Penggunaan Kata de gozaimasu (でございます) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Penggunaan Kata de gozaimasu (でございます) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Penggunaan Kata de gozaimasu (でございます)

Mina-sama, guruupu e youkoso. Watakushi wa Riizhu de gozaimasu. Hehe, pakai keigo ceritanya. Pada materi kali ini kita akan sedikit mempelajari pola bahasa yang sopan, lebih sopan dari bentuk masu desu. Yang akan kita pelajari kali ini adalah penggunaan de gozaimasu (でございます). Seperti apa penggunaannya kuy kita pelajari bareng.

Penggunaan de gozaimasu (でございます)

Arti: -
Kanji: で御座います
Penjelasan: de gozaimasu adalah kopula yang tingkatannya lebih sopan dari desu. De gozaimasu juga termasuk teineigo (丁寧語)

Contoh Kalimat Menggunakan de gozaimasu (でございます)

私は教師でございます
Watashi wa kyoushi de gozaimasu
Saya adalah seorang guru
花がきれいでございます
Hana ga kirei de gozaimasu
Bunga itu cantik
本日のメニューはクロポンでございます
Honjitsu no menyuu wa kuropon de gozaimasu
Menu hari ini adalah klepon
こちらはBJBのリズでございます
Kochira wa BJB no Rizu de gozaimasu
Ini adalah Riizhu dari BJB
お怪我はございませんか
Okega wa gozaimasen ka
Apakah Anda terluka / apakah Anda baik-baik saja?
ご愁傷様でございます
Goshuushousama de gozaimasu
Saya turut berduka cita / berbela sungkawa
私はあくまで執事でございます
Watakushi wa akumade shitsuji de gozaimasu
Saya hanyalah seorang pelayan biasa (Saya adalah seorang iblis sekaligus pelayan)

Watakushi wa akumade shitsuji de gozaimasu

*Note: kalimat yang diucapkan Sebastian Michaelis dalam serial Kuroshitsuji / Black Butler dalam versi live actionnya ini mengandung ambiguitas, akumade bisa berarti "hanyalah/hanya sekedar" tapi bisa juga bermakna 悪魔で (akuma de) akuma berarti iblis dan partikel de untuk menandakan ada kata benda tambahan setelahnya.

Ijou desu. Cukup sekian untuk pembahasan materi penggunaan de gozaimasu ini, semoga materinya mudah dipahami. Keigo atau bahasa sopan di Jepang ada beberapa jenis, dan kita akan lebih sering membahasnya di level JLPT N3 ke atas. Jadi, jangan lupa mampir lagi nanti ya ke web bahasajepangbersama.com ini🐹 では、次回のレッスンでまた、お会いしましょう! De wa, jikai no ressun de oai shimashou. Sampai berjumpa lagi di pelajaran berikutnya.

Baca Juga

Komentar