Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #32: Gozu

Konbanwa gengs, balik lagi dengan admin Beth di rubrik toshi densetsu (都市伝説) yang kali ini akan bahas tentang Gozu (午頭) dalam bahasa Indonesia berarti Kepala Sapi. Kisah Kepala Sapi sudah ada sejak abad 17 dan dianggap terlalu berbahaya untuk diceritakan. Beberapa salinannya dibakar, namun ada juga yang selamat dipotong dan didistribusikan dengan sembunyi-sembunyi.

Gozu

Dipercaya masyarakat dulu tidak ada yang berani untuk menceritakan mengenai kisah ini, di samping membuat penceritanya terbayang-bayang, ada juga yang memang sepenuhnya tidak ingat setelah menceritakan kisah ini. Sebagian cerita yang masih sering terdengar adalah mengenai suatu gerombolan siswa sekolah yang melakukan perjalanan darmawisata. Saat para siswa merasa bosan di tengah perjalanan, seorang guru menceritakan kisah terlarang disebut "Kepala Sapi."

Namun sebelum dia bisa menyelesaikan kalimat pertama dari cerita itu, anak-anak mulai panik, dan berteriak, "Berhenti!". Seorang anak menjadi pucat dan menutup telinganya, dan yang lainnya mulai menjerit ketakutan. Namun guru itu menolak untuk berhenti. Semua mata para siswa tiba-tiba menjadi kosong dan guru melanjutkan ceritanya seolah-olah ada kekuatan tak terlihat yang menguasai pikirannya atau seperti kesurupan.

Hampir satu jam kemudian, guru itu kembali sadar dan menemukan bahwa bus itu menabrak parit. Semua siswa pingsan dengan mulut berbusa, dan mata menjadi kosong atau juling. Sopir bus berbaring merosot di atas kemudi, berkeringat dan menggigil. Bersyukurlah semuanya masih hidup, walau tidak dalam keadaan yang baik. Dan anehnya guru tak mampu mengingat kisah yang ia ceritakan, dan tak ada yang dapat menceritakan bagaimana kisahnya.

Adapun film Jepang berjudul sama tahun 2003, disutradarai oleh Takashi Miike. Meskipun mengumbar kekerasan dan adegan tak masuk akal, tidak ada kaitannya dengan legenda itu. Rumor merebak dan menyatakan bahwa jika ada yang mendengar kisah yang mengerikan itu, maka yang mendengar akan diteror sampai gemetar selama berhari-hari dan pada akhirnya akan meninggal.

Jadi gengs... Gimana menurut kalian tentang cerita Kepala Sapi ini?

Sc: scaryforkids, Wikipedia, japantalk