Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #10: Yotsuya Kaidan

Konbanwa Minna, malam Jum'at admin Beth balik lagi dengan rubrik toshi densetsu (都市伝説). Kali ini aku mau bahas tentang Oiwa nih gengs. Sekilas mirip sadako atau kayako, yaitu identik dengan cewe pake baju putih dan berambut panjang. Oiwa atau biasa disebut Yotsuya Kaidan. Cerita Oiwa ini ditulis pada tahun 1825 tepat di jaman Edo oleh Tsuruya Nanboku IV sebagai sebuah Kabuki dengan judul asli Tōkaidō Yotsuya Kaidan (東海道 四谷 怪談: Kisah hantu Yotsuya di Tokaido).

Yotsuya Kaidan

Bercerita tentang perempuan muda dan cantik yang tinggal di desa kecil bersama suaminya Tamiya Iemon. Walaupun hidup sederhana, Oiwa sangat mencintai suaminya. Namun lama kelamaan, lemon ini berselingkuh dengan seorang perempuan bernama Oume sampai mereka menikah. Suatu ketika ayah Oume mengetahui kalau lemon telah beristri, ayahnya menginginkan lemon meninggalkan istrinya.

lemon pada akhirnya setuju dan berusaha menyingkirkan Oiwa dan anaknya yang masih dalam kandungan. Hingga pada suatu malam, lemon mencoba meracuni Oiwa. Oiwa mulai merasakan sakit sampai efek racun itupun menggugurkan kandungannya dan membuat wajahnya cacat dan jatuh koma. Hebatnya ia tak meninggal. Karena sudah frustasi, akhirnya lemon mendorong Oiwa ke jurang, dan ia pun meninggal.

Pada suatu malam lemon mulai dihantui oleh Oiwa. Ia melihat ke arah lampu dan mendapati wajah Oiwa yang muncul dari lampu tersebut dan semakin membesar dan jelas kemudian mengatakan “Penghianatan!” dengan nada marah. Setelah itu lemon dan Oume mengadakan pernikahan, di sela pernikahan mereka lemon menjadi sering melihat bayang-bayang Oiwa. Dengan rasa kesal ia mengambil pedang dan menebas kepala Oiwa yang sebenarnya adalah kepala Oume.

Kemudian ia pun melakukan hal yang sama kepada kakek Oume. lemon pun berlari ke tebing dengan diikuti oleh suara tawa dari Oiwa. Warga yang tidak jauh dari lokasi melihat dari jarak jauh seorang wanita mendorong Iemon jatuh ke dalam jurang. Bahkan hantu Oiwa ini telah dijadikan sumber film horor versi Jepang di lebih 30 film.

Hayoo siapa di sini yang pernah lihat kembaran Sadako ini? Atau jangan-jangan kalian kembarannya?

Sc: Yokai, wikipédia, and scaryforkids