Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Arti Istilah Otaku dan Wibu (Weaboo) yang Sebenarnya dan Asal Muasalnya

"VVibu lu tavvuran bozz", "Wibu detected", (^・^) mungkin beberapa dari sobat BJB sering denger ada yang komentar "wibu" atau "vvibu" (versi alay dari kata wibu karena dibuat dari huruf dobel v). Padahal, kita gak tau apa sih arti wibu itu😄. Karena penasaran, jadi googling deh hehe, kalau kamu gooling dan nemu postingan ini, berarti kamu berapa di tempat yang tepat.

Hari ini Riizhu mau ngebahas tuntas apa arti kata wibu dan asal usulnya dari mana sih. Di Indonesia kata Wibu sering dianggap versi negatifnya dari kata Otaku.

Jadi, otaku dan weaaboo / Wibu adalah istilah untuk menyebut orang yang menyukai Jepang seperti anime, bahasa Jepang, budaya Jepang, lagu Jepang dan lain-lainnya. Lalu apakah otaku memiliki makna yang selalu positif? Tidak juga, otaku juga bisa negatif kalau dia terlalu berlebihan. Dan apakah wibu selalu berkonotasi negatif? Kebanyakannya sih memang ke arah negatif.

Perbedaan Otaku dan Wibu

Otaku adalah istilah yang digunakan orang Jepang untuk menyebut seseorang sangat terobsesi dengan sesuatu tertentu, seperti anime, manga dll (tak mesti yang berbau Jepang). Jadi, istilahnya semacam kayak "freak", "maniak" gitu aja sih. Kalau sangat hobi main game Mobile Legend dan MOBA lainnya, nah dia juga bisa dikatakan otaku kalau di Jepang lho.

Sedangkan kata wibu / weaaboo / weeaboo adalah istilah yang muncul dari kalangan warga Amerika berkulit putih untuk menyebut seseorang yang terlalu maniak dengan hal berbau Jepang. Seperti pada penampakan foto di bawah ini.

Arti istilah wibu

Menurut situs weblio, arti dari Weeaboo adalah 日本びいき : nihon biiki : menyukai hal berbau Jepang; 日本かぶれ : nihonkabure : penggila Jepang; 日本オタク : nihon otaku : penggemar Jepang.

Istilah lain yang mirip dengan kata weaaboo adalah wapanese, singkatan dari "want to be Japanese" atau "Japanese Wannabe". Dan seorang wapanese biasanya penampilannya lebay banget, bahkan seolah dia hidup di Jepang sebagai orang Jepang. Dan di Indonesia istilah weeaboo diserap menjadi wibu bahkan banyak yang ngeplesetin jadi vvibu. Vvibu lu tavvuran bozz😄.

Otaku vs Wibu

Oke, itulah makna istilah wibu yang kini sudah menjamur di sosial media. Biasanya digunakan untuk mengejek seseorang yang begitu fanatic dengan hal berbau Jepang.



Kesimpulan Tentang Perbedaan Wibu dan Otaku

Jadi, garis besarnya wibu (weeaboo) adalah istilah yang digunakan oleh warga negara amerika khususnya yang berkulit putih untuk menyebut seseorang penggila Jepang (budaya, animanga, bahasa, Jpop, Idol grup dll). Sedangkan otaku adalah istilah yang digunakan oleh orang-orang di Jepang untuk menyebut seseorang sangat terobsesi dengan sesuatu dan gak mesti yang berbau Jepang. Untuk di negara Indonesia istilah otaku sendiri merujuk khusus kepada orang-orang yang menyukai anime dan hal-hal berbau Jepang saja.