Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #9: Kagome Kagome

Konbanwa minna, admin Beth balik lagi dengan serial toshi densetu (都市伝説). Malam ini akan bahas tentang permainan anak di Jepang yaitu Kagome Kagome. Mungkin sebagian sudah tahu tentang kisah ini. Permainan di mana ada sekitar 6 orang anak melingkar dengan bergandengan tangan, lalu ada 1 anak yang duduk di tengah lingkaran sambil menutup matanya sebagai oni (鬼 : iblis). Ketika anak-anak lain menyanyikan sebuah lagu, lalu setelah lagu itu berhenti, anak yang sebagai oni itu harus menebak siapa yang berdiri di belakangnya. Mungkin di Indonesia di daerah tertentu ada juga permainan yang mirip dengan Kagome kagome ini?.

Kagome kagome

Jika berhasil menebak, maka anak itu yang akan jadi oni selanjutnya. Terdengar seperti permainan biasa, tapi permainan ini bermula dari anak-anak panti asuhan di Jepang yang menjadi objek eksperimen ilmuwan Nazi pada jaman Perang Dunia 2. Tepatnya di daerah Shimane, dekat dengan Hiroshima. Para ilmuwan Nazi itu melakukan eksperimen gila yang disebut keabadian. Keabadian bisa jadi milik manusia dengan cara menghilangkan “tombol”. Mereka percaya bahwa Tuhan mematikan manusia dengan memencet tombol tersebut. Namun, tombol ini belumlah ditemukan tempatnya.

Para ilmuwan itu melakukan percobaan kepada anak-anak itu seperti membelah kepalanya, mengamputasi tangan, mengiris rahangnya dll. Mayat-mayat anak itupun tak dikubur, hanya dibuang di bukit belakang dan menjadi tumpukan. Ada sebagian anak-anak yang selamat dari percobaan itu menjadi aneh pada akhirnya. Mereka sering bermain Kagome Kagome dengan tatapan kosong. Dan inilah sebagian isi lagunya.

かごめかごめ 篭の中の鳥は
Kagome kagome kago no naka no tori wa
Kagome, Kagome, burung dalam sangkar,
いついつ出やる 夜明けの晩に
Itsu itsu deyaru yoake no ban ni
Kapan kapan kau keluar? Saat malam dini hari
鶴と亀と滑った
Tsuru to kame to subetta
Burung jenjang dan penyu tergelincir
後ろの正面だあれ。
Ushiro no shōmen da are.
Siapa yang ada tepat di belakang?

Banyak yang mengatakan jika memainkan permainan ini kamu yang tidak bisa menebak siapa yang ada di belakangmu akan berpindah ke isekai alias alam lain, bahkan ada juga yang bilang kamu akan terbayang-bayang sesuatu yang tak kasat mata selama berhari-hari dan akan membuatmu gila.

Siapa di sini yang pernah memainkan permainan Kagome Kagome in? Ada yang mau main? Kali aja bisa masuk ke alamnya Echidna kek Subaru-kun wkwk :D.

SC: Wikipedia dan mamalisa