Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #33: Kuro Bouzu

Konbanwa gengs, balik lagi dengan admin Beth nih dalam serial toshi densetsu (都市伝説). Yang akan kita bahas kali ini adalah Kuro Bouzu (黒坊主). Kuro Bouzu terdiri dari kata kuro (黒 : hitam) dan bouzu k坊主 : biksu) jadi dalam bahasa Indonesia berarti Biksu Hitam, youkai ini terlihat berkepala botak seperti biksu memakai jubah hitam pekat.

Kuro Bouzu

Tak hanya itu, Kuro Bouzu tampak buram di mata manusia yang hanya terlihat seperti bayangan hidup hitam legam dengan hanya matanya saja yang bercahaya. Ia memiliki lidah yang panjang, dan berbau seperti ikan busuk, dan bisa menjadi sangat besar.

Kuro Bouzu keluar di pemukiman warga pada malam hari, menyelinap masuk ke rumah-rumah setelah semua orang tidur. Ia akan merangkak ke korban-korban terutama perempuan, dan menyedot napas keluar dari mulut mereka yang menyebabkan jatuh sakit parah.

Selama periode Meiji (1868 - 1912), surat kabar edisi ke-663 Yubinhouchi Shinbun (郵便報知新聞), menceritakan sebuah keluarga yang tinggal di Kimata, Tokyo melaporkan setiap malam ketika mereka tidur, ada sosok melayang dan mengisap napas dari mulut istrinya.

Pada pagi hari, napas istrinya akan berbau daging busuk, lalu ia jatuh sakit. Akhirnya istrinya dibawa ke rumah kerabatnya. Syukurlah Kuro Bouzu tidak mengikutinya. Saat ia kembali ke rumah, suaminya melaporkan tidak ada gangguan lagi. Ada legenda lain yang mirip dengan Kuro Bouzu di zaman Edo yang berasal dari Kumano, Prefektur Wakayama dalam kidan-shu Sankawa Kidan (三州奇談).

Berkisah seorang pemburu yang menemukan monster hitam besar keluar dari hutan. Ketika pemburu menembaknya dengan senapan, monster itu bertambah besar hingga tingginya beberapa meter. Pemburu itu menembak lagi, namun monster itu melarikan diri dengan kecepatan yang luar biasa seperti seolah terbang.

Fakta lain Kuro Bouzu juga digunakan sebagai nama pengganti untuk youkai lain seperti Umi Bouzu dan Taka Bouzu. Youkai ini juga ada di anime Gegege no Kitaro. 

Jadi gengs kalau kalian bangun dengan rasa gelisah, lalu napas kalian berbau busuk dan terengah-engah seperti habis lari marathon. Hati-hati gengs! Mungkin kalian pernah dikunjungi Kuro Bouzu. Tapi bisa juga napas bau karena ileran sih 😆.

SC : Yokai, Hyakumonogatari, YokaiWiki