkan dan minum teh hijau yang biasanya dilakukan di ruang tradisional untuk minum teh yang beralaskan lantai tatami

Selain itu, tujuan dari diadakannya Upacara Minum Teh adalah agar para tamu dapat menikmati keramahtamahan tuan rumah dalam suasana yang berbeda dari ritme kehidupan sehari-hari yang serba cepat. 

Upacara Minum Teh di Jepang

Di zaman modern, Upacara Minum Teh lebih dipraktikkan sebagai sebuah hobi atau kesenangan semata dan sebagai salah satu cara untuk mengenalkan budaya Jepang pada para wisatawan yang datang. Karenanya, banyak organisasi di seluruh Jepang yang menawarkan kelas upacara minum teh dengan berbagai tingkat formalitas dan keaslian. Dan lokasi kelas belajar ini berada di beberapa pusat kebudayaan, taman tradisional, bahkan hotel. Kyoto dan Uji, menjadi salah satu tempat terbaik di negeri sakura untuk menikmati budaya minum teh Jepang. 

Prosedur Upacara Minum Teh yang lengkap dan formal adalah serangkaian acara berjam-jam yang dimulai dengan hidangan Kaiseki, lalu diikuti dengan semangkuk teh kental dan diakhiri pula dengan semangkuk teh kental. Namun, akhir-akhir ini upacara minum teh menjadi acara yang sangat singkat dan terbatas pada kenikmatan semangkuk teh tipis saja.

Protokol dari upacara minum teh didefinisikan sebagai gerakan tangan yang sedikit berbeda di antara kelas belajar yang berbeda. Dalam banyak kasus, wisatawan reguler tidak diharapkan untuk mengetahui aturannya secara rinci, tetapi pengetahuan tentang poin-poin dasarnya dapat membantu menjadikan acara ini lebih bermartabat.

Poin-poin dasar tersebut di antaranya adalah menghindari busana dan aroma mencolok yang dapat mengalihkan perhatian dari pengalaman minum teh, mencuci tangan di tempat yang disediakan sebelum memasuki ruangan minum teh, membungkuk sebelum memasuki ruangan dan mengambil kursi terdekat diikuti oleh tamu lainnya, memberikan perhatian pada tuan rumah yang sedang menyiapkan teh di depan para tamu, menikmati kue manis Jepang terlebih dahulu lalu meminum tehnya dengan mengangkat cangkir, menghirupnya, dan meletakkannya kembali secara perlahan diikuti dengan ucapan terima kasih.

Artikel lainnya: Mengenal Tradisi Upacara Minum Teh di Jepang (茶道)

Upacara Minum Teh Jepang pada dasarnya mewakili harmoni, rasa hormat, kemurnian, ketenangan, kebersamaan, kepribadian dan pengetahuan, keindahan hal-hal sederhana dan alami, serta belajar seumur hidup. Tak heran jika banyak yang mengkaitkannya dengan sisi spiritual, yaitu proses di mana mereka melepaskan diri dari dunia yang biasa mereka jalani untuk mencari harmoni dan ketenangan batin.

コメント