Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Hajimete Otsukai: Acara yang Mendidik Anak-anak di Jepang Belajar Mandiri

Mina~san, Konnichiwa...

Waahhh... Sepertinya sudah lumayan lama ya kita gak ngeshare materi selain materi yang ada di grup kelas NiKu. Gomenasai...

Nah, siang ini, Raito akan mencoba membahas sebuah acara televisi di Jepang. Raito sendiri baru tahu sih, kalau ada acara demikian di Jepang, hikss... Baru semalam juga ngestalk youtube buat melihat bagaimana menariknya acara ini. Acara apa sih?

Hajimete Otsukai adalah acara anak-anak di mana seorang anak dididik untuk belajar berani keluar rumah seorang diri tanpa dampingan orang tua. Sesuai dengan artiannya dalam bahasa Indonesia, hajimete : pertama kali dan otsukai : dimintai bantuan. Jadi pertama kali sang anak dimintai bantuan oleh orang tua mereka.

hajimete no otsukai

Acara Hajimete Otsukai ini menceritakan tentang anak-anak usia 3-5 tahun diberi tugas oleh orang tua mereka untuk membeli barang di suatu toko ataupun mengantarkan barang kepada seseorang.

Keberhasilan dari pelaksanaan Otsukai ini bukan hanya kebanggaan bagi orang tua yang menganggap sang anak sudah besar tapi yang terpenting adalah tumbuhnya dalam jiwa sang anak rasa percaya diri dan keberanian serta bisa berbangga hati kalau dirinya bisa berjasa bagi orangtuanya.

Lantas seperti apa tugas yang mereka laksanakan?
Biasanya mereka akan diminta oleh ibu mereka untuk membelikan suatu barang di supermarket atau juga mengantarkan oleh-oleh untuk tetangga mereka. Hmm... Jarak yang mereka tempuh bisa sampai sekitar 1-3 km lho, Sobat. Waaa... Bayangin deh, adek-adek imut itu berjalan sendirian menuju tempat tujuan mereka.

hajimete no otsukai 2

Sebelum berangkat, biasanya mereka sudah dibekali dengan dompet kecil atau tas berisikan uang untuk membeli barang yang menggantung di leher mereka. Rute yang diminta pun adalah rute yang sudah biasa dilewati dan telah dihafal anak sebelumnya. Haha... Gak mungkin kan, kita melepas anak di tempat yang asing begitu saja. Kalau ada yang begitu, sungguh tega orang tuanya. :(

Karena ini acara televisi, jadi ada beberapa kru yang tersebar di sekitar anak menuju tempat tujuannya, tentu saja mereka menyamar sebagai orang biasa dan kehadiran mereka tidak disadari oleh anak. Berbagai macam ekspresi mereka tunjukkan selama mengemban misi itu. Ada yang lupa dimana tempatnya, ada yang ngambek di tengah jalan. Saat mamanya menyemangati dengan kata "Ganbatte ne!" ehh malah dijawab si anak "Ganbaranai!"  Ada yang keberatan membawa barang bahkan ada sebagian barang yang mereka bawa jatuh . Lucu sekaligus terharu banget pokoknya melihat aksi mereka.

hajimete no otsukai 3

Apalagi kalau mereka telah berhasil menyelesaikan misi mereka, begitu sampai di halaman sudah disambut oleh mama mereka sambil mengucapkan "Okaerinasai" dilanjutkan memeluk mereka sebagai penghargaan atas keberhasilan tugas pertama mereka. Aaa... Yatta... Ikut bangga deh kita. 

Memang intinya bukan kepada barang belanjaan yang dibeli sang anak, tapi keberanian anak untuk lepas dari orangtua dan rasa peduli anak yang tumbuh ketika orangtuanya sedang kesusahan saat itu.

Bagi orangtua berhasilnya Hajimete Otsukai ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi si anak, hendaklah pujian diberikan untuk lebih membangun rasa percaya diri dan yakin bahwa walau dirinya yang masih kecil pun bisa membantu mamanya yang sedang kesusahan.

Selain Hajimete Otsukai, ternyata ada juga 初めてのお散歩 Hajimete no osanpo. Sama halnya dengan Hajimete otsukai, bedanya mereka ditambah membawa binatang piaraan mereka, anjing biasanya. Waahh... Tantangannya makin berat yah.

Nah, kalau di masyarakat kita bagaimana Minna? Sepertinya banyak orangtua yang tidak tega untuk melepas anak-anaknya yah...

Ijou desu, semoga bermanfaat. Sampai bertemu di postingan selanjutnya...

Mata ne, Baibai... ~Raito